Tips Belajar untuk Hadapi Ujian Nasional

By | August 1, 2016

tips-cara-belajar

 

Sudah menjadi agenda rutin jika setiap tahun ada Ujian Nasional bagi kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA. Meskipun baru saja kenaikan kelas sehingga Ujian Nasional masih lama, bukan berarti kamu bisa santai-santai tanpa mempersiapkan bagaimana sukses menghadapi UN nantinya. Sebab, justru persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari akan memberikan hasil yang maksimal dibandingkan dengan persiapan yang dilakukan dalam waktu singkat. Setuju?

Kamu tentunya harus belajar lebih giat jika ingin mendapatkan nilai yang memuaskan saat ujian nasional sebab nilai tersebut menjadi penentu kelulusan. Pastinya, kamu menginginkan melihat nilai-nilai yang tertulis di ijasah bagus. Mendapatkan nilai bagus saat ujian nasional bukan perkara yang mudah mengingat banyak materi pelajaran yang harus dipelajari. Jika kamu duduk di kelas XII, maka kamu harus mempelajari semua materi dari kelas X sampai XII. Menghafal banyak materi tidaklah mudah.

Berikut ini ada beberapa tips belajar untuk hadapi Ujian Nasional, yuk simak!

Lihat SKL dan Kisi-Kisi

Dengan melihat SKL dan kisi-kisi, kamu bisa menghemat waktu karena kamu bisa memilah-milah materi mana yang perlu dipelajari atau tidak sesuai dengan SKL dan kisi-kisi. SKL merupakan standar kompentensi lulusan. Jika kamu pelajari SKL, kamu tak perlu membaca semua buku tebal dari kelas kelas X sampai kelas XII.

Banyak Berlatih Soal

Percaya semboyan bisa karena terbiasa bukan? Agar kamu bisa mengerjakan soal Ujian Nasional, kamu harus membiasakan berlatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional. Kamu bisa mendapatkan berbagai soal Ujian Nasional dari berbagai sumber seperti membeli buku latihan soal Ujian Nasioanl atau mendownload soal-soal Ujian Nasional di internet. Semakin banyak jenis soal yang dikerjakan, semakin banyak pengetahuan yang diperoleh sehingga kamu akan semakin lancar dan tidak bingung saat mengerjakan soal.

Buat Jadwal Belajar Rutin

Jika kamu terbiasa belajar seorang diri, cobalah untuk belajar kelompok bersama teman-teman sebagai persiapan menghadapi ujian nasional. Belajar bareng teman-teman akan membuatmu lebih semangat. Kamu bisa berbagai cara mengenai penyelesaian soal-soal ujian nasional. Cobalah membuat jadwal belajar kelompok rutin agat belajar bisa lebih maksimal.

Tetap Rileks

Detik-detik menjelang ujian nasional, banyak siswa merasa grogi. Bahkan banyak yang merasa stress karena ketakutan tidak bisa mengerjakan soal ujian nasional. Cobalah tenang dan rileks agar kamu bisa mengerjakan soal ujian nasional dengan baik dan lancar. Jangan lupa menyempatkan menghibur diri sebelum ujian nasional dimulai seperti jalan-jalan atau olahraga. Namun tetap perhatikan kondisi kesehatan tubuh jangan sampai terlalu capek agar bisa mengerjakan soal ujian dengan baik.

Jaga Kesehatan

Terlalu banyak begadang untuk belajar tidak baik bagi kesehatan tubuh. Keuntungan mempersiapkan ujian nasional jauh-jauh hari yaitu untuk menghindari begadang untuk ngebut belajar. Aturlah pola makan agar seimbang. Selain itu, perbanyak minum vitamin untuk daya tahan tubuh agar tetap dalam keadaan prima.

Semoga tips belajar untuk hadapi Ujian Nasional di atas bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Tips Belajar untuk Hadapi Ujian Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *