Tips Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

By | August 28, 2016

kesehatan-rambut

 

Rambut adalah mahkota wanita, ungkapan ini memang benar adanya. Bagi wanita rambut merupakan bagian penting dalam penampilan. Kerontokan rambut menjadi suatu momok menakutkan bagi wanita, selain pertanda adanya kerusakan rambut, kerontokan rambut akan mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang.

Secara umum sebenarnya rambut manusia akan mengalami kerontokan setiap harinya, namun dalam jumlah yang kecil. Kerontokan dalam jumlah yang banyak memang pertanda adanya suatu masalah, dan apabila didiamkan akan menjadi kebotakan. Namun ada berbagai cara alami untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut. Sebelum masuk ke tipsnya ada baiknya kita kenali dahulu penyebab terjadinya kerontokan rambut.

Makanan

Memiliki kebiasaan makan makanan pedas berlebihan akan membuat kepala berkeringat. Kondisi kepala yang basah dan lepek akan membuat rambut mudah terlepas dari kulit kepala.

Stress

Stress dapat memicu kerontokan rambut. Saat kita stress kerontokan rambut akan lebih banyak dibanding saat kita tidak stress

Pengaruh Pengobatan

Ada banyak proses pengobatan yang menyebabkan kerontokan rambut hebat. Contoh pengobatan yang menyebabkan kerontokan rambut adalah kemoterapi bagi penderita kanker. Karena dalam kemoterapi semua sel-sel kanker akan ditekan pertumbuhannya termasuk sel-sel rambut.

Kini kita akan masuk dalam tips mencegah kerontokan rambut secara alami

Berolah Raga

Seperti kita ketahui bahwa olah raga mampu menekan stress, yang dapat memicu kerontokan rambut. Berolah raga secara teratur akan mempercepat regenerasi sel-sel pada tubuh termasuk rambut.

Keramas Teratur

Keramas secara teratur dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala rambut. Namun penggunaan shampoo yang salah justru membuat rambut menjadi kering, rusak dan rontok.

Jangan Menyisir Rambut Saat Rambut Basah

Menyisir rambut yang basah atau sesudah keramas, menyebabkan kerontokan yang parah. Apalagi bila Anda menggunakan sisir model sikat. Keringkan dahulu rambut dengan cara diangin-anginkan baru kemudian anda sisir perlahan dengan sisir yang bergerigi jarang-jarang.

Gunakan Hair Tonic

Menggunakan hair tonic setelah keramas akan memperkuat akar rambut kita. Pilih jenis Hair tonic untuk mengatasi rambut rusak/rontok. Usahakan memilih hair tonic dengan bahan alami.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut. Mengenakan lidah buaya sebagai masker rambut baik untuk menguatkan akar-akar rambut dan membatu menumbuhkan rambut.

Minyak Kemiri

Menggunakan minyak kemiri selain untuk menghitamkan rambut, juga dapat digunakan untuk menguatkan akar-akar rambut dan mecegah terjadinya kerontokan. Anda dapat membuat sendiri minyak kemiri ini, dengan membakar buah kemiri dan menghaluskannya. Selain mudah didapat, harga kemiri pun sangat terjangkau.

Hindari Penggunaan Pengering Rambut

Untuk mencegah terjadinya kerusakan dan kerontokan rambut, Anda sebaiknya menghindari pemakaian pengering rambut terlalu sering. Penggunaan hair dryer akan menyebabkan kerusakan pada rambut karena panas yang dihasilkan oleh alat ini.

Itulah tips mencegah kerontokan rambut alami secara alami. Miliki rambut yang sehat, tebal, indah berkilau dengan perawatan rambut secara rutin dan didukung dengan menjaga pola makan sehat dan seimbang agar asupan nutrisi untuk rambut terpenuhi.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *