Tips Mengobati Asma

By | August 2, 2016

asma

Jangan anggap enteng penyakit asma karena penyakit ini bisa menyebabkan paru-paru basah dan perubahan pembentukan rongga dada. Jika Anda memiliki penyakit asma, sebaiknya segera lakukan tindakan penyembuhan agar tidak menimbulkan beberapa jenis penyakit yang lebih parah.

Ketika melakukan pemeriksaan kepada dokter, Anda akan diberikan penjelasan bagaimana cara mengatasi asma dalam keadaan darurat. Hal tersebut agar gejala asma berkurang, obat yang dikonsumsi berkurang jumlahnya, dan mencegah Anda masuk rumah sakit.

Ada dua jenis pengobatan yang akan diberikan oleh dokter kepada Anda, yaitu obat pencegah dan obat pereda. Obat pencegah sangat berguna untuk mencegah asma kembali kumat karena akan mengurangi peradangan. Lalu, obat pereda yaitu obat yang akan membantu merelaksasi saluran napas sehingga bernapas akan lebih mudah.

Jika Anda ingin mengobati asma secara alami, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan agar tidak mendapatkan efek samping yang berbahaya. Berikut ini daftar bahan alami yang bisa digunakan:

Jus Kemangi

Jus kemangi bisa mengobati asma. Buatlah jus kemangi yang dicampur dengan madu. Gejala asma akan berkurang jika Anda mengkonsumsi jus kemangi ini secara rutin karena bisa mengembalikan pernafasan seseorang kembali normal.

Jahe

Selain jus kemangi, Anda bisa mengobati penyakit asma dengan menggunakan jahe. Jahe ini memiliki kandungan serat dan zat antioksidan sehingga bisa meredakan penyakit maag. Cara mengkonsumsi jahe bervariasi. Anda bisa membuat minuman jahe, atau mencampurkan jahe sebagai bumbu memasak makanan tertentu. Cukup praktis bukan?

Apel

Apel memiliki zat quersetin yang mampu melindungi tubuh terkena penyakit maag. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi buah apel empat buah dalam seminggu akan memiliki resiko kecil melahirkan anak dengan potensi terkena penyakit asma.

Nah, itulah jenis bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk meredaka penyakit asma. Selain menggunakan bahan alami sebagai obat asma, Anda juga harus melakukan beberapa tindakan sebagai berikut ini:

  • Jangan Panik

Apabila penyakit asma sedang kambung, jangan panik. Coba bersikap tenang karena jika Anda panik akan membuat penyakit semakin parah. Cobalah hirup oksigen dari hidung lalu hembuskan melalui mulut agar situasi membaik. Setelah keadaan membaik, segera hubungi dokter agar Anda mendapat penanganan yang lebih baik.

  • Menjauhi allergen

Agar asma tidak kumat, jauhi semua area yang bisa menyebabkan asma menjadi kambuh. Carilah area yang lebih bersahabat seperti daerah yang hangat atau lembab. Dengan demikian, resiko maag kambuh akan semakin kecil.

  • Kelola stress

Penyebab asma yang lainnya yaitu stress. Stress bisa membuat penyakit asma semakin parah. Cobalah mengelola penyakit asma dengan baik misalnya dengan cara meditasi, dipijat, atau melakukan olahraga yoga secara rutin.

Semoga informasi mengenai tips mengobati asma bisa bermanfaat untuk Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *