Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

By | August 22, 2016

jamu

 

Rajin mengkonsumsi jamu tradisional setiap hari pasti lebih aman daripada obat – obatan yang mengandung bahan kimia. Jamu tradisional menggunakan bahan – bahan alami dan diolah secara tradisional, tanpa bahan pengawet yang berbahaya sehingga dijamin lebih aman. Bahkan kita pun bisa membuat sendiri ramuan tradisional ini untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kita. Jamu tradisional yang paling mudah dibuat sendiri dirumah salah satunya adalah kunyit asam.

Jamu kunyit asam ini memiliki banyak manfaat baik bagi wanita maupun pria. Hal ini karena kandungan kunyit yang merupakan salah satu rempah alami Indonesia yang mengandung banyak manfaat antara lain:

  • Didalam kunyit terkandung bahan mineral seperti Zat besi, magnesium, Natrium, Kalium, alumunium, kobalt dan bismuth. Juga terdapat senyawa Zat Dammar, Glukosa, fruktosa dan zat aktif dari senyawa arabinusa
  • Kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit dan mata
  • Kunyit mengandung minyak Atsiri yang baik untuk kesehatan. Minyak Atsiri memiliki kandungan Fenilpropana turmeron, betaturmenon, aril kurmen, Zingberin dan kurlon kurkumol sebagai anti peradangan, anti virus dan lain – lain
  • Kunyit mengandung juga senyawa Heptanoid antara lain dihidro kurkumin, Curcumin, bisdesmetok  sirkukumin

Banyaknya kandungan mineral dan senyawa yang bermanfaat dalam kunyit membuat jamu kunyit asam ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat yang kita dapat dari mengkonsumsi jamu kunyit asam:

Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi jamu kunyit asam secara rutin ternyata bisa menurunkan berat badan secara alami. Hal ini karena banyaknya nutrisi dan mineral dalam kunyit yang mampu menekan rasa lapar sehingga kita tidak ingin mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

Membuang racun dalam tubuh

Jamu kunyit asam juga bermanfaat untuk membuang racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun ini bisa didapat dari obat – obatan yang dikonsumsi ataupun makanan yang sifatnya merugikan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi jamu kunyit asam, racun ini akan dibuang melalui kotoran.

Menyembuhkan Radang

Jika kita sedang menderita radang tenggorokan atau panas dalam, minumlah jamu kunyit asam ini sehari dua kali. Jamu kunyit asam ini bisa menyembuhkan radang tenggorokan karena kandungan anti radang yang terdapat di dalam kunyit.

Melancarkan siklus haid

Untuk remaja putri, perlu meminum jamu kunyit asam ini agar siklus haidnya lancar. Disamping bisa melancarkan siklus haid, jamu kunyit asam ini bisa juga mengurangi rasa nyeri haid dan menyegarkan badan.

Memelihara Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C serta kandungan lain di dalam kunyit mampu memelihara kesehatan kulit kita agar lebih bersih bercahaya. Untuk remaja yang memiliki masalah kulit berjerawat, konsumsilah jamu kunyit asam ini secara teratur agar jerawat menghilang dan kulit Anda bersih berseri.

Menghilangkan bau badan

Kandungan minyak Atsiri dalam kunyit mampu menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Selain bisa mengontrol produksi keringat berlebih dalam tubuh, kunyit juga membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Sebagai obat awet muda

Rahasia kecantikan alami putri keraton jaman dulu adalah rajin mengkonsumsi jamu, termasuk jamu kunyit asam ini. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita juga rajin meminumnya, agar kita juga mendapat manfaat kulit yang awet muda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *