Tips Ketika Mobil Mogok Di Jalan

By | August 2, 2016

mobil

 

Mobil adalah suatu kebutuhan bagi kita yang memiliki mobilitas yang tinggi. Namun demikian terkadang kita lupa untuk melakukan perawatan kepada mobil kita, sehingga pada saat kita memakainya mobil kita justru mogok di jalan. Namun jangan panik, berikut ini adalah tips untuk Anda ketika hal yang tidak diinginkan ini terjad pada Anda.

Menepi

Usahakanlah untuk memarkirkan mobil Anda ketika mogok. Dorong mobil Anda ke pinggir jalan agar aman dan tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Nyalakan lampu hazard dan pasang segi tiga pengaman.

Perhatikan Indikator Mobil

Saat terjadi mogok di jalan, hal yang Anda bisa lakukan setelah meminggirkan kendaraan Anda adalah dengan mengecek indikator mobil Anda. Apa ada yang salah dengan mobil Anda. Apabila indikator mati total, tentu pasokan listrik pada mobil Anda yang terganggu. Hal ini tentu saja sumbernya dari Aki mobil yang mungkin sudah soak atau dinamo ampere mobil yang tidak bekerja dengan baik.

Buka Kap Mesin

Buka kap mesin Anda dan lihat apakah ada kabel-kabel yang terlepas. Cek juga apakah kepala aki mobil Anda terpasang dengan kencang. Lihat pula apakah ada air yang merembes keluar dari selang-selang radiator. Kondisi mesin yang overheat dapat membuat mobil Anda mati tiba-tiba. Apabila overheating yang menjadi penyebab mogoknya mobil Anda, maka jangan buka radiator saat mesin masih panas. Tekanan di dalam radiator akan menyembur keluar bersama dengan air yang sangat panas, dapat melukai Anda.

Cek Bahan Bakar Dan Sistem Pengapian

Cek kondisi bahan bakar. Apabila masih penuh, coba anda strater mobil Anda, nila menyala tetapi ndut-ndutan/pincang, bisa dipastikan sistem pengapiannya terganggu. Apabila menyala tetapi saat digas mesin ngempos/rpm tidak mau naik atau malah mesin mati, dipastikan supply bahan bakar ke ruang bakar tidak lancar. Biasanya filter bahan bakar atau bagian busi yang menjadi penyebabnya. Cek kabel-kabel busi, siapa tau ada yang kendor atau malah terlepas. Anda bisa mengecek busi dengan cara mesin dinyalakan, kemudian cabut satu kabel busi secara bergantian. Apabila mesin yang pincang tidak bertambah pincang saat salah satu kabel dicabut, berarti busi itu yang bermasalah.

Cek Pemasok Bahan Bakar

Pada Mobil bermesin Karburator, Anda bisa mengecek supply pompa bensin dengan cara melepaskan selang bensin kemudian ujung selang dimasukkan ke dalam botol. Posisikan kunci start anda ke on, apabila bensin keluar dengan lancar, maka tidak ada masalah dengan supply bensin ke karburator Anda.

Pada mobil dengan sistem injeksi, Anda bisa mengeceknya dengan melepas kabel bensin (fuel rail) di dekat throttle body dengan kunci 17 dan menaruh ujungnya didalam botol, kemudian posisikan kunci starter di on. Apabila bensin mengalir deras, maka supply dari pompa bensin dalam kondisi baik.

Langkah Terakhir adalah memanggil jasa derek/montir langganan Anda. Montir langganan Anda biasanya sudah mengetahui kondisi mobil Anda, dan sudah tau part mana saja yang sudah diganti dan mana yang harus diganti, tetapi belum diganti. Biarkan montir Anda yang menyelesaikan permasalahan Anda selanjutnya. Namun langkah-langkah tadi tetap Anda perlukan untuk menganalisa kerusakan, sehingga Anda tidak ditipu montir. Demikian tips cara mengatasi mobil mogok, semoga bermanfaat bagi Anda..

(Marthika)

 
Share

One thought on “Tips Ketika Mobil Mogok Di Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *