Tips dan Cara Memutihkan Kulit Wajah

By | August 6, 2016

 

wajah

 

Setiap orang pasti menginginkan mempunyai kulit wajah yang putih, bersih dan bersinar. Seperti pada tokoh – tokoh sinetron dan film di Indonesia, hampir semuanya mempunyai kulit yang bersih dan putih, karena hal tersebut sudah menjadi standar dalam casting. Untuk itu banyak orang berusaha memutihkan kulit wajah dengan berbagai cara. Namun sayangnya, tidak semua orang dilahirkan dengan kulit yang putih. Walaupun demikian, apa pun warna kulit Anda, tetap patut disyukuri serta perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya, agar tidak mudah terkena penyakit kulit. Karena kecantikan tidak hanya dari warna kulit tetapi juga dari kesehatan tubuh termasuk kulit kita, kecerahan, serta kesegaran tubuh seseorang.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi warna kulit dari seseorang, seperti:

  • Pengaruh Warna Kulit Wajah dari Ras atau keturunan genetik dari orang tua

Orang tua yang keduanya memiliki kulit putih, akan bisa dipastikan kalau keturunan mereka juga berkulit putih. Hal ini karena adanya faktor genetik yang mengalir dari orang tua kepada keturunannya. Begitu juga dengan orang tua yang memiliki genetik berkulit hitam, hampir dapat dipastikan akan melahirkan anak dengan warna kulit yang sama. Ras atau faktor keturunan genetik ini memegang peranan yang utama dalam penentuan warna kulit seseorang. Bagi Anda yang sudah berkulit putih Anda tentu tidak terlalu memerlukan cara yang ekstra dalam memutihkan kulit wajah Anda, namun sebaliknya bagi Anda yang memiliki faktor genetik berkulit hitam jika Anda ingin memiliki kulit yang terlihat cerah dan putih Anda perlu melakukan cara yang lebih ekstra untuk memutihkan wajah Anda.

  • Pengaruh Warna Kulit Wajah dari Polusi udara dan sengatan sinar matahari

Kulit kita membutuhkan kolagen untuk bisa tetap terlihat awet muda. Polusi udara dan sengatan sinar matahari bisa merusak kolagen dalam kulit sehingga kulit menjadi kusam dan  tidak sehat. Bila dibiarkan, kulit muka akan mudah timbul flek hitam, karena pengaruh sengatan sinar matahari yang langsung mengenai kulit muka. Penggunaan sun block atau pelindung surya minimal SPF 30 sangat diperlukan untuk Anda yang lebih sering melakukan aktifitas diluar ruangan. Sun block atau pelindung surya tersebut bisa menangkis radiasi ultraviolet dari matahari yang bisa merusak kulit wajah dan kulit badan Anda. Sinar matahari juga bisa memicu produksi pigmen berlebih dalam kulit sehingga kulit menjadi berwarna lebih gelap. Selain itu, penggunaan pelembab yang memiliki bahan dasar air sangat disarankan agar kelembaban kulit tetap terjaga. Disarankan Anda memakai sun block dan pelembab agar usaha Anda untuk memutihkan kulit wajah menjadi maksimal. Jadi bagi Anda yang lebih sering beraktifitas di luar ruangan Anda perlu melakukan cara memutihkan wajah yang lebih ekstra.

  • Pengaruh Warna Kulit Wajah dari Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor usia juga berpengaruh terhadap elastisitas dan kelembaban kulit. Semakin berumur seseorang, kulit wajah akan menjadi lebih kering dan kusam. Hal ini karena kadar air dan minyak dalam kulit wajah sudah sangat berkurang. Jika kondisi ini diperparah dengan sengatan sinar matahari, maka akan mudah timbul flek di kulit muka Anda, bahkan kulit muka bisa menjadi hitam karena terbakar sinar matahari. Untuk memutihkan kulit wajah, faktor usia menentukan proses cepat lambatnya regenerasi kulit.

  • Pengaruh Warna Kulit Wajah dari Kurangnya asupan nutrisi dan vitamin kulit

Menjaga kesehatan kulit juga bisa dilakukan dari dalam dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan khususnya yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin E. Cara memberi asupan nutrisi dan vitamin pada kulit akan membantu memutihkan kulit wajah menjadi lebih terawat, bersih dan bersinar. Selain dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur, kulit kita juga memerlukan air dalam jumlah yang cukup agar kelembabannya tetap terjaga. Khususnya bagi remaja yang masih memiliki kulit yang sensitif untuk timbulnya jerawat. Kekurangan nutrisi, vitamin dan air putih bisa memicu timbulnya jerawat dengan lebih mudah. Dengan banyaknya jerawat di wajah, proses memutihkan kulit wajah menjadi semakin sulit.

  • Pengaruh Warna Kulit Wajah dari Pemilihan kosmetika

Salah satu cara memiliki kulit wajah yang putih, bersih dan bersinar tentunya bisa dilakukan dengan pemilihan kosmetik yang tepat. Salah memilih kosmetik untuk memutihkan kulit wajah kita akan mengakibatkan kulit wajah berjerawat, alergi dan bahkan hitam terbakar. Pilihlah kosmetika yang tidak banyak memiliki kandungan, atau yang hanya mengandung kurang dari 10 zat saja didalamnya. Kosmetik dengan kandungan zat yang banyak, bukan penentu bagus dan berkualitasnya produk tersebut. Justru dengan memberi kulit kita kosmetik yang memiliki kandungan zat atau bahan yang alami seperti dari herbal, akan baik untuk kesehatan kulit kita sehingga usaha kita untuk memutihkan kulit wajah menjadi maksimal.

Banyak cara untuk memutihkan kulit wajah dan membuat kulit wajah lebih bersih dan bersinar. Selain dengan pemilihan kosmetika, ada juga teknologi kedokteran yang bisa membuat kulit muka menjadi lebih putih dalam waktu singkat, misalnya dengan:

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Suplemen pemutih kulit

Glutathione bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Selain itu, Glutathione dalam dosis besar juga bisa memutihkan kulit wajah. Cara kerjanya adalah dengan menghambat produksi melanin atau pigmen penentu warna kulit.

Tubuh kita sebenarnya bisa memproduksi Glutathione ini secara alami. Namun seiring bertambahnya usia kita, tubuh kita kesulitan memproduksinya sehingga pasokan Glutathione yang dibutuhkan tubuh menurun jumlahnya. Agar kadar Glutathione ini bisa dimaksimalkan lagi jumlahnya, kita perlu menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang masuk ke kedalam tubuh kita.

Fungsi Glutathione dalam tubuh sangat besar yaitu untuk memerangi radikal bebas dan membantu proses detoksin atau pembuangan racun dari dalam tubuh. Setiap sel tubuh kita mengandung Glutathione, yang selain berguna untuk memutihkan kulit wajah dan juga tubuh kita, juga menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap polusi, kuman, bakteri dan berbagai macam    penyakit. Untuk efek pemakaian jangka panjang, fungsi Glutathione untuk memutihkan kulit wajah masih diperdebatkan dan masih belum diketahui secara pasti. Glutathione sendiri belum disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika Serikat. Penggunaan Glutathione dalam dosis tinggi bisa berpengaruh terhadap kesehatan funsi ginjal.

Selain Glutathione, bahan lain yang sering digunakan untuk memutihkan kulit    wajah dengan suplemen kulit adalah kolagen, termasuk juga collactive TM (Senyawa kolagen). Sama seperti Glutathione, kollagen juga diproduksi secara alami oleh tubuh kita dan jumlahnya melimpah. Fungsi kollagen ini sangat diperlukan dalam pemulihan sel – sel kulit mati, menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Teknologi Laser

Selain menggunakan suplemen kulit, salah satu cara memutihkan kulit wajah dengan bantuan teknologi modern adalah dengan Laser. Alat laser yang digunakan untuk perawatan memutihkan kulit wajah adalah Active FX Lacer Resurfing, yang selain berguna untuk memutihkan kulit wajah, juga bisa untuk menyamarkan noda hitam, menyamarkan kerutan, menjaga kekencanan kulit wajah dan mencegah penuaan dini.

Cara kerja memutihkan kulit wajah dengan teknologi laser ini adalah dengan cara mengelupas kulit luar kemudian akan terbentuk lapisan kulit baru. Lapisan kulit luar inilah yang sering menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kusam, jerawat, flek hitam dan lain sebagainya. Perawatan kulit muka untuk memutihkan kulit wajah menggunakan laser ini hasilnya bisa dirasakan dengan cepat, hanya selama satu sampai dua minggu saja kulit akan menjadi putih dan bersih.  Sayangnya tekhnologi ini masih terbilang mahal sehingga hanya masyarakat dengan tingkat ekonomi mampu saja yang bisa memutihkan kulit wajah dengan teknologi ini.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah lebih putih dan bersih, ada banyak cara yang bisa dilakukan secara murah dengan menggunakan bahan yang mudah didapat. Memutihkan kulit wajah dengan bahan alami ini pun memiliki efek samping yang minim dan bahkan tanpa efek samping.

Bahan – bahan alami dan cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan :

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Kulit lemon

Kulit lemon memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buahnya. Maka dari itu jika Anda akan membuat jus lemon, jangan buang kulitnya. Lakukan cara berikut untuk memutihkan wajah Anda : Kumpulkan sampai agak banyak dan jemur kulit lemon tersebut sampai kering. Setelah kering, haluskan kulit lemon tersebut dengan tumbukan tradisional atau bisa juga menggunakan blender atau food processor. Anda akan menghasilkan bubuk kulit lemon yang bisa disimpan atau dipakai langsung. Untuk membuat masker dari kulit lemon ini, campurkan bubuk kulit lemon secukupnya dengan sedikit air. Oleskan ke kulit wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah mengering pada kulit wajah, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Lidah buaya

Untuk memutihkan kulit wajah, lidah buaya ternyata sangat bermanfaat. Lidah buaya mengandung Aloesin, suatu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Itulah mengapa lidah buaya banyak ditemukan dalam produk – produk kecantikan. Cara mengolah lidah buaya untuk memutihkan kulit wajah sangatlah gampang. Anda cukup mengupas kulit lidah buaya dan pisahkan kulit dengan gelnya. Gelnya ini yang mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kulit kita. Setelah memisahkan kulit dengan gelnya, haluskan gel ini dengan blender atau food processor. Oleskan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan ini ke kulit wajah, dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memakainya   dua kali dalam seminggu.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Yogurt

Yogurt merupakan bahan alami yang tidak diragukan lagi manfaatnya dalam hal merawat maupun memutihkan kulit wajah anda. Vitamin B5 yang terkandung dalam yogurt bermanfaat menyamarkan bintik-bintik hitam akibat jerawat dan juga berperan dalam mencerahkan kulit wajah anda. Tidak hanya   itu, asam laktat dan kalsium yang terkandung dalam yogurt berperan penting dalam melembabkan kulit wajah anda dan menjaganya agar tetap sehat dan terawat. Anda bisa membeli yogurt kemasan dengan kualitas yang bagus untuk memutihkan kulit wajah Anda. Cara memanfaatkannya untuk memutihkan wajah pun sederhana, hanya mengoleskan yogurt yang sudah ditambah sedikit madu dan susu ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bila sudah selesai, bilas dengan air hangat.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Pepaya

Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit. Bukan hanya itu, pepaya    merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Cara mengolah pepaya sebagai masker untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan menghaluskan pepaya lalu mengoleskannya pada kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal. Di samping sebagai masker, cara lainnya Anda juga bisa mengkonsumsi pepaya ini dengan memakannya secara teratur untuk memutihkan kulit wajah.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Alpukat

Buah alpukat diperkaya dengan kandungan glutamin dan lemak baik yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk merawat kulit kering dan kusam, mengingat sifat glutamin sendiri adalah melembabkan kulit. Selain bermanfaat untuk melembabkan, masker alpukat juga diperkaya dengan kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kecerahan kulit dari dalam dan mengangkat sel kulit mati sehingga menjadi bahan alami yang tepat dalam memutihkan kulit wajah. Cara mengolah buah alpukat untuk membantu memutihkan wajah adalah dengan mengambil daging buahnya, campur dengan sedikit madu sampai berbentuk pasta. Sebelum mengoleskan pasta alpukat ini, bersihkan dulu kulit wajah anda dengan air hangat. Kemudian aplikasikan pasta alpukat ini merata ke kulit wajah dan diamkan selama 20 menit.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Tomat

Tomat yang biasa kita temui di dapur ternyata berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah dan dapat pula digunakan untuk menghilangkan jerawat. Lycopene, senyawa antioksidan yang terkandung dalam tomat terbukti dapat   menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Lycopene juga dapat menutrisi kulit dan membuatnya cerah berseri.

Cara mendapatkan manfaat dalam memutihkan kulit wajah, anda dapat membuat masker dari tomat ini dengan menghancurkan buah tomat dan oleskan langsung pada kulit wajah selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Susu

Seperti yang Anda tahu bahwa susu mempunyai jutaan manfaat, dan tak terkecuali dalam bidang kecantikan. Susu mengandung vitamin B6 yang bermanfaat merawat dan menjaga kulit wajah Anda agar lembab dan tetap sehat. Selain itu, vitamin D yang terkandung dalam susu berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan menyamarkan kerutan pada wajah anda.

Cara memutihkan kulit wajah menggunakan susu adalah dengan mencampur susu dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat dan keringkan.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Teh hijau juga dapat mempercepat regenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga sangat bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah.

Anda bisa memakai teh hijau kemasan ataupun teh hijau bubuk yang banyak dijual di pasaran. Cara memutihkan wajah dengan teh hijau adalah dengan melarutkan teh hijau tersebut dengan sedikit air panas selama 5 sampai 10 menit, kemudian gosokkan lembut pada wajah dengan bantuan kapas.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Kentang

Cara selanjutnya untuk merawat dan memutihkan kulit wajah, anda juga bisa mengandalkan kentang. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam menyamarkan flek dan bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Cara mengolah kentang untuk memutihkan kulit wajah ini sangat sederhana. Anda cukup merebus kentang sampai matang, kemudian haluskan dengan bantuan tumbukan sederhana atau menggunakan food processor. Setelah halus menjadi pasta,  tambahkan satu sendok makan susu, kemudian oleskan secara merata ke kulit wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Ketimun

Ketimun memiliki banyak manfaat untuk memutihkan kulit wajah. Ketimun mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat digunakan untuk mengatasi kekusaman kulit, menghambat produksi pigmen kulit yang berlebih, menghilangkan bekas jerawat dan lingkar hitam di bawah mata akibat kelelahan ataupun kurang beristirahat. Cara mengolah ketimun untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan mengiris tipis ketimun dan masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah dirasa cukup dingin, letakkan irisan ketimun tadi langsund pada wajah Anda. Selain untuk memutihkan kulit wajah, ketimun dingin ini bisa membuat Anda lebih rileks. Selain diiris tipis, Anda juga bisa menghancurkannya menjadi pasta dan mencampurnya dengan sedikit madu. Oleskan campuran tersebut ke kulit wajah dan diamkan   selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Selain langkah – langkah diatas sebetulnya masih banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk memutihkan kulit wajah Anda. Pilihlah mana yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan kulit wajah Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *