Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

By | August 22, 2016

Manfaat-Lidah-Buaya

 

Sudah seharusnya kita bersyukur karena Tuhan sudah memberikan banyak sekali tumbuhan dan tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dari buah yang bermanfaat dan mengandung vitamin sampai pada daun, batang dan akar tanaman yang juga bermanfaat jika diolah secara tepat. Selain menjaga kesehatan, tanaman tertentu juga bisa menjaga dan memelihara kecantikan tubuh kita.

Salah satu tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga dan memelihara kecantikan adalah tanaman lidah buaya. Indonesia yang beriklim tropis menjadi tempat yang ideal bagi tumbuhnya tanaman lidah buaya ini. Kandungan mineral dan zat aktif dari lidah buaya dipercaya bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut, bahkan sudah dari jaman nenek moyang kita memanfaatkan tanaman ini.

Berikut manfaat lidah buaya bagi kecantikan kulit dan rambut yang bisa Anda peroleh dari pemakaian secara teratur;

Meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan rambut

Kita pasti sudah mengenal manfaat lidah buaya yang satu ini. Banyak perusahaan kosmetika yang memakai lidah buaya dalam kandungan shampo atau conditioner yang diproduksinya. Dan ternyata penggunaan lidah buaya untuk kesuburan dan pertumbuhan rambut ini sudah dilakukan sejak jaman Mesir kuno. Dalam lidah buaya terdapat enzim Proteolitik yang bermanfaat mengurangi sel kulit mati di kulit kepala yang menyebabkan folikel rambut sulit tumbuh dan kesulitan mendapatkan nutrisi. Selain itu kandungan Alkali dalam lidah buaya membantu mengatur PH rambut sehingga mencegah kerontokan dan mampu menyuburkan rambut, serta menjaga kelembaban pada kulit kepala.

Cara mengolah lidah buaya untuk kesuburan dan pertumbuhan rambut adalah dengan mengambil daging pada lidah buaya. Bersihkan kulit yang menempel sehingga hanya tersisa bagian daging yang berlendir. Oleskan langsung pada kulit kepala secara merata, tunggu sekitar 30 menit kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali seminggu agar manfaatnya bisa terlihat.

Menjaga kelembaban kulit tubuh

Selain bermanfaat bagi kesuburan dan pertumbuhan rambut, lidah buaya ternyata bisa digunakan untuk menjaga kelembaban kulit tubuh kita. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya produk kosmetik pelembab kulit yang menggunakan kandungan lidah buaya. Di dalam lidah  buaya terdapat kandungan enzim yang mempu mengurangi sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam dan kering. Untuk mendapatkan kulit tubuh yang terjaga kelembabannya, cukup oleskan daging lidah buaya secara rutin 2 atau 3 hari sekali.

Mengurangi dan mengobati jerawat

Untuk kulit wajah yang berjerawaat, lidah buaya memiliki khasiat untuk menyembuhkannya. Lidah buaya mengandung enzim anti inflamasi yang bermanfaat mengurangi peradangan dalam jerawat. Selain enzim anti inflamasi, lidah  buaya juga mengandung senyawa analgesik yang berkhasiat mengurangi nyeri pada jerawat. Anda akan merasakan efek dingin yang menenangkan saat mengoleskan lidah buaya ini pada kulit wajah yang berjerawat. Apalagi bila Anda memasukkannya terlebih dahulu kedalam lemari pendingin, lidah buaya ini juga bisa mengompres jerawat Anda yang sedang meradang. Ditambah lagi manfaat lidah buaya sebagai anti bakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *