Tips Mengatasi Asam Lambung (Maag) dengan Bahan Alami

By | August 2, 2016

sakit-maag

 

Asam lambung lebih dikenal dengan penyakit maag. Satu jenis penyakit ini sangat mengganggu kegiatan Anda bila sedang kumat. Penyakit maag merupakan penyakit yang mana produksi asam lambung berlebih sehingga mengakibatkan merasakan sakit pada perut. Biasanya, orang cenderung lebih memilih mengobati sakit maag dengan cara meminum obat-obatan yang berasal dari pabrik. Obat-obat itu justru sering membuat kita kecanduan.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda gunakan obat secara alami untuk mengobati sakit maag:

Gunakan Jahe

Anda bisa memanfaatkan jahe untuk mengobati penyakit asam lambung atau maag. Gunakan 2 sampai 4 gram jahe agar lambung netral. Namun ingat, jangan gunakan jahe dalam dosis yang berlebihan karena bisa menyebabkan maag semakin buruk.

Permen Karet

Biasanya permen karet diminati oleh anak-anak. ternyata, permen karet bisa digunakan untuk mengobati sakit maag. Hal ini karena ketika kita mengunyah permen karet, produksi air liur berlebih sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebihan. Wah, ternyata permen karet sangat bermanfaat ya.

Lidah Buaya

Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya untuk menyembuhkan sakit maag. Ada kandungan zat pada lidah buaya yang mampu meredam inflamasi. Selain itu, mengkonsumsi jus lidah buaya bisa juga melancarkan buang air besar.

Pisang

Banyak orang memilih pisang untuk meredakan sakit maag. Pada pisang terdapat zat antasida yang mampu meredam produksi zat HCl berlebihan. Dengan demikian, penyakit maag akan membaik. Namun, ada juga beberapa orang justru mengalami hal buruk setelah mengkonsumsi buah pisang. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya hentikan konsumsi buah pisang untuk mengobati maag. Gunakan alternatif yang lain saja.

Baking soda

Baking soda merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat roti. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko penjual bahan pembuat roti. Zat basa mampu menetralisir asam. Anda bisa menetralisir zat asam pada lambung dengan menggunakan baking soda ini. Cukup campurkan 1 sendok teh baking soda pada segelas air kemudian minumlah. Penyakit maag akan  berangsur membaik.

Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai obat maag. Siapkan kunyit, cincang lalu rebus dengan menggunakan satu setengah gelas air selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, saring airnya dan minum setelah dingin. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan gula aren atau madu sehingga rasanya akan lebih manis.

Demikianlah tips mengatasi maag secara alami. Anda bisa memilih salah satu bahan yang telah disebutkan di atas untuk digunakan sebagai obat maag alami. Semoga dengan menggunakan salah satunya, penyakit maag bisa segera sembuh. Pemilihan bahan alami untuk mengobati maag lebih bagus dibandingkan dengan obat-obatan kimia dari pabrik karena lebih aman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Tips Mengatasi Asam Lambung (Maag) dengan Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *