Tips Belajar Berkualitas, Efektif dan Efisien

By | August 1, 2016

tips-cara-belajar

 

Tugas utama seorang siswa yaitu belajar. Namun, tugas ini tentu tidak bisa dilakukan dengan mulus karena ada saja kendala yang dihadapi. Ada kalanya merasa sudah sering belajar, namun belum juga bisa menguasai materi pelajaran. Mungkin kamu bertanya dalam hati, apa ada yang salah? Ya, mungkin kamu belum belajar dengan tepat.

Belajar berkualitas, efektif dan efisien harus dilakukan agar hasilnya maksimal. Jika tidak, kamu hanya akan membuang waktu karena yang kamu lakukan itu sia-sia. Mulai saatnya, kamu rubah cara belajar mu menjadi belajar berkualitas. Mau tahu caranya? Berikut ini tips yang perlu kamu perhatikan.

Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Berdoa merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum dan sesudah belajar. Dengan berdoa, kamu meminta bantuan Tuhan yang Maha Esa agar usaha belajar yang kamu lakukan mendapatkan berkah.

Tentukan tujuan

Setiap orang perlu memiliki tujuan yang jelas. Mulai dari sekarang, tentukan tujuanmu. Apa yang ingin kamu capai dengan belajar. Ini akan menjadi motivasi bagi dirimu agar bisa semangat belajar demi mencapai apa yang kamu impikan selama ini.

Tentukan target

Tentukan target yang ingin kamu capai agar belajar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya, kamu belajar karena ingin mendapatkan nilai ulangan tertinggi di kelas dan mendapatkan ranking 1. Kamu bisa menjadikan target yang ingin kamu capai sebagai cambuk agar kamu selalu bersemangat.

Buat jadwal belajar yang rutin

Belajar perlu dilakukan secara rutin meskipun hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jika jam belajarmu terjadwal, kamu bisa semakin rajin belajar. Buatlah dirimu untuk selalu menaati jam belajar yang kamu buat. Belajar rutin akan memberikan hasil yang luar biasa. Ayo buktikan!

Kenali tipe belajarmu

Setiap orang memiliki tipe belajar yang berbeda. Kamu harus mengenali bagaimana tipe belajarmu supaya bisa memahami materi dengan seksama. Misalnya, ada seseorang yang senang belajar sambil mendengarkan musik, ada juga yang senang belajar di tempat yang sepi. Selain itu, ada juga beberapa siswa yang senang belajar sambil makan makanan ringan.

Jangan bosan membaca

Jika ingin bisa menguasai materi pelajaran dengan baik, janganlah bosan membaca. Budayakan membaca setiap hari, jangan sampai ada kata bosan. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan berbagai informasi. Jika ada waktu luang, kamu bisa membaca buku-buku selain buku pelajaran sekolah untuk menambah wawasan.

Jauhkan semua gangguan

Agar kamu bisa belajar dengan giat, jauhkanlah semua gangguan yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti televise. Mungkin, kamu bisa mengusulkan kepada seluruh anggota keluarga agar tidak menghidupkan televisi pada saat jam belajar.

Kondisikan dan nikmati belajarmu

Agar bisa belajar dengan nyaman, kamu perlu memiliki ruang belajar yang nyaman. Pastikan tempat belajarmu rapi sehingga enak dipandang. Kamu juga bisa memberikan hiasan pada kamar belajar sehingga terlihat menarik, lalu kamu merasa betah barada di sana. Jika tempat yang kamu gunakan untuk belajar nyaman, kamu bisa menikmati aktivitas belajarmu.

Itulah beberapa tips belajar berkualitas, efektif dan efisien. Ayo praktekkan cara belajar yang efisien supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *