Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami

By | August 28, 2016

kesehatan-rambut

 

Tampil dengan rambut hitam berkilau akan menambah rasa percaya diri seseorang. Apabila kita tampil dengan rambut kusam dan kemerahan maka orang akan dapat langsung menilai bahwa rambut Anda rusak dan tidak sehat, namun jika rambut Anda sudah mulai beruban padahal usia Anda belum memasuki kepala 4 atau kepala 5, maka banyak orang akan menghakimi Anda bahwa rambut Anda kurang nutrisi. Perawatan rambut yang baik dan alami akan membantu Anda untuk memiliki rambut yang hitam dan sehat. Berikut ini penyebab kerusakan rambut dan munculnya uban.

  • Faktor Genetik. Faktor keturunan memang akan menurunkan warna rambut seseorang. Warna rambut kemerahan atau coklat pada seseorang karena faktor genetik memang wajar adanya. Hal ini sama dengan uban. Banyak orang yang memiliki banyak uban walaupun usianya masih muda, karena memang mewarisinya secara genetis.
  • Sering terkena sinar matahari. Sinar UV yang ada pada sinar matahari dapat menyebabkan warna rambut berubah menjadi merah karena pigmen rambut terurai.
  • Tidak Cocok dengan Shampoo. Rambut menjadi rusak apabila kita tidak cocok dengan shampoo tapi memaksakan untuk menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Penggunaan cat rambut. Penggunaan pewarna rambut dengan bahan yang keras justru akan merusak rambut kita. Bukan hanya warna yang kusam, namun kebotakan akibat penggunaan pewarna rambut pun bukannya mustahil terjadi.
  • Penggunaan gel rambut. Mengenakan gel rambut dengan bahan yang keras justru akan merusak rambut kita dan menyebabkan warna rambut kita kusam dan memerah.

Lalu bagaimana cara menghitamkan rambut secara mudah dan alami? Berikut ini tipsnya yang Anda mungkin belum ketahui dan Anda dapat ikuti.

  1. Air Teh Basi

Dalam air teh basi, terdapat senyawa zinc, vitamin, mineral, kalsium yang mampu mengembalikan pigmentasi rambut. Kandungan essens pada air teh basi pun mambu menghambat munculnya uban. Kenakan air teh basi ini pada rambut Anda dan biarkan semalaman untuk hasil yang maksimal.

  1. Buah Alpukat

Gunakan masker alpukat dan tutup dengan shower cap selama 30 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih. Kandungan nutrisi yang ada dalam alpukat mampu menjaga kelembaban kulit kepala dan membuat rambut menjadi hitam alami.

  1. Biji Pepaya

Biji pepaya merupakan obat penghitam ramut alami yang dapat dengan mudah kita dapatkan. Biji pepaya berkhasiat juga untuk mencegah munculnya uban rambut dan melembabkan kulit kepala kita. Caranya dengan menyangrai biji pepaya, kemudian tumbuk sampai halus dan campur dengan minyak kelapa hingga bentuknya menyerupai shampoo. Aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Pijat-pijat agar meresap, kemudian bilas atau keramas sampai bersih.

  1. Kelapa Hijau

Buat santan dari kelapa dan aplikasikan ke rambut dan kulit kepala Anda selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan selama 7 hari berturut-turut untuk hasil yang maksimal.

Itulah tips menghitamkan rambut secara alami. Selain mudah untuk diaplikasikan, bahan – bahan ini mungkin tidak pernah kita ketahui sebelumnya akan manfaatnya untuk menghitamkan rambut.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *