Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kecantikan Alami

By | August 27, 2016

jamu

 

Setelah kita membahas manfaaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan, sekarang kita akan membahas tentang manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kecantikan Alami.

Jamu beras kencur dan kunyit asam memang banyak kita jumpai di penjual jamu gendong baik di kota kecil maupun kota besar seperti Jakarta. Penjual jamu gendong tradisional tersebut biasanya membuat sendiri ramuan jamunya. Sebenarnya kita pun bisa membuat sendiri ramuan jamu ini karena caranya yang cukup mudah dan bahan bakunya yang gampang kita temukan disekitar kita. Selain kita bisa menggunakan bahan baku yang segar dan berkualitas bagus, kita pun bisa mengatur rasa manisnya sesuai selera kita.

Berikut cara membuat Jamu Beras Kencur Untuk Kecantikan alami,

Bahan – bahan :

  1. 200 gram Beras Putih
  2. Kencur Sebesar jari orang dewasa 6 ruas
  3. Jahe 2 ruas
  4. 2 sendok makan Asam Jawa
  5. Kunyit 2 ruas (sebesar jari orang dewasa)
  6. 240 gram Gula merah atau gula aren
  7. Gula pasir secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. 2 lembar daun pandan
  10. 2 buah jeruk nipis diambil sarinya
  11. Air Matang

Cara membuatnya :

  1. Rendam beras putih dengan air bersih selama 3 jam
  2. Rebus 6 gelas air dengan api sedang
  3. Masukan semua bahan ke dalam air (Gula Aren, kencur, kunyit, asam jawa, dan jahe) aduk-aduk sampai mendidih, kemudian saring airnya dan sisihkan ampas rebusan
  4. Tumbuk ampas rebusan beserta beras yang sudah direndam hingga halus
  5. Siram tumbukan tadi dengan air rebusan kemudian tambahkan dengan perasan air jeruk nipis, garam secukupnya dan gula sesuai selera. Jamu Beras kencur siap untuk dinikmati

Khasiat Jamu beras kencur untuk kecantikan adalah :

  • Mengatasi jerawat pada wajah. Dengan mengkonsumsi jamu beras kencur, kemunculan jerawat dapat teratasi dan wajah kita akan tampil lebih segar dan cerah. Oleh sebab itu jamu ini sangat disarankan untuk diminum oleh para remaja putri.
  • Selain diminum, Beras Kencur juga dapat dipakai sebagai masker wajah yang berguna untuk mengempeskan jerawat dan menghilangkan noda-noda jerawat apabila rutin dipakai tiap hari. Selain itu masker beras kencur dapat berguna untuk memutihkan wajah dan mengencangkan kulit.
  • Membentuk pinggang yang lebih ramping. Mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membentuk pinggang menjadi lebih ramping dan singset. Tentu saja tetap diimbangi dengan pola makan yang benar dan berolah raga secara teratur.
  • Meningkatkan stamina dan menjaga daya tahan tubuh. Kecantikan tidak akan ada artinya jika kita sakit-sakitan dan memiliki badan yang lemah. Tampil cantik tentu identik juga dengan tampil sehat dan prima dalam menjalankan rutinitas.

Itulah sederet manfaat jamu beras kencur untuk kecantikan alami. Selain itu jamu beras kencur juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit maag, sariawan dan Migren/pusing sebelah.

Demikianlah manfaat mengenai jamur kencur untuk kecantikan secara alami, semoga dapat bermanfaat bagi Anda..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *