Motivasi Belajar Terbaik Agar Lebih Semangat Mencari Ilmu

By | August 17, 2016

motivasi-belajar

 

Kamu seorang pelajar atau mahasiswa? Ya, tugas utamamu adalah belajar. Namun, terkadang belajar merupakan hal yang sangat membosankan. Jangan biarkan hal ini terus-terusan merugikanmu. Kamu perlu belajar keras agar lebih berprestasi. Pastinya, kamu ingin bisa meraih apa yang kamu cita-citakan. Salah satu cara terbaik untuk menggapai cita-cita yaitu belajar dengan rajin.

Agar lebih bersemangat dalam belajar, sebaiknya kita pelajari nasehat dan kata-kata bijak yang mengandung motivasi belajar dari orang-orang yang sudah sukses berkat kegigihan mereka dalam belajar dan menuntut ilmu. Sebenarnya banyak kumpulan kata mutiara yang dikemukakan oleh beberapa tokoh dunia dan orang-orang sukses tersebut. Namun karena keterbatasan media hanya sebagian yang dapat diutarakan di pertamakali.com. Mari kita simak sebagian diantara kata kata bijak tersebut!

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia”Nelson Mandela

Nelson Mandala mengibaratkan bahwa pendidikan sangat penting bahkan bisa mengendalikan dunia. Dengan pendidikan yang tinggi kamu bisa menjadi orang hebat. Saat kamu menjadi orang hebat, kamu bisa menjadi orang yang berpengaruh terhadap dunia sebab ilmu yang kamu miliki.

Jika anda mendidik seorang pria, maka seorang pria akan terdidik. Tapi jika anda mendidik seorang wanita, sebuah generasi akan terdidik”Brigham Young

Pendidikan adalah milik semua orang. Tak satupun orang yang tidak berhak mengenyam pendidikan. Entah pria maupun wanita, semuanya sama-sama memiliki hak untuk mendapatkan  pendidikan. Bahkan seorang wanita yang mendapatkan pendidikan, kelak dia bisa mendidik anak-anaknya sehingga terciptalah generasi-generasi bangsa yang terdidik. Jadi, bangsa yang besar ialah bangsa yang memberikan hak pendidikan rata baik untuk pria dan laki-laki.

“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya”Mahatma Gandhi

Kata motivasi belajar selanjutnya diungkapkan oleh Mahatma Gandhi. Dia menyarankan untuk terus belajar rajin seakan-akan kamu akan hidup selamanya sehingga ilmu yang kamu dapatkan akan terus engkau gunakan. Namun, kamu juga harus mengimbangi dengan beribadah dengan tekun untuk bekal di akhirat seakan-akan engkau akan mati besok. Dengan cara ini, kamu tidak hanya memikirkan urusan dunia saja.

Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini”Malcolm X

Kata-kata motivasi belajar yang bisa dijadikan semangat yaitu kata mutiara dari Malcom X. Jika kamu ingin memiliki masa depan cemerlang, raihlah dengan cara belajar yang rajin. Kamu akan bisa mencapai cita-cita yang kamu inginkan. Butuh perjuangan dan persiapan untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan. Kamu harus mempersiapkannya sejak dari sekarang.

“Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda”Henry Ford

Tak ada batasan waktu untuk terus belajar, bahkan ketika kamu sudah ada di usia dewasa bahkan usia tua, teruslah tetap belajar. Diibaratkan anak muda yang berhenti belajar seolah-olah orang lanjut usia dengan pikiran yang sudah pikun. Namun, jika seseorang terus menerus belajar, dia seperti anak muda dengan semangat belajar yang luar biasa. Banyak hal yang perlu dipelajari. Belajar tidak harus mengenai materi pelajaran formal di sekolah, namun ada  banyak hal yang perlu kamu ketahui.

Dari membaca, kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Di jaman modern ini, belajar lebih mudah dilakukan. Kamu bisa mengakses internet dan mendapatkan berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang akan sangat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berikan seorang pria semangkuk nasi dan Anda akan memberinya makanan untuk sehari. Ajarkan seorang pria memelihara padi dan Anda akan memberinya makanan seumur hidup” – Confusius

Sebagai ibu, kamu harus memberikannya bekal ilmu pengetahuan yang bisa digunakan sebagai bekalnya di masa depan. Pendidikan yang tinggi dan karir yang cemerlang membuat dia bisa hidup lebih baik. Kata motivasi di atas sangat menginspirasi karena diibaratkan pendidikan sangat penting sehingga bisa digunakan untuk seumur hidup.

“Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran”W.B. Yeats

W.B. Yeats memiliki kata motivasi belajar untuk kita semua. Saat mengeyam pendidikan, jangan berpikir bahwa kamu akan akan menjadi pribadi pasif yang hanya menunggu diberikan ilmu pengetahuan oleh guru atau orang lain. Tapi, jadilah orang aktif sehingga kamu bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah kamu dapatkan. Cara ini membuatmu lebih cepat berkembang dibandingkan hanya mengandalkan orang lain untu memberimu ilmu pengetahuan.

Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup”Martimer Adler

Jika tubuh berhenti berkembang di umur tertentu, tidak seperti akal. Akal pikiran akan terus berkembang jika kita mau terus belajar tanpa putus asa. Bahkan, selama kita hidup, kita harus terus belajar berbagai banyak hal sehingga bisa digunakan untuk kepentingan pribadi dan orang lain.

Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama”Nora Roberts

Jadikan kata motivasi belajar ini agar dirimu lebih semangat belajar. Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu, jadilah pribadi yang terus belajar agar bisa mengejar apa yang kamu inginkan tersebut. Cara untuk mengejar cita-cita yaitu dengan belajar yang rajin dan tekun. Teruslah melangkah maju dengan bersekolah setinggi-tingginya agar kamu bisa mendapatkan masa depan gemilang.

Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka harus” – Arthur Wellesley

Kamu termasuk yang mana, bijaksana atau bodoh? Ibaratnya, orang bodoh ialah orang yang tidak tahu apa-apa. Orang bodoh harus terus belajar agar image bodoh bisa hilang karena telah berubah menjadi orang pandai. Kemudian, orang bijak ialah orang yang sudah tahu beberapa hal, namun dia tetap ingin belajar untuk mengembangkan apa yang sudah ia ketahui.

Belajar layaknya mendayung ke hulu; Jika tidak maju, maka akan terhanyut ke bawah”NN

Di jaman modern ini, segala sesuatu terasa berkembang lebih pesar. Bahkan perkembangan teknologi membuat segalanya terasa lebih mudah. Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Tak hanya lewat telepon atau sms, saat ini banyak cara yang bisa digunakan untuk berkomunikasi lebih mudah, praktis, dan hemat dengan menggunakan interenet.

Bahkan, sekarang sudah bisa video call sehingga orang yang satu dengan yang lainnya bisa bertelepon dengan melihat videonya. Jika kamu tak mau belajar mengikuti  perkembangan jaman misalnya, kamu akan ketinggalan jaman. Kamu tak bisa berinteraksi menggunakan sosial media layaknya teman-temanmu. Bahkan, kamu juga akan terkucilkan dari pergaulan ketika kamu tidak memiliki perangkat seperti yang mereka miliki.

Begitupun dengan pendidikan. Orang yang putus sekolah karena malas misalnya, akan tertinggal jauh dengan teman-teman seusianya. Dia tidak bisa bergaul dengan teman-teman yang mengenyam pendidikan.

“Jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu (agama), maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju surga” – Nabi Muhammad SAW – hadist riwayat Bukhari

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa seseorang yang memiliki tujuan mencari ilmu, entah ilmu dunia maupun akhirat, Allah akan mengibaratkan perjalanannya mencari ilmu seperti perjalanan menuju surga. Betapa Allah SWT memposisikan orang-orang yang mencari ilmu di tempat yang istimewa. Sebagai hamba-Nya, marilah kita mencari ilmu sehingga bisa bermanfaat baik untuk urusan dunia maupun akhirat.

“Pendidikan setingkat dengan olahraga dimana memungkinkan setiap orang untuk bersaing” – Joyce Meyer

Dalam olahraga, ada sebuah persaingan antara peserta satu dengan yang lainnya. Begitupun dalam pendidikan. Agar bisa meraih prestasi terdepan di dalam kelas, kamu harus mampu bersaing dengan teman-temanmu. Kamu harus lebih rajin belajar daripada mereka sehingga nilai yang kamu dapatkan paling tinggi. Inilah mengapa kamu harus terus semangat belajar karena pendidikan juga butuh persaingan. Kata motivasi belajar dari Joyce Meyer bisa mendorongmu untuk lebih semangat dan rajin belajar.

Berpikir adalah kegiatan tersulit yang pernah ada. Oleh karena itu hanya sedikit yang melakukannya” – Henry Ford

Tak banyak orang yang bisa berpikir. Itulah mengapa kita temui banyak sekali orang yang enggan belajar dan terus berpikir. Jadilah diri yang hebat sehingga kamu tidak seperti mereka yang merasa sulit berpikir. Kesulitan ini bisa kamu atasi dari kebiasaan dan terus berlatih.

Bila anda gagal hari ini, jangan pernah menyerah. Ulangi terus kegagalan anda sampai atasan/komandan anda menyerah.” – Mario Teguh

Tidak ada kata menyerah dalam belajar. Ketika kamu gagal, ulangi kegagalan itu sampai berhasil. Tak peduli berapa kali kamu gagal, kamu tetap harus bangkit untuk mengulanginya kembali. Cari tahu setiap hal yang membuatmu gagal sehingga bisa mencoba lebih baik lagi. Dengan terus mencoba, kamu akan tahu apa kekuranganmu sehingga bisa memperbaiki dan selanjutnya datang kembali untuk mencobanya. Percayalah, keberhasilan akan datang padamu meskipun butuh perjuangan yang sangat keras.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan”Mario Teguh

Ingin berkutat dengan masa lalu atau ingin memiliki masa depan yang cemerlang? Ya, keputuasan ada pada dirimu sendiri. Tentunya, tanpa masa depan cemerlang, kamu tidak bisa menikmati hidup ini. Masa depan cemerlang dikaitkan dengan memiliki pekerjaan bagus dengan gaji yang ok. Nah, kamu tak akan mampu mendapatkannya jika kamu tak pernah belajar. Kamu butuh ilmu pengetahuan untuk mendapatkan semua itu. Maka dari itu, marilah terus semangat belajar agar mendapatkan masa depan cemerlang.

Ilmu itu di dapat dari lidah yg gemar bertanya dan akal yg suka berpikir”. – Abdullah bin Abbas

Kamu harus terus bertanya mengenai berbagai hal agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang luar biasa. Maksud bertanya ini bisa diartikan “mencari”. Entah itu dari guru ataupun buku. Apapun media yang kamu gunakan, kamu akan mendapatkan suplai ilmu pengetahuan jika dirimu aktif bukan hanya berdiam diri.

Sesuatu yang membuat saya bertahan kerjain tugas semalaman adalah bahwa apa yang saya kerjakan ini adalah suatu hal yang membedakan saya dengan orang malas” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Motivasi belajar memang diperlukan ketika kita merasa malas begadang mengerjakan tugas semalaman sementara yang lainnya asik dengan tidur nyenyaknya. Namun, tahukan jika ada perbedaan antara kamu dengan mereka? Tentu saja, jelas ada perbedaan antara kamu dengan orang malas. Apa yang kamu kerjakan susah payah semalaman, akan berguna untuk masa depanmu karena ini merupakan salah satu serangkaian proses yang harus dijalani agar bisa mencapai cita-citamu.

“Walaupun gen pintarnya seperti ilmuan Einstein, tetapi jika Einstein tidak pernah sama sekali membaca buku kedokteran maka ia akan tidak akan pintar mengenai kedokteran” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Ilmu pengetahuan bukan karena faktor bawaan. Tak peduli secerdas apa otakmu, kalau kamu tak pernah belajar kamu tak akan tahu apa-apa. Untuk menjadi pintar, kamu harus terus belajar dan belajar. Bahkan, seseorang dengan otak pas-pasan bisa mengetahui berbagai hal dan menjadi pintar setelah dia rajin belajar.

Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh.”Albert Einstein

Kata mutiara motivasi belajar yang dikemukakan oleh Albert Einstein ini memberikan pemahaman kepada kita bahwa ilmu dan agama merupakan dua hal yang saling berkaitan. Kamu harus menjunjung dua hal tersebut secara beriringan sehinga hidup akan lebih sempurna.

“Belajar disaat orang lain tidur; bekerja sementara yang lain bermalas malasan; mempersiapkan disaat orang lain bermain; dan bermimpi sementara lainnya sedang berharap.”William Arthur Ward

Butuh perjuangan keras untuk mencapai masa depan. Seperti yang telah disebutkan oleh William Arthur Ward dalam kata motivasi belajar, kamu harus berbeda dengan mereka. Jika ingin lebih sukses, belajarlah yang rajin bahkan di malam hari saat semua orang sedang tidur terlelap. Kamu juga harus rela tersita sebagian waktu bermainmu, untuk mempersiapkan meraih masa depan untuk belajar ataupun mengerjakan tugas.

“Belajar dengann giat untuk kebaikan yang begitu dalam, dan demi otak kita yang dangkal.” – Richards Baxte

Seperti kata motivasi belajar yang telah dinyatakan oleh Richards Baxte, tujuan belajar ada dua, yaitu untuk diri sendiri dan untuk berbuat baik kepada orang lain. Jelaslah betapa mulia manfaat ilmu pengetahuan yang bisa kita rasakan.

“Bagi pelajar, waktu adalah ilmu” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Manfaatkan setiap waktu sebaik-baiknya. Jangan sampai lewatkan waktumu untuk tidak belajar. Setiap hari, kamu harus memiliki jadwal waktu belajar. Bahkan, di sela-sela waktu senggangmu, gunakanlah untuk belajar.

“Belajarlah hal-hal kecil setiap hari, tapi rutin terjadi setiap hari. Lakukan peningkatan kecil setiap hari, hal tersebut akan berarti sangat banyak beberapa tahun yang akan datang” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Belajar yang efektif dilakukan setiap hari meskipun sedikit demi sedikit. Dari jumlah yang sedikit ini, lama kelamaan akan menjadi banyak jika dilakukan secara konsisten setiap harinya.

“Tujuan pendidikan bukan hanya pengetahuannya, akan tetapi juga tingkah laku dan perbuatanya.” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Orang berpendidikan akan tercermin dari tingkah laku dan perbuatan. Kebanyakan orang yang berhasil dalam menuntut ilmu akan memiliki sopan santun dan tingkah laku yang baik selain memiliki ilmu pengetahuan yang sangat luas.

Pedang akan berkarat apabila tidak diasah, manusia yang tidak belajar akan tertinggal.” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Tentu saja manusia perlu terus belajar agar tidak tertinggal dengan jaman. Apalagi pelakar yang wajib belajar, ibu-ibu atau bapak-bapak yang sudah berumur pun perlu terus belajar agar bisa mengikuti perkembangan jaman.

“Ilmu adalah investasi berharga untuk masa depan.” – kutipan kata bijak motivasi belajar

Masa depan cemerlang bisa dicapai dengan menuntun ilmu dengan rajin. Selagi masih ada kesempatan, gunakan waktumu untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Demikianlah beberapa kumpulan kata kata bijak agar dapat memotivasi untuk lebih giat belajar dari bebeberapa tokoh terkenal. Dengan memperhatikan kata-kata tersebut, diharapkan kamu bisa memiliki perasaan pantang menyerah dan terus semangat belajar untuk kehidupan yang lebih baik.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Motivasi Belajar Terbaik Agar Lebih Semangat Mencari Ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *