Tips Menghadapi Hubungan Jarak Jauh (LDR)

By | August 13, 2016

Hubungan-jarak-jauh

 

Hubungan jarak jauh sering disebut sebagai LDR (Long Distance Relationship). Nah, kata orang hubungan semacam ini sangat rawan terhadap perselingkuhan. Hal ini karena pasangan tidak bisa bertemu dengan sesuka hati karena terpisah oleh jarak. Bahkan malam minggu berduaan hanya bisa dilakukan dengan ngobrol lewat hp. Intensitas pertemuan yang rendah membuat ada banyak celah untuk tergoda dengan yang lain.

Jika kamu sedang menjalani hubungan LDR, pasti tak dipungkiri bahwa perasaan takut si dia selingkuh sering dialami. Kamu perlu keteguhan yang kuat untuk menghadapi hubungan jarak jauh ini agar bisa mempertahankannya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menguatkan hubungan jarak jauh :

Percayalah

Walaupun banyak komentar miring dari orang lain mengenai dia yang ada jauh di sana, jangan langsung percaya begitu saja. Pastinya, kamu lebih mengenal siapa pasanganmu daripada mereka yang hanya bisa berkomentar. Kamu juga tak perlu terlalu mengekangnya untuk bepergian dan melakukan hal yang dia suka. Sikap posesif yang berlebihan justru malah membuatnya ilfeel denganmu. Berilah kebebasan yang wajar untuknya. Dengan cara ini si dia akan lebih bisa bersikap terbuka mengenai kegiatan apa saja yang dia lakukan.

Buat dia merasa nyaman denganmu

Walaupun jarang bisa bertemu, ciptakan suasana nyaman untuknya. Misalnya, kamu bisa mempertahankan komunikasi dengannya. Sesibuk apapun kamu, tetap luangkan waktu untuk menyapanya. Namun, bukan berarti dalam kuantitas yang berlebihan ya. Jika kamu tiap jam mengirim sms atau meneleponnya, ini akan membuatnya tidak nyaman.

Janganlah memiliki kebiasaan dengan memborbardir dengan pertanyaan mengenai apa saja yang dia lakukan seharian ini, pergi dengan siapa, dan sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan membuatnya kesal.

Manfaatkan waktu telpon dengannya sebaik mungkin. Misalnya, ketika dia memiliki masalah dengan pekerjaannya, jadilah pendengar yang baik. Dengan begitu, dia merasa baikan karena ada kamu yang setia mendengarkan keluh kesahnya dengan memberikan semangat.

Menyibukkan diri dan berpikir positif

Memang , berada jauh dengan orang yang disayang akan selalu merasa kangen. Jika kamu terus-terusan menghubunginya karena alasan kangen, bisa-bisa hal ini membuatnya terganggu. Ingat, di sana dia juga memiliki kesibukan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk melakukan kesibukan untuk diri sendiri. Jika kamu tak memiliki kerjaan, cobalah menekuni hobimu. Kamu bisa ikut beberapa kegiatan organisasi sehingga akan banyak waktu yang digunakan untuk berkumpul dengan teman-teman. Selain itu, selalulah berpikir positif untuk menghadapi hubungan jarak jauh. Cara ini akan membuat hati merasa nyaman dan tentram.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi hubungan jarak jauh. Satu lagi yang sangat penting untuk dilakukan yaitu berserah diri pada Tuhan yang Maha Esa. Percayalah bahwa maut, rejeki dan jodoh sudah ditakdirkan olehNya. Jika dia memang untukmu, pastilah dia akan menjadi milikmu yang sah.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *