Tips dan Kata Kata Bijak untuk Memotivasi Kerja

By | August 17, 2016

kata-kata-bijak

 

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata bijak yang dapat dijadikan rujukan agar kita lebih termotivasi dalam bekerja. Pada dasarnya, bekerja merupakan hal yang sangat penting. Dengan bekerja, seseorang akan mendapatkan imbalan berupa penghasilan atau uang yang bisa untuk menafkahi  baik diri sendiri maupun keluarga. Ya, banyak orang mengatakan bahwa jika ingin dapat bertahan hidup, maka bekerjalah. Namun faktanya, masih banyak orang yang enggan bekerja karena beberapa faktor, entah faktor internal ataupun eksternal.

Banyak orang merasa malas bekerja karena beberapa alasan. Misalnya saja karena lokasi kantornya yang jauh, pekerjaan yang dilakukan berat, atau mungkin malas bekerja karena ada tekanan dari pihak luar seperti teman-teman yang tidak baik, atau atasan yang galak. Semua itu merupakan konsekuensi yang harus dihadapi. Anda tetap harus terus semangat bekerja. Nah, agar semangat bekerjamu tetap berkobar, berikut ini ada kata kata bijak yang dapat menambah semangat serta motivasi dalam menjalankan pekerjaan. Yuk simak!

Kata Kata Bijak Motivasi Kerja

 

Mencintai Pekerjaan

Agar bisa tetap semangat dalam melakukan pekerjaan, Anda harus mencintai pekerjaan yang Anda lakukan. Ya, seseorang akan selalu semangat bekerja meskipun pekerjaan yang dilakukan itu tak mudah. Sebab, dia menukai atau mencintai pekerjaannya. Maka, hal yang perlu Anda lakukan yaitu tanamkan kecintaan terhadap pekerjaan yang Anda miliki saat ini.

Seorang tokoh terkenal bernama Charles M. Schwab berkata bijak :

Seseorang yang tidak mencintai pekerjaannya, tetapi hanya bekerja untuk uang tidak akan menghasilkan uang atau menemukan kesenangan di dalam hidup

Jika Anda bekerja hanya untuk tujuan mendapatkan uang, Anda tidak bisa menikmati pekerjaanmu. Yang akan Anda rasakan hanyalah rasa lelah. Cobalah ubah mindset terhadap tujuan. Memang tidak dipungkiri bahwa kita bekerja karena ingin mendapatkan uang. Namun, jangan hanya bertujuan itu saja. Anda juga harus belajar mencintai pekerjaanmu saat ini sehingga Anda akan bekerja dengan senang hati. Ketika Anda merasakan bahagia saat bekerja, rasa lelah tidak akan terasa begitu menyiksamu. Anda bisa menikmati setiap waktu bekerja tanpa terpaksa.

Jangan menyewa seseorang yang melakukan pekerjaan untuk uang. Tetapi sewalah seseorang yang bekerja karena dia menyukai pekerjaan tersebut.” – Henry David Thoreau

Nah, kata kata bijak yang mengandung makna motivasi dalam bekerja ini dapat diterapkan bagi Anda yang sedang mencari karyawan. Jangan hanya mencari anak buah yang ingin mendapatkan uang saat bekerja. Namun, lebih baik Anda mencari seseorang yang menyukai pekerjaan yang Anda tawarkan. Tipe seseorang seperti ini akan lebih mudah berkembang karena dia mencintai pekerjaannya. Namun jika Anda memilih seseorang yang bekerja hanya demi mendapatkan uang, dia akan sulit diajak berkembang. Bahkan, ketika dia merasa gaji yang didapatkan tidak begitu besar, dia akan segera keluar dari pekerjaan itu dan mencari yang lain. Pastinya Anda ingin mendapatkan seseorang yang setia dengan pekerjaannya karena akan lebih mudah bagimu untuk membimbingnya.

Dalam industri properti Anda tidak bekerja, karena Anda harus tinggal ditengah-tengah pekerjaan dan menikmatinya.” – Benny Lo

Seorang tokok terkenal bernama Benny Lo juga mengungkapkan mengenai kata motivasi kerja. Nah, Anda harus mencintai pekerjaan supaya bisa menikmatinya. Melakukan pekerjaan yang Anda suka akan terasa jauh lebih mudah dibandingkan mengerjakan pekerjaan yang sama sekali tidak Anda sukai.

Setiap usaha kalo dikerjain pake cinta pasti hasilnya luar biasa.”Rangga Umara

Motivasi kerja selanjutnya datang dari Rangga Umara. Dia berpendapat bahwa kecintaan terhadap pekerjaan akan membuat hasil yang didapatkan lebih optimal dibandingkan tanpa rasa cinta terhadap pekerjaan. Nah, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam bekerja, ayo cintai pekerjaanmu!

Janganlah terkungkung dalam pekerjaan yang bahkan untuk membiayai kedamaianmu saja tidak cukup.”– Mario Teguh

Seorang Mario Teguh memberikan nasehat yang bijak agar kita menjadi termotivasi untuk bekerja dengan mengatakan bahwa janganlah Anda terjebak ke dalam sebuah pekerjaan yang tak bisa membuatmu merasa damai. Jadi, ketika Anda ada di posisi pekerjaan yang tidak Anda nikmati, maka ada dua pilihan yang bisa Anda ambil. Yang pertama, cobalah untuk mencintai pekerjaanmu saat ini. Namun, jika memang Anda tak bisa mencintai pekerjaanmu saat ini, lebih baik pergilah dan cari pekerjaan yang lain. Anda harus dapatkan pekerjaan yang Anda cintai agar Anda bisa menikmati hidup.

Kerjakan pekerjaan yang Anda sukai dan uang akan datang dengan sendirinya.” – Paul Hanna

Paul mengatakan bahwa Anda tak perlu susah payah mencari uang sebab dengan hobimu, Anda bisa mendapatkan uang. Sesuatu yang sangat membahagiakan jika Anda mendapatkan uang atas pekerjaan yang Anda cintai. Tentu saja, Anda tidak akan merasa seperti bekerja mencari uang, namun Anda merasa mendapatkan bonus yang luar biasa karena sudah menikmati pekerjaan ditambah mendapatkan uang.

Kerjakan Pekerjaan Saat Ini Juga

Jangan pernah menunda pekerjaan baik pekerjaan besar maupun kecil. Jika ditunda-tunda, pekerjaan tersebut tidak akan selesai, justru akan semakin menumpuk. Anda akan kesulitan menyelesaikan setiap pekerjaan tepat pada waktunya jika Anda tidak segera mengerjakan setiap pekerjaan yang datang padamu.

Berikut ini ada beberapa kata motivasi supaya Anda lebih semangat mengerjakan pekerjaan sesegera mungkin tanpa menundanya.

Pekerjaan yang paling sulit diselesaikan adalah pekerjaan yang tidak pernah dimulai.” –  Rangga Umara

Jika Anda mulai mengerjakan pekerjaan yang sulit, lama kelamaan pekerjaan itu akan selesai meskipun butuh perjuangan yang luar biasa. Namun, pekerjaan itu tidak akan pernah selesai jika tidak pernah dimulai. Jadi, Rangga Umara mengatakan bahwa pekerjaan yang paling sulit yaitu pekerjaan yang tidak pernah dimulai sebab pekerjaan ini tidak akan pernah selesai dikerjakan. Hal ini dapat mnjadi motivasi bagi kita agar segera memulai pekerjaan yang sudah kita rencanakan dengan segera Take Action !

Jangan pernah menunda apa yang bisa dikerjakan hari ini untuk dikerjakan besok. Sebab jika Anda menyukainya hari ini, Anda bisa melakukannya lagi esok hari.” – (Anonim)

Seorang pekerja keras pantang baginya untuk menunda suatu pekerjaan. Pekerjaan yang ditunda akan menumpuk sehingga Anda butuh usaha lebih ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan yang jumlahnya semakin banyak. Dari segi kualitas, pekerjaan yang dikerjakan karena terburu-buru juga kurang maksimal hasilnya. Pelajaran untuk memotivasi pekerjaan yang dapat kita ambil di sini adalah agar tidak menunda pekerjaan dengan segera mengerjakan apa yang bisa dilakukan hari ini. Dahulukan pekerjaan prioritas terlebih dulu baru disusul mengerjakan pekerjaan lainnya.

Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali nampak mustahil, kita baru yakin kalau kita telah melakukannya dengan baik” – Evelyn Underhill

Terkadang seseorang merasa putus asa terhadap pekerjaan yang belum dikerjakan. Dia sudah menganggap bahwa dia tak mampu mengerjakannya sebelum mencoba. Namun setelah mencoba dan berusaha semaksimal mungkin, barulah keyakinan itu datang. Kata bijak di atas memotivasi kita agar selalu yakin dengan apa yang sudah menjadi rencana kita untuk dikerjakan. Tentunya ini juga

Lakukan Dengan Sepenuh Hati

Jangan terpengaruh oleh anggapan rendah terhadap pekerjaan yang Anda lakukan saat ini. Walaupun pekerjaanmu sering dianggap remeh, Anda tak boleh ikut-ikutan meremehkan pekerjaanmu itu. Ingatlah bahwa dari situlah Anda mendapatkan uang yang bisa Anda gunakan untuk keperluan Anda dan keluargamu.

Kesuksesan tidak datang begitu saja tetapi melalui sebuah proses yang amat panjang. Dia harus melakukan pekerjaan dari bawah. Nah, Anda pun bisa meraih kesuksesan mulai dari mengerjakan hal-hal kecil terlebih dahulu. Suatu saat nanti, akan ada hasil yang sangat luar biasa. Bahkan, Anda bisa beralih mengerjakan hal-hal besar yang mungkin Anda sendiri tidak pernah menyangka sebelumnya.

Melakukan pekerjaan kecil dengan baik akan melatih kita untuk bisa menyelesaikan pekerjaan besar dengan lebih sempurna.” – (Anonim)

Jangan pernah anggap sepele sebuah pekerjaan kecil. Dari pekerjaan kecil, Anda akan berlatih bagaimana cara menyelesaikannya dengan baik. Ibarat soal, Anda akan menjawab soalyang mudah terlebih dahulu di level yang lebih rendah. Barulah ketika Anda naik ke level yang lebih tinggi, soal-soal yang diberikan akan jauh lebih susah. Nah, motivasi bekerja yang satu ini bisa dijadikan sebagai penyemangat dalam bekerja. Anda harus belajar menyelesaikan pekerjaan kecil dengan sempurna, hal ini sebagai latihan bagimu untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang jauh lebih besar. Tanpa adanya latihan dari yang mudah, Anda tak bisa menyelesaikan pekerjaan besar dengan sempurna.

“Saya ingin mengerjakan tugas-tugas hebat dan mulia, tapi kewajiban utama saya adalah mengerjakan tugas-tugas kecil seperti mengerjakan tugas hebat dan mulia.” –  Helen Keller

Motivasi kerja selanjutnya datang dari Helen Keller. Dia mengibaratkan bahwa pekerjaan kecil seperti halnya pekerjaan hebat dan mulia. Untuk itu, Anda tak boleh meremehkan setiap pekerjaan kecil yang harus Anda lakukan. Kerjakanlah dengan baik setiap pekerjaan yang perlu Anda kerjakan meskipun pekerjaan itu kecil (tidak besar). Setiap pekerjaan besar yang datang kepada kita adalah hasil dari kualitas pekerjaan-pekerjaan kecil yang sudah kita lakukan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas kerjamu ketika datang pekerjaan besar.

“Kerjakan segala sesuatu dengan baik, maka segala sesuatu yang baik akan mengikutinya.“ Judge Judd

Jangan pernah berputus asa ketika Anda hanya mendapatkan pekerjaan kecil yang bahkan sering diremehkan oleh orang lain. Untuk apa mempedulikan orang lain yang hanya akan membuat waktumu terbuang sia-sia. Percayalah jika Anda mampu mengerjakan pekerjaan yang Anda dapatkan saat ini dengan baik, pekerjaan selanjutnya yang jauh lebih besar akan datang padamu.

“Masa depan tidak terletak pada pekerjaan, tetapi pada orang yang mengerjakan.” George Crane

Setiap orang pasti ingin memiliki masa depan cemerlang dengan pekerjaan yang dimilikinya. Ketika Anda berada pada posisi pekerjaan yang tidak cemerlang, Anda bisa menggunakan kata motivasi kerja ini sebagai penyemangatmu. Ingatlah bahwa bukan pekerjaanmu yang akan membawa kepada masa depan yang cemerlang. Namun, kualitas dirimu yang bisa membuatmu bisa meraih masa depan cerah yang Anda inginkan. Jadi, ketika Anda berada pada posisi pekerjaan level bawah, teruslah berkarya sampai Anda bisa naik ke level selanjutnya. Tak ada usaha yang sia-sia.

“Tak ada pekerjaan rendah. Yang ada hanya sikap rendah.“– Wiliam Bennett

Masih menganggap pekerjaanmu rendah? Hilangkan anggapan ini karena selama pekerjaan itu halal dan tidak merugikan orang lain, pekerjaan itu mulia. Walaupun pekerjaaanmu berat dan kasar, jangan sekali-kali menganggap bahwa pekerjaan itu rendah.

Memang masih banyak masyarakat yang keliru dalam memandang sebuah pekerjaan. Tak jarang mereka menganggap jenis pekerjaan tertentu sebagai pekerjaan rendahan. Sampai-sampai banyak orang memilih menganggur daripada bekerja dengan pekerjaan rendah karena merasa malu akan diolok-olok oleh teman-temannya. Justru inilah sikap yang rendah. Jadi kata bijak bertajuk motivasi kerja di atas mengibaratkan orang yang menganggap rendah pekerjaannya memiliki sikap yang lebih rendah daripada pekerjaan itu sendiri.

Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak” – Aldus Huxley

Perjuangan memang sangat getir. Manisnya baru terasa setelah Anda mampu meraih apa yang diinginkan. Kewajiban menyelesaikan suatu pekerjaan harus tetap dilakukan meskipun Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut. Sudah banyak orang sukses melakukan hal tersebut. Mereka selalu melakukan pekerjaan yang harus mereka lakukan, tak peduli mereka menyukainya atau tidak.

Anda pun sebaiknya melakukan cara seperti itu agar bisa sukses seperti mereka. Ketika ada pekerjaan yang harus Anda lakukan, segera selesaikan saat itu juga. Tak peduli bahwa sebenarnya Anda tidak menyukai pekerjaan yang harus Anda selesaikan tersebut. Tuntutan professionalisme dalam bekerja memang membuatmu harus serba bisa.

Pelajari orang yang sukses secara luar biasa dan Anda akan menemukan, mereka terinspirasikan antusiasme untuk pekerjaan mereka, yang bersifat menular. Mereka bukan hanya bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan, tapi juga membuat Anda bersemangat.” Paul W. Ivey

Kata bijak mengenai motivasi kerja selanjutnya datang dari Paul W.Ivey. Dia memberikan pendapatnya mengenai cara mendapatkan kesuksesan bisa dilakukan dengan cara mempelajarinya dari orang-orang sukses di sekitarmu. Amati cara mereka meraih kesuksesan sebagai inspirasimu dalam bekerja.

Cara ini lebih efektif karena Anda memiliki penyemangat secara nyata. Cobalah bergaul dengan orang-orang yang telah sukses dalam karirnya. Sifat menular akan Anda dapatkan sehingga terpancing menjadi pribadi yang selalu berusaha meraih kesuksesan. Ya, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam meraih kesuksesannya. Setidaknya, ketika Anda berguru pada seseorang, Anda tahu langkah yang dia lakukan dan Anda bisa meniru jejaknya. Selalu tanamkan sikap semangat dalam bekerja, tak peduli sesulit apapun itu.

Apapun tugas hidup kita, lakukanlah dengan baik. Seseorang semestinya melakukan pekerjaannya sedemikian baik sehingga mereka yang masih hidup, yang sudah mati dan yang belum lahir tidak mampu melakukannya lebih baik lagi”Marthin Luther King

Motivasi kerja selanjutnya datang dari Marthin Luther King. Dia mengatakan bahwa kita harus selalu melakukan setiap tugas dan kewajiban dengan sebaik mungkin. Bahkan diibaratkan kualitas pekerjaan yang harus kita kerjakan yaitu sampai orang lain tak mampu mengerjakannya lebih baik dari hasil yang telah kita kerjakan. Inilah yang disebut sebagai hasil maksimal.

Tak peduli tugas kecil maupun besar, selalu paksalah dirimu untuk melakukannya dengan sepenuh hati. Di awal-awal memang perlu ada paksaan dari dalam diri sendiri, namu lama kelamaan Anda akan terbiasa melakukannya dengan suka cita. Motivasi kerja ini juga sudah tersirat dari kata kata bijak orang terkenal sebelumnya.

Kita menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita rasa mampu untuk kerjakan, orang lain mengukur kita dengan mengukur dari apa yang telah kita lakukan “– Henry Wadsworth Longfellow

Dalam hidup ini, sering orang lain hanya melihat dari hasil yang kita kerjakan. Mereka tak mau melihat seberapa besar perjuangan dan usaha untuk melakukannya. Mereka juga tak peduli seberapa besar kemampuanmu untuk melakukan pekerjaan itu.

Untuk itulah motivasi kerja ini sangat menginspirasi agar kita harus terus bekerja untuk meraih hasil yang maksimal karena orang lain atau atasan kita hanya menginginkan hasil yang terbaik. Tidak ada sesuatu yang tak bisa dikerjakan asalkan kita berusaha dengan sebaik-baiknya. Kata bijak ini juga memotivasi agar kita tidak hanya bekerja keras namun juga dapat bekerja secara cerdas.

Di dalam bisnis… hal ini kadangkala terbalik! Seharusnya bisnis untuk mendukung pekerjaan Tuhan, bukan pekerjaan Tuhan untuk mendukung bisnis.” – Zig Ziglar

Motivasi kerja ini sangatlah penting. Meskipun uang segala-galanya, jangan sampai melupakan Tuhan Yang Maha Esa. Sebaik-baik pekerjaan ialah pekerjaan yang berada sesuai dengan jalanNya. Jangan malah terbalik.

Itulah beberapa kumpulan kata kata bijak motivasi kerja yang bisa digunakan untuk menyemangati diri sendiri. Semoga bermanfaat sehingga Anda bisa meraih kesuksesan dengan mudah. Jangan takut untuk memulai dari bawah karena kesuksesan akan dapat diraih dengan perjuangan yang luar biasa. Selalu tanamkan semangat bekerja karena sikap semangat inilah yang menjadi pondasi bagi dirimu untuk selalu berkarya lebih baik. Tanpa semangat bekerja, hasil pekerjaan yang Anda kerjakan tidak akan maksimal.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Tips dan Kata Kata Bijak untuk Memotivasi Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *