Tips Efektif Turunkan Berat Badan

By | August 2, 2016

appetite-1239056_640

Banyak orang ingin memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal. Selain untuk menunjang penampilan supaya lebih menarik, tubuh yang ideal lebih beresiko kecil terkena penyakit yang berbahaya dibandingkan orang yang memiliki tubuh gemuk.

Ketika ingin melakukan diet, seringkali banyak godaan yang datang menghampiri karena ada banyak jenis makanan yang menggoda selera dengan rasa enak dan kemasan yang menarik. Inilah yang menjadi tantangan terberat ketika sedang mengalami program penurunan berat badan.

Akan tetapi, ada trik membantu menekan rasa lapar sehingga menurunkan berat badan tidak akan sesulit yang dibayangkan.

Gantung cermin besar di ruang makan

Makan di depan cermin membuat Anda kurang menikmati hidangannya. Nah, hal ini justru menguntungka jika Anda ingin menurunkan berat badan sebab Anda akan makan lebih sedikit di ruang makan yang dilengkapi dengan cermin besar.

Bersihkan dapur Anda

Ketika dapur dalam keadaan berantakan, Anda akan lebih tergoda untuk meraih makanan ringan yang tak sehat. Maka dari itu, luangkan waktu Anda untuk membersihkan dan merapikan dapur supaya Anda bisa menekan nafsu memakan makanan ringan. Faktanya, dapur yang bersih dan rapi akan membuat orang memilih makan makanan yang sehat seperti wortel.

Redupkan lampu

Pencahayaan yang redup akan membuat rasa stress berkurang. Ketika pikiran dan hati dalam keadaan baik, Anda akan makan lebih sedikit.

Selain itu, makan di tempat yang memilik cahaya lebih redup akan menghabiskan makanannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Waspada terhadap film action

Jangan makan sambil menonton TV karena Anda tidak akan menyadari ketika terus menerus makan. Menonton film action lebih berbahaya karena Anda akan merasa tegang. Dalam situasi seperti itu, Anda akan menghabiskan camilan dua kali lipat dibandingkan menonton acara komedi.
Gunakan kekuatan peppermint

Menurut sebuah penelitian, orang yang memakan permen peppermint akan terkontrol nafsu makannya. Hal ini karena aroma peppermint yang ditimbulkannya sehingga bisa mengurangi rasa lapar. Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsilah permen peppermint agar bisa menekan nafsu makan.

Gunakan garpu panjang

Garpu yang panjang bisa membantu memperlambat memakan makanan. Bahkan sebuah penelitian di Taiwan dalam Psychological Reports menyatakan bahwa makan dengan menggunakan peralatan yang lebih pendek berpotensi mengambil makanan lebih banyak. Namun, peralatan panjang akan membuat orang mampu lebih menikmati makanannya sehingga mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghabiskan makanannya. Dengan demikian, mereka makan makanan dalam jumlah yang lebih sedikit jika menggunakan peralatan yang panjang.

Pakai piring berwarna terang

Makan menggunakan piring berwarna terang mampu mengontrol nafsu makan. Jadi, hindari menggunakan piring berwarna gelap agar porsi makan dapat terkontrol dengan baik.

Itulah beberapa tips cara efektif turunkan berat badan. Semoga cara di atas bermanfaat sehingga Anda mampu mewujudkan memiliki tubuh ideal dengan mudah dan aman.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *