Tips Menghilangkan Jerawat secara Alami

By | August 27, 2016

mengatasi-jerawat

 

Memiliki jerawat di wajah bagi wanita adalah suatu hal yang sangat mengganggu. Masalah kulit ini membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Jerawat atau acne vulgaris adalah benjolan yang timbul karena penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah. Munculnya jerawat dipicu oleh banyak faktor diantaranya adalah infeksi bakteri P. Acne, kulit berminyak, ketidak seimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dll.

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat saat ini memang banyak caranya. Banyak produsen kosmetik dan farmasi yang memproduksi obat jerawat, bahkan banyak perawatan-perawatan di klinik dan salon kecantikan yang menawarkan perawatan untuk membasmi jerawat. Namun demikian ada cara alami untuk menghilangkan jerawat yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Hanya dibutuhkan ketekunan Anda untuk melakukannya, tidak perlu keluar uang banyak. Berikut ini tipsnya.

Masker Alpukat dan Madu

Alpukat dan madu adalah salah satu kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat di wajah. Dari jaman dahulu madu sudah dikenal memiliki khasiat untuk perawatan kulit. Madu memiliki kandungan hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Sementara alpukat kaya akan vitamin E yang bisa menembus pori-pori kulit dan mengurangi peradangan. Cara membuatnya cukup mudah cukup dengan menghaluskan ½ buah alpukat yang dihaluskan dicampur dengan 1 sendok madu dan bisa juga ditambahkan air perasan lemon apabila Anda mau. Gunakan masker ini pada wajah yang berjerawat selama15 – 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini setidaknya 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baking Soda

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa kaitan baking soda dengan kecantikan wajah. Baking soda ternyata dapat menetralkan keasaman kulit, sehingga bakteri penyebab jerawat tidak dapat hidup lama pada wajah. Tidak hanya membunuh bakteri, namun baking soda juga dapat mengikis sel-sel kulit mati pada wajah dan membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyerap minyak yang berlebih. Caranya mudah, buat baking soda menjadi pasta dengan mencampur 2 sendok baking soda dengan 1 sendok makan air. Oleskan pasta baking soda tadi ke kulit yang berjerawat. Namun Anda harus berhati-hati, tidak semua jenis kulit dapat tahan dengan baking soda. Sebaiknya hentikan penggunaan resep ini apabila terjadi iritasi atau alergi.

Ketimun

Ketimun, seperti artikel terdahulu yang telah mengupas manfaat buah ini, mengandung banyak antioksidan, mineral, asam amino, dan vitamin C yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat dan melembabkan kulit. Pengaplikasiannya pun amat mudah. Iris-iris tipis ketimun lalu tempelkan di wajah Anda selama 15 menit. Anda juga dapat membuat jus ketimun yang dicampur dengan perasan lemon untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Itulah deretan tips untuk menghilangkan jerawat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita dan mudah dibuat serta diaplikasikan, Anda sudah bisa mengatasi permasalahan jerawat yang sedang Anda alami.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *