Tips Lulus Seleksi Pekerjaan Bagi yang Non Pengalaman

By | August 13, 2016

tips-bekerja

Kebanyakan perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja. Lantas, bagaimana nasib kita sebagai fresh graduate? Tentu mencari pekerjaan akan semakin susah karena belum adanya pengalaman kerja.

Eits, jangan sedih dulu. Meskipun kamu belum pernah bekerja, kamu bisa bersaing dengan mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Bagaimana caranya?

Ciptakan lapangan kerja dengan cara sendiri

Siapa bilang pengalaman kerja tidak bisa diciptakan sendiri. Kamu bisa mendapatkan pengalaman dengan cara kamu sendiri. Misalnya, ketika kamu ingin bekerja sebagai content writer di sebuah perusahaan terkemuka, kamu bisa mencoba membuat blog pribadi dengan beberapa tulisan karya kamu sendiri. Blog tempat kamu menulis semua karyamu bisa dijadikan pertimbangan untuk menerimamu sebagai karyawan.

Cantumkan keahlian yang kamu bisa

Saat belum memiliki pengalaman kerja, jangan lupa cantumkan keahlian yang kamu bisa. Ini akan menjadi pertimbangan untuk merekrutmu menjadi tim mereka. Oleh karena itu, lengkapi CV-mu dengan informasi mengenai keahlian yang kamu punya. Misalnya, jika kamu berpengalaman membuat design grafis hanya untuk organisasi kampus, silahkan tulis keahlian jago design. Tulis secara spesifik mengenai software apa yang kamu gunakan. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi kamu.

Tunjukkan yang terbaik saat interview

Kamu perlu tahu bahwa perusahaan tidak hanya merekrut orang yang hebat, namun perusahaan juga membutuhkan orang yang mau dibentuk dan belajar lebih baik lagi. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sesi interview dengan sebaik-baiknya. Kepribadianmu juga akan menjadi bahan pertimbangan sebuah perusahaan. Kamu harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun juga harus rendah hati.

Jangan ragu memulai dari bawah

Ketika mencari pekerjaan dengan belum memiliki pengalaman kerja, singkirkan sikap terlalu pemilih. Kamu harus mau memulai dari bawah. Tidak mungkin kesuksesan didapatkan secara instan. Kamu perlu memperjuangkannya. Kamu harus terus belajar untuk meraih apa yang kamu inginkan.

Memulai karir sebagai MT (Management trainee)

Bekerja sebagai MT (Management trainee) bisa kamu pilih sebagai langkah bijak. Biasanya beberapa perusahaan akan membuka kesempatan menjadi MT untuk para lulusan baru yang belum mempunyai pengalaman kerja. Di sini, kamu akan bertemu dengan mereka yang statusnya sama yaitu belum memiliki pengalaman kerja. Kamu akan belajar dari awal bersama mereka. Memang, berada di posisi ini sangat berat karena kamu akan ditempatkan di semua posisi. Namun, hal ini tentunya sangat menguntungkan karena jenjang karir yang bagus ada di depan mata jika kamu kuat menjalaninya dengan semaksimal mungkin.

Demikianlah tips membuat lulus seleksi pekerjaan meskipun belum ada pengalaman. Jangan pernah putus asa ketika mencari pekerjaan yang bagus. Ini merupakan awal masa depan kamu. Nikmatilah proses menuju kesuksesan meskipun kamu harus memulainya dari bawah.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *