Merubah Pola Pikir Negatif Menjadi Positif

By | August 5, 2016

positif

 

Jika kita memiliki pola pikir yang negatif, tentu akan sangat menghambat kita untuk bisa maju menjadi lebih baik. Kita akan menjadi pribadi yang takut menghadapi segala sesuatunya, karena dalam pikiran kita sudah tertanam kalimat yang negatif. Akhirnya kita hanya diam ditempat dan menjadi pasif karena tidak berani mengambil langkah untuk bergerak. Untuk itu kita perlu merubah pola pikir negatif kita menjadi hal yang positif. Pola pikir positif adalah kunci bagi kehidupan yang penuh dengan kesuksesan, dipenuhi dengan berbagai hal positif.

Seringkali kita menganggap, sesuatu yang buruk atau suatu hal yang merugikan yang terjadi dalam hidup kita sebagai suatu kesialan. Namun sebetulnya, keadaan yang buruk dan merugikan tersebut bisa jadi akibat pola pikir negatif kita. Jika kita sudah berpikir negatif, tentu hasilnya akan berubah seperti yang kita pikirkan itu. Oleh karena itu, penting bagi kita menanamkan pemikiran yang positif, agar hidup kita lebih semangat dan bisa meraih kebahagiaan.

Berikut ini adalah tips merubah pola pikir negatif menjadi positif yang bisa kita lakukan:

Hidup Di Saat Ini

Kita harus menyadari bahwa kita hidup di saat ini dan untuk masa depan. Terkadang kita terkurung dalam kehidupan dan kenangan masa lalu yang membuat kita cemas dan takut dalam mengambil keputusan. Masa lalu cukup dijadikan pelajaran saja, tapi kehidupan kita saat ini harus lebih kita perhatikan.

Katakan Hal Positif

Mengatakan hal positif berisi semangat seperti, “Saya mampu”, “Saya bisa” dan lain sebagainya, akan menanamkan pemikiran positif dalam pikiran kita. Hal ini akan berkaitan dengan kemampuan kita melakukan pekerjaan, menghadapi masalah atau mengambil keputusan yang sulit. Dengan menanamkan pemikiran positif tersebut, kemampuan kerja kita pasti akan lebih baik dan kita akan lebih percaya diri.

Bijak dalam mengatasi masalah

Jadilah pribadi yang lebih bijak dalam mengatasi sebuah masalah. Jangan terpancing emosi dan menyalahkan orang lain. Emosi akan membawa pikiran negatif ke otak kita dan tentunya hal ini bisa sangat merugikan. Lebih baik kita tenangkan dulu hati kita dari rasa marah, dan mulailah mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah. Jika kita tenang dalam menghadapi masalah, kita akan bisa mengontrol pola pikir kita menjadi lebih baik. Hal ini juga akan membawa dampak positif bagi orang – orang disekitar kita.

Introspeksi Diri

Jika kita selalu mempunyai pola pikir yang negatif, cobalah menelusuri apa sebetulnya yang mendasari kita berpikir seperti itu. Apakah kita orang yang gampang merasa cemas dan kuatir terhadap sesuatu hal, sehingga memunculkan pemikiran negatif di otak kita? Jika iya, mulailah belajar mengendalikan rasa cemas dan kuatir dalam diri Anda dengan memikirkan hal yang positif.

Ubah Cara Pandang

Ketika kita mengalami suatu kegagalan dalam hidup, janganlah berputus asa. Rasa putus asa juga dapat mendatangkan pemikiran yang negatif dalam otak kita. Ada baiknya kita mengubah cara pandang kita terhadap kegagalan yang kita alami sebagai suatu kesuksesan yang tertunda. Atau kita harus berpikir bahwa tantangan yang kita hadapi saat ini merupakan suatu keuntungan, dan suatu keuntungan pasti mempunyai tantangannya sendiri.

Itulah cara merubah pola pikir negatif menjadi pola pikir positif. Mari rubah pola berpikir kita menjadi pola pikir yang positif dan menularkannya ke orang-orang di sekitar kita.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *