Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

By | August 1, 2016

tips-hidup-sehat

Tahukah Anda pentingnya daya tahan tubuh? Sistem daya tahan tubuh memiliki tugas untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Namun, jika sistem daya tahan tubuh kita buruk, pertahanan kita akan jebol diserang oleh mikroorganisme. Akibatnya, badan akan sakit.

Agar sistem daya tahan tubuh berjalan dengan baik, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat meningkatnya fungsi kerjanya dalam melawan mikroba penyebab beberapa macam penyakit. Untuk melakukannya, Anda perlu melakukan keseimbangan dalam berbagai faktor yaitu terkait dengan pola makan, olahraga, istirahat, faktor psikologis, sampai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini ada beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh secara alami sehingga Anda bisa mencoba melakukannya:

Tidur yang cukup

Bagaimanapun juga, tubuh memerlukan tidur dalam waktu yang cukup untuk memperoleh kekuatan kembali. Jika kekurangan waktu tidur, tubuh akan terasa lemas sehingga daya tahan tubuh juga akan terganggu. Manfaatkan waktu tidur malam dengan sebaik-baiknya agar tubuh memiliki waktu untuk melakukan regenerasi sel serta penyegaran agar esok hari tubuh bisa terasa segar bugar.

Hindari stress

Stress berakibat buruk bagi kesehatan. Hal ini karena stress bisa membuat jumlah produksi hormone kortisol meningkat, sehingga bisa menyebabkan sistem kekebalan menurun secara pelahan dalam kurun waktu yang panjang.

Konsumsi banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat baik untuk sistem pertahanan tubuh. Usahakan setiap hari mengkonsumsi buah dan sayuran agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik. Gantilah jenis buah dan sayuran setiap harinya agar mendapatkan kandungan nutrisi yang bermacam-macam. Jenis nutrisi yang menunjang sistem kekebalan tubuh yaitu vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc dan selenium.

Mendapatkan Sinar matahari yang cukup

Sinar matahari di pagi hari sebagai sumber vitamin D yang sangat bagus bagi tubuh. Pada pagi hari, berjemurlah di bawah sinar matahari langsung karena Anda akan mendapatkan vitamin D. Orang yang kekurangan vitamin D bisa terkena infeksi pernafasan. Jadi, tak hanya baik untuk tulang, vitamin D juga bermanfaat mencegah penyakit influenza pada anak.

Olahraga

Olahraga yang rutin akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Usahakan melakukan olahraga secara rutin setiap hari agar metabolism tubuh lancar. Dengan begitu, sistem pertahanan tubuh juga meningkat sehingga resiko terkena serangan penyakit bisa menurun.

Konsumsi bawang putih

Bawang putih sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat antibody yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Bahkan, mengkonsumsinya secara mentah lebih bagus karena kandungan senyawanya lebih banyak dibandingkan bawang putih yang digunakan untuk bumbu suatu masakan. Bawang putih yang paling baik yaitu bawang putih tua karena kandungan oksidannya lebih banyak, serta baunya tidak terlalu menusuk hidung.

Itulah cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Cukup mudah dilakukan buka? Saatnya Anda menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah sakit. Ingat, pencegahan akan lebih baik dibandingkan pengobatan.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *