Tips Komunikasi Efektif Dengan Anak Anda

By | August 1, 2016

komunikasi-anak

 

Setiap keluarga pasti mendambakan mempunyai keluarga yang bahagia. Namun tuntutan pekerjaan dari orang tua yang menyita waktu kerap menjadi pemicu kurangnya komunikasi antara keluarga. Padahal seperti yang kita tahu, komunikasi adalah salah satu hal yang melatar belakangi erat atau tidaknya hubungan sebuah keluarga. Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang bahagia umumnya akan terbentuk menjadi makhluk sosial yang bertanggung jawab dan lebih percaya diri.

Walaupun dilahirkan dari orang tua yang sama, namun karakter anak Anda pasti berbeda – beda. Untuk itu Anda harus memperhatikan cara berkomunikasi yang efektif dengan anak Anda.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan anak – anak Anda.

Dengarkan Pendapat Anak

Jadilah pendengar yang baik untuk anak Anda. Lakukan komunikasi dua arah dimana sebagai orang tua harus mendengarkan pendapat anak sebelum memutuskan segala sesuatunya. Banyak orang tua yang masih memaksakan kehendaknya kepada anaknya. Orang tua seperti ini cenderung tidak memberikan ruang komunikasi antara anak dengan orang tuanya.

Bicara Dengan Anak Anda

Orang tua dewasa ini kurang memberikan waktu untuk berbicara dengan anaknya. Berhenti bermain dengan jejaring sosial Anda dan mulailah berbicara dengan anak Anda tentang film kartun, permainan, buku favorit mereka, ataupun keluh kesah mereka terhadap teman dan pelajaran di sekolah. Tunjukkan rasa penasaran Anda pada apa pun yang mereka ceritakan.

Berikan Waktu Bagi Anak Untuk Merespon

Anak-anak mungkin memerlukan beberapa saat untuk memproses dan memahami apa yang Anda katakan. Ingat, mereka bukan bawahan Anda di kantor atau rekan sekerja Anda yang cepat tanggap dan melakukan apapun yang Anda inginkan. Jadi berikan mereka waktu untuk merespon perkataan Anda.

Memotivasi Anak

Buatlah mereka merasa aman dan berikan anak kebebasan penuh untuk berkarya sesuai keinginan mereka. Berilah semangat agar anak Anda semakin termotivasi dalam melakukan hal – hal yang positif seperti hobi atau kesukaannya.

Menghargai Anak

Hargai apapun prestasi yang dicapai anak Anda. Jangan memaksa anak Anda agar menjadi yang nomor satu, karena hal ini bisa membuat anak Anda stress. Saat anak Anda jatuh atau gagal, tetap dukung anak kita dan beri semangat agar mereka bisa bangkit dari kegagalannya. Jangan memarahi apalagi menyalahkannya. Berikan pengertian pada anak kita bahwa kegagalan adalah sebuah proses dari sebuah kesuksesan.

Ciptakan Lingkungan Yang Positif

Lingkungan yang positif dan penuh kedamaian sangat bermanfaat dalam membentuk karakter anak saat dewasa nanti. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya memberikan contoh yang baik dan selalu bersikap positif dalam menghadapi segala masalah.

Hati – hati dalam berkata – kata

Bila sedang dalam keadaan emosi, kadang – kadang akan keluar kata – kata yang tidak ingin kita inginkan. Karena itu jagalah selalu kata – kata yang keluar dari mulut kita ketika kita sedang emosi. Selain berdampak buruk bagi mentalnya, hal itu juga menjadikan contoh yang tidak baik dan akan ditiru oleh anak kita.

Demikianlah tips berkomunikasi yang efektif dengan anak Anda. Mulailah menerapkan hal – hal diatas agar anak – anak kita bisa menjadi contoh yang baik bagi teman – temannya dan menjadi manusia yang berkualitas di kemudian hari.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *