Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

By | August 27, 2016

Kulit-Manggis

 

Buah manggis memang terkenal memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia. Buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia ini dikenal dengan nama latin Garcinia Mangostana dan disebut sebagai ratu buah karena mahkota yang ada pada buah ini. Buah ini dikenal kaya akan vitamin C, B kompleks, Xamthone yang berguna sebagai anti-inflamasi dan anti alergi serta buah ini rendah kalori. Namun siapa yang menyangka bahwa kulit manggis pun memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan.

Kulit manggis memang sudah terbukti secara klinis memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya sel-sel kanker. Manfaat kulit manggis ternyata juga dapat diaplikasikan untuk kecantikan antara lain:

  • Untuk menghaluskan kulit wajah
  • Mencerahkan Kulit wajah yang kusam
  • Memutihkan kulit
  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan tanda-tanda penuaan dini
  • Menghancurkan lemak dalam tubuh

Secara garis besar ada dua macam cara untuk memanfaatkan kulit manggis ini untuk kecantikan, yaitu dengan melakukan perawatan dari dalam dan perawatan dari luar. Cukup dengan satu bahan alami ini saja, yaitu kulit buah manggis.

Perawatan dari Dalam

Untuk perawatan dari dalam ini, mengkonsumsi jus kulit manggis secara rutin setiap malam sebelum tidur selama satu bulan akan membuat kulit lebih halus dan cerah berseri. Permasalahan kulit lainnya seperti jerawat dan penuaan dini pun dapat dieliminir dengan rajin mengkonsumsi jus kulit manggis ini. Cara membuat jus ini pun tergolong mudah. Cukup menyiapkan bagian dalam kulit buah manggis dari 1 buah manggis, bersihkan kemudian dipotong-potong dan diblender dengan ½ gelas air sampai halus. Minum jus kulit manggis ini dan dalam jangka waktu tertentu (sat bulan) Anda akan dapat melihat khasiatnya. Namun Anda perlu berhati-hati dan jangan terlalu banyak minum jus ini karena dapat bersifat racun jika salah pengolahan dan terlalu banyak diminum. Apabila Anda tidak suka dengan cara ini, Anda bisa mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang bisa dibeli di apotik-apotik di sekitar Anda.

Perawatan dari luar

Secara umum perawatan dari luar ini adalah dengan memanfaatkan kulit manggis ini sebagai masker wajah. Anda bisa membuat masker kulit manggis ini dengan cara yang hampir sama dengan membuat jus tadi. Ambil kulit manggis dari 2 buah manggis, bersihkan dan potong-potong. Campurkan potongan-potongan kulit manggis dengan ½ gelas air kemudian diblender sampai halus. Diamkan selam kurang lebih 3 jam sampai muncul endapan dari ekstrak kulit manggis. Buang airnya dan pakai ekstrak kulit manggis tadi sebagai masker wajah. Gunakan masker wajah dari kulit manggis ini pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya bilas wajah Anda dengan air hangat. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah manfaat kulit manggis untuk kecantikan. Mulai saat ini jangan buang kulit manggis saat Anda memakan manggis, karena kulit manggis ini juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *