Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

By | August 3, 2016

buah-delima

 

Buah delima umumnya ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Delima (Punica granatum L.) merupakan jenis tanaman buah buahan yang termasuk di dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000 m dpl. Buah ini sekarang  sudah dikategorikan buah langka. Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan buahnya. Namun taukah Anda akan manfaat buah delima ini untuk kesehatan?

Buah Delima memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat serta berkhasiat bagi kesehatan. Kandungan utamanya antara lain alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, elligatanin, isoquercitrin, resin, triterpenoid, ursolic acid, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima. Bagi Anda yang senang meminum jus buah delima, dalam segelas jus buah delima ini mengandung asam sitrat, asam malat, fruktosa, glukosa, maltose serta vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin.

Berikut ini Manfaat dari buah delima :

Manfaaat Buah Delima sebagai Pencegah Kanker

Kandungan vitamin C, vitamin A, Zat besi, dan antioksidan yang tinggi pada buah delima sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Seperti diketahui bahwa, radikal bebas adalah penyebab kanker.

Manfaaat Buah Delima sebagai Pencegah Sakit Jantung

Kandungan zat Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat atau LDL, serta dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.

Manfaaat Buah Delima sebagai untuk Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah delima dengan ukuran sedang mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian. vitamin C sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi makan buah delima setiap hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda .

Manfaaat Buah Delima untuk Menyehatkan Kulit

Vitamin C juga berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit agar tetap sehat. Minyak dari buah Delima berasal dari biji delima, yang dapat diterapkan pada tubuh. Zat anti oksidan akan melindungi kulit dari polusi,  serta mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel yang sudah mati serta mengatasi kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.

Manfaaat Buah Delima untuk Mengatasi Tekanan darah tinggi

Buah delima yang diolah dengan dijus, jika Anda minum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi sampai 5 %. Ini juga merupakan cara terbaik dan sekaligus dapat mempertahankan kesehatan seluruh tubuh.

Manfaaat Buah Delima untuk Mengatasi Sariawan

Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan air yang sudah disaring untuk berkumur, lalu telan. Lakukan hal ini sampai 2 atau 3 kali sehari, sampai sembuh.

Manfaaat Buah Delima untuk Merawat kulit

Buah delima ternyata kaya sekali akan zat kolagen. Kolagen merupakan komponen atau zat dasar pada kulit yang menjaga kulit agar tetap halus dan lembut. Tak hanya kaya akan kolagen, senyawa yang terdapat pada buah delima juga dapat membantu pertumbuhan sel fibroplats. Fibroplats adalah sel-sel yang memiliki tugas untuk memproduksi elastin dan serat yang memiliki kegunaan dalam mempertahankan kulit agar tetap halus dan kencang. Buah delima juga bisa merangsang proses poliferasi keratinosit. Proses poliferasi keratinosit merupakan proses pembentukan sel terluar dari kulit.

Itulah berbagai khasiat serta manfaat buah delima untuk kesehatan kita. Buah ini sekarang juga menjadi buah favorit di luar negeri, terutama di Eropa dan Amerika karena manfaat dari buah langka ini.

Semoga tips manfaat serta khasiat buah delima di atas dapat menambah wawasan Anda dalam memilih menu sehat bagi keluarga..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *