Manfaat Buah Sawo Untuk Kecantikan dan Kesehatan

By | August 28, 2016

manfaat-buah-sawo

 

Buah sawo adalah buah asli dar Indonesia. Kepopulerannya saat ini telah pudar dengan hadirnya buah-buahan impor seperti lychee, pir, apel dan kiwi. Seringkali buah ini dianggap sebagai buah kampung yang tidak berkelas, sehingga keberadaannya pun sekarang sudah mulai langka. Namun demikian ternyata sawo mimiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Dalam masyarakat keraton terutama di tanah jawa, kehadiran pohon sawo memang sudah sangat akrab. Pohon yang biasanya ditanam di depan rumah ini memang sengaja ditanam untuk dikonsumsi buahnya, selain kayu pohon ini sering digunakan sebagai tiang rumah orang-orang Jawa jaman dahulu. Masyarakat Jawa, terutama kaum bangsawannya telah mengenal manfaat buah sawo ini untuk kesehatan dan kecantikan secara alami. Berikut manfaatnya.

Memiliki Kadar Gula Baik

Buah sawo ternyata memiliki kadar gula yang lebih banyak, lebih banyak dari tebu. Kadar gula pada buah sawo juga lebih aman dibanding gula pasir yang dihasilkan tebu. Hal ini tentu berkaitan dengan kecantikan. Selain gula pasir yang kurang baik untuk kesehatan terutama dalam kesehatan gigi dan yang berkaitan dengan berat badan. Apabila Anda sedang dalam program diet, Anda dapat megganti asupan gula Anda dengan mengkonsumsi sawo. Selain itu buah sawo memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk menjadi alternatif makanan pengganti dalam menu diet Anda.

Memperlancar Pembuluh Darah

Buah sawo dikenal juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dalam pembuluh darah. Hal ini berlaku juga pada pembuluh darah yang ada pada wajah. Dengan lancarnya aliran darah pada pembuluh darah maka proses regenerasi kulit mati akan terjadi.

Kalsium Tinggi

Buah sawo memiliki kandungan kaslium yang tinggi yang baik untuk tulang kita. Percuma kita memiliki wajah cantik tetapi tulang kita yang memiliki fungsi menyangga tubuh kita tidak sehat.

Memperhalus Kulit

Kandungan vitamin C, A dan E yang banyak pada buah sawo bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Selain dikonsumsi langsung, buah sawo juga dapat diaplikasikan sebagai masker dan scrub untuk kulit wajah. Rupanya hal ini sudah menjadi resep turun temurun untuk wanita-wanita keraton tanah Jawa untuk memiliki kulit yang halus mulus. Caranya juga mudah, halusakan 1 – 2 buah sawo yang sudah matang dan kenakan pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan masker sawo ini secara rutin seminggu sekali agar maksimal. Selain itu irisan sawo juga dapat digunakan sebagai masker atau kompres mata untuk menghilangkan kantong hitam pada mata.

Sumber Antioksidan

Buah sawo memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain itu sawo juga memiliki manfaat untuk mendinginkan kulit.

Parfum Alami

Mengkonsumsi buah sawo matang bagi orang keraton ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan bau badan. Selain itu keringat yang keluar dari tubuh juga tidak berbau lagi saat kita rutin mengkonsumsi buah sawo ini.

Inilah deretan manfaat buah sawo untuk kecantikan alami. Selain rasanya yang manis, manfaat buah sawo ini ternyata sangat banyak untuk menunjang kesehatan dan tentu saja kecantikan.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *