Manfaat Berpuasa Untuk Kecantikan Alami

By | August 27, 2016

cantik-alami

 

Selain menahan lapar dan haus, berpuasa ternyata juga bermanfaat untuk menambah kecantikan secara alami. Hal ini karena kemampuan tubuh untuk meregenerasi sel tubuhnya meningkat pada saat kita berpuasa. Dengan cepatnya regenerasi sel tubuh, kulit – kulit mati juga semakin cepat terganti sehingga kulit kita menjadi halus dan bercahaya.

Lebih lengkapnya, berikut ini akan kami ulas manfaat berpuasa untuk mendapatkan kecantikan alami.

Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Berpuasa meningkatkan metabolisme tubuh kita dalam meregenerasi sel tubuh termasuk sel kulit kita, dan juga membuang racun yang ada dalam tubuh kita secara bertahap. Racun yang menumpuk dalam tubuh kita dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Apalagi jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak baik seperti fast food atau makanan cepat saji yang tidak banyak mengandung gizi. Dengan terbuangnya zat racun ini dapat dipastikan akan membuat tubuh kita sehat dan kulit kitapun semakin berseri.

Menghilangkan Jerawat

Masih ada kaitannya dengan detoksifikasi tubuh, dengan terbuangnya racun saat berpuasa, jerawat yang ada di wajah kita juga akan menghilang. Proses ini akan berlangsung bila kita rutin menjalani puasa. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat, buah – buahan dan air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat berpuasa yang satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh setiap orang. Pada saat berpuasa dan tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan, berat badan kita akan turun karena tubuh kita membakar cadangan makanan yang berada di lemak tubuh. Dengan terbakarnya lemak tubuh, berat badan kita pun akan semakin berkurang. Lemak yang menumpuk pada bagian perut, lengan dan paha akan mengalami pembakaran dan efeknya tubuh kita pasti akan terlihat lebih ramping.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan yang kita makan. Bila makanan yang kita makan tidak seimbang gizinya, seperti banyak mengkonsumsi lemak, gorengan yang berminyak, santan, atau jeroan, kadar kolesterol jahat akan semakin  banyak di dalam tubuh kita. Dengan berkurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, berkurang juga kadar kolesterol jahat yang bisa terbentuk. Kita memberi kesempatan tubuh kita memproduksi HDL atau kolesterol baik sehingga tubuh kita semakin sehat. Jika tubuh kita semakin sehat, pasti akan tercermin dari wajah kita yang berseri – seri.

Mengobati Diabetes

Berpuasa juga bisa bermanfaat untuk mengobati diabetes secara alami. Menurut beberapa penelitian, berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Hal ini karena kita membatasi asupan gula dari makanan yang masuk ke tubuh kita. Tapi agar tubuh kita tidak lemas, kita perlu mengkonsumsi makanan bergizi dan tinggi serat pada saat sahur dan berbuka.

Menyehatkan Jantung

Manfaat berpuasa yang satu ini juga sudah dilakukan penelitiannya oleh beberapa ahli. Menurut penelitian, orang yang menjalani puasa secara rutin berisiko terkena penyakit jantung 58% lebih rendah dari pada mereka yang tidak berpuasa. Hal ini erat kaitannya dengan menurunnya kadar kolesterol jahat dalam darah.

Ternyata dengan menjalani puasa secara rutin sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita. Dengan memiliki tubuh yang sehat pasti akan tercermin dalam wajah kita yang berseri – seri dan aura kecantikan kita pasti akan terlihat lebih bersinar.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *