Tips Mengatur Dompet Berantakan serta Mencegah Boros

By | August 14, 2016

dompet

 

Duh, pengeluaran uang kamu boros? Padahal, sudah diniatkan untuk berhemat tetap saja tidak bisa menahan untuk membelanjakan uang yang kamu punya. Jangan campur aduk antara keinginan dan kebutuhan. Utamakan kebutuhan.  Ketika ingin membeli sesuatu, coba deh dipikir lagi. Kamu butuh barang itu, atau sekedar ingin memilikinya. Jika jawabannya hanya karena keinginan, sebaiknya tahan untuk membelinya. Awalnya memang terasa sulit membeli barang-barang yang hanya dibutuhkan saja. Namun lama kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan sehingga terasa mudah dilakukan.

Tahukah kamu  kalau kondisi dompet yang berantakan juga sebagai salah satu faktor pemicu sifat boros? Biasanya, dompet berantakan akan mempengaruhi pikiran orang untuk mengeluarkan uang.

Supaya pengeluaran uang tidak terlalu boros, berikut ini ada beberapa cara yang perlu kamu coba.

Simpan Uang Kertas Secara Teratur

Cobalah untuk menyimpan uang kertas secara teratur. Letakkan uang secara rapi di dompet. Misalnya, urutkan uang pecahan kecil sampai yang besar. Kamu akan tahu berapa banyak uang yang kamu habiskan dalam sehari dengan cara ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih pandai menahan diri untuk tidak mengeluarkan uang ketika kamu sudah belanja banyak.

Pisahkan Uang Receh dan Uang Kertas

Biasanya setelah membeli sesuatu kam akan menerima kembalian berupa uang kertas dan uang receh. Terlalu banyak menyimpan uang receh di dompet akan membuat dompet menjadi gendut. Sebaiknya, pisahkan uang kertas dan uang receh. Taruh uang kertas di dompet, dan taruh uang receh di tempat lain. Bisa juga kamu menyimpan uang receh di celengan. Saat akhir tahun, kamu akan kaget karena uang receh yang kamu kumpulin sudah banyak jumlahnya.

Dompet Bukan Album Foto

Memang sih, di dompet disediakan tempat buat majang foto. Biasanya, orang menyimpan foto pacar, atau keluarga yang disayanginya. Di jaman sekarang ini, sudah tidak jamannya lagi menyimpan foto di dompet. Kamu bisa menyimpan fotonya di smartphone yang kamu miliki. Dengan begitu, dompet tidak akan penuh sesak karena digunakan untuk menyimpan foto-foto.

Sisihkan Kartu yang Nggak Penting

Biasanya orang memiliki kartu banyak, entah itu kartu ATM, kartu diskon dari toko tertentu, kartu member, KTP dan sebagainya. Jika kamu menyimpan semua itu di dompet, coba bayangkan jika suatu hari dompetmu hilang. Kamu pasti bakalan pusing karena banyak dokumen penting yang hilang.

Mending simpanlah beberapa kartu yang memang penting dan sering digunakan. Jangan taruh semua kartu di dompet karena akan membuat dompet penuh sesak dan berantakan.

Bagaimana? Sudah siap mengatur dompet sehingga rapi? Mengatur dompet supaya rapi bisa berpengaruh terhadap gaya pengeluaranmu. Semoga informasi mengenai cara merapikan dompet agar bisa berhemat dapat bermanfaat ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *