Tips Mencegah dan Cara Mengatasi Stress

By | August 2, 2016

cara-mengatasi-stres

Saat ini stress adalah suatu tema yang menarik untuk dibicarakan. Seringkali seseorang berkata sedang stress, entah akibat beban pekerjaan ataupun masalah hidupnya. Banyak pula yang mengambil jalan pintas ketika stress menghadapi masalah dengan cara-cara yang nekat dan terkadang melawan hukum, seperti memakai narkoba, mencuri, dsb. Lalu bagaimanakah seharusnya mengatasi stress itu? Berikut ini tipsnya.

Rencanakan Aktifitas Anda

Selalu merencanakan aktifitas Anda setiap harinya dengan baik. Buat suatu perencanaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pastikan juga Anda mengerti tugas yang diberikan kepada Anda, sehingga Anda tidak pusing sendiri ketika mengerjakannya.

Cari Pemecahan Masalah

Ketika sedang menghadapi masalah baik di rumah maupun di kantor, usahan selalu mencari pemecahan dari permasalahan Anda dengan bijak. Jangan gunakan emosi, tetapi gunakan logika Anda dalam mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan. Selalu buat catatan-catatan kecil sehingga tidak ada yang terlewat dalam Anda mengerjakan tugas Anda.

Membangun Iklim Kerja/Rumah Yang Menyenangkan

Stress kadang muncul akibat suasana kantor/rumah yang kurang menyenangkan. Dengan merubah gaya komunikasi yang lebih terbuka dan akrab dengan teman kantor ataupun dengan anggota keluarga Anda, maka sedikit banyak ‘es’ dalam komunikasi tersebut mencair dan membuat hati Anda senang. Anda juga harus bertoleransi kepada rekan kerja dan anggota keluarga di rumah, sehingga suasana di kantor dan di rumah menjadi nyaman dan menyenangkan.

Bermeditasi

Duduklah bersila atau di kursi dengan tulang punggung tegak dan mata terpejam. Kemudian posisikan kedua tangan di samping bahu dan kepalkan. Ambil napas sambil kedua tangan didorongkan ke atas dengan tekanan seolah menyangga langit. Tarik kuat ke bawah sampai ke posisi semula dibarengi dengan membuang napas. Ulangi gerakan tersebut sampai 20 kali.

Aroma Terapi

Aroma terapi seringkali digunakan di spa atau salon-salon kecantikan. Memang kegunaan dari aroma terapi ini dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang. Selain itu aroma terapi juga dapat mengatasi gangguan tidur dan sakit kepala yang muncul akibat depresi.

Mendengarkan Musik

Pilih lagu kesukaan Anda dan dengarkanlah sambil tiduran. Lupakan semua masalah Anda dan fokus kepada musiknya. Musik dapat membantu otak kita agar lebih rileks. Selain mendengarkan musik, bermain alat musik juga dapat membantu mengatasi stress.

Berolah Raga

Stress dapat dialihkan dengan berolah raga. Ketika kita mengahadapi masalah dan tekanan hidup, kita dapat mengelolanya dan melampiaskannya dengan berolah raga. Pilih olah raga yang Anda sukai dan cari teman yang bisa diajak berolah raga bersama. Ketika Anda melakukannya dengan senang, pikiran Anda pun dapat teralihkan dan beban pikiran dapat mereda.

Berpikiran Positif

Selalu berpikiran positif dalam menghadapi permasalahan, yaitu dengan yakin ditanamkan dalam pikiran Anda bahwa setipa permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Selain langkah-langkah di atas, alangkah baiknya jika Anda tidak memendam masalah Anda, tetapi menceritakan kepada orang yang Anda percaya. Siapa tau masukan dari orang yang Anda percayai justru dapat berguna untuk menyelesaikan permasalahan Anda.

Demikian tips cara mencegah dan mengatasi stres, semoga dapat bermanfaat bagi Anda..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *