Kumpulan Kata Bijak Motivasi Bisnis Bill Gates

By | August 27, 2016

Kata-Bijak-BillGates

 

Menjadi pebisnis sukses ialah impian semua orang. Ketika memulai suatu usaha, tak jarang banyak orang yang mengalami kegagalan. Ada yang mampu bertahan dan ada juga yang putus asa di tengah jalan. Kegagalan yang bertubi-tubi membuat banyak pebisnis tergoncang jiwa dan pikirannya. Ya, tentu saja kegagalan merugikan banyak uang dan tenaga.

Ketika mengalami kegagalan, janganlah putus asa. Kamu bisa mengambil inspirasi dari kata bijak motivasi bisnis dari pebisnis terkenal. Salah satunya yaitu Bill Gates.

Bill Gates merupakan salah seorang Tokoh terkenal yang bisa memotivasi kita dalam menjalankan bisnis. Dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia karena bisnisnya yang berhasil terutama di bidang teknologi perangkat lunak di bawah naungan Microsoft. Dia memiliki semangat yang tinggi dalam menjalankan bisnisnya. Uniknya, dia pernah drop put dari kampus. Namun, dia mampu membuktikan pada dunia bahwa dia bisa menjadi pengusaha kaya raya karena kegigihannya.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata motivasi usaha yang di dalamnya tersirat nasehat dan kebijakan yang dikemukakan oleh Bill Gates :

Kata kata bijak BILL GATES

Jangan hina dirimu dengan membandingkan dengan semua orang

Jangan membanding-bandingkan dirimu dengan semua orang di dunia ini. Jika kau melakukannya, itu sama saja dengan menghina dirimu sendiri.” – Bill Gates

Kamu ya kamu. Jangan pernah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Jika kamu melakukannya, itu sama saja kamu menghina dirimu sendiri. Fokuslah pada dirimu sendiri. Boleh-boleh saja kamu menjadikan orang lain sebagai inspirasi, namun jangan bandingkan dirimu dengn orang lain.

Pintar bukan jaminan menjadi sukses

Aku gagal dalam beberapa mata pelajaran di ujian, tapi temanku berhasil mengerjakan semuanya. Sekarang dia adalah insinyur di Microsoft, dan aku adalah pemilik Microsoft.”  – Bill Gates

Jika semasa di bangku sekolah kamu termasuk anak yang tak cerdas, jangan merasa rendah diri. Buktinya, ada seorang pengusaha sukses yang memiliki Microsoft padahal dia pernah gagal ketika mengikuti ujian salah satu mata pelajaran di sekolah. Hebatnya, dia mampu memperkerjakan temannya yang cerdas.

Semangat dan pantang menyerah memudahkan segalanya

Aku mempelajari apapun tapi tidak pernah mendapatkan peringkat teratas. Tapi hari ini, orang yang mendapatkan peringkat paling atas dari universitas terbaik adalah karyawanku” – Bill Gates

Bill Gates memiliki motivasi bisnis yang luar biasa. Dia mengatakan bahwa semasa di sekolah, dia belajar semuanya namun tidak mendapatkan peringkat pertama. Ternyata, orang sukses tak harus dia yang selalu juara kelas. Tapi, dia yang selalu semangat dan pantang menyerah. Bill Gates saat ini mampu mempekerjakan orang yang selalu mendapatkan ranking 1.

Jangan berpikir jika kamu tak akan pernah gagal

Sukses adalah guru yang buruk. Itu hanya membuat orang pintar menjadi berpikir bahwa mereka tidak akan pernah gagal.” – Bill Gates

Dibandingkan dengan kegagalan, kesuksesan merupakan guru yang buruk. Sebab, ketika mendapatkan kesuksesan, biasanya orang akan berpikir untuk tidak akan gagal. Padahal, pebisnis sangat dekat dengan kegagalan. Kegagalan justru merupakan  guru yang mulia. Dari sini, kamu bisa belajar mengenai kesalahanmu.

Bersahabat dengan kehidupan

Hidup memang tak adil, jadi biasakanlah”.– Bill Gates

Bill Gates memberikan kata bijak motivasi bisnis mengenai kehidupan yang tidak adil. Setelah tahu ketidakadilan ini, biasakan dengan keadaan yang kamu alami sehingga kamu akan terbiasa. Berusahalah sekuat mungkin sehingga bisa mengatasi hidup yang tak adil bagimu berubah menjadi kehidupan yang membahagiakan.

Terlahir di keluarga miskin bukan alasan kamu tak bisa kaya

Jika kau terlahir miskin, itu bukan salahmu. Tapi, jika kamu mati dalam keadaan miskin, itu adalah kesalahanmu. “ – Bill Gates

Bagi kamu yang berasal dari keluarga tak mampu, kamu tak boleh menyalahkan takdir. Takdir miskin atau kaya bisa dirubah. Pernah mendengar istilah roda kehidupan berputar? Ya, berputar maksudnya yang berada di atas (kaya) suatu saat bisa berada di bawah (miskin). Begitupun sebaliknya, orang miskin bisa menjadi kaya asalkan dia mau merubah nasibnya dengan bekerja keras dan pantang menyerah.

Kerja keras dan kerja cerdas sangat diperlukan untuk bisa menjadi seorang yang sukses. Jika kamu memilih menjadi karyawan dan kerja ikut orang, kesempatan kaya raya lebih kecil dibandingkan nekat membuka usaha sendiri. Bekerja menjadi bawahan orang akan mendapatkan gaji yang monoton. Berbeda jika kita bekerja pada diri sendiri.

Ketika keuntungan besar, semua itu bisa dinikmati sendiri. Namun, jangan hanya berpikir enaknya saja. Butuh perjuangan dan usaha keras untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses karena kegagalan demi kegagalan akan kamu hadapi. Kamu perlu memiliki mental yang kuat sehingga bisa mengatasi segala permasalahan.

Pilih usaha yang kamu sukai

Lakukan apa yang kamu suka dan jadikan itu sebagai pekerjaanmu”. – Bill Gates

Ketika ingin membuka suatu usaha, kamu bisa memilih jenis yang kamu sukai. Misalnya kamu bisa menjadikan hobimu sebagai pekerjaan. Misalnya, jika kamu suka dunia fotografer, kamu bisa membuka jasa studio foto. Tentu saja, melakukan pekerjaan yang kamu sukai akan terasa lebih ringan karena kamu melakukannya dengan menikmatinya. Berbeda ketika kamu melakukan suatu pekerjaan yang tidak kamu sukai. Rasanya, pekerjaan itu memberatkanmu dan waktu terasa begitu lama sebab kamu jenuh dengan pekerjaan yang kamu lakukan. Jenis usaha yang kemu sukai akan memiliki kesempatan sukses lebih besar.

Orang sukses akan diakui oleh dunia

Jika kau punya banyak uang, hanya kau yang lupa siapa dirimu. Tapi jika kamu tidak punya uang sama sekali, dunia yang akan melupakanmu. Itulah kehidupan”. – Bill Gates

Sudah menjadi rahasia umum jika orang yang tiak memiliki apa-apa akan diremehkan banyak orang. Berbeda dengan orang kaya, di manapun dia berada, dia akan selalu disegani dan dihargai oleh banyak orang. Kenyataan ini seharusnya menjadi dorongan bagi dirimu untuk berusaha menjadi pebisnis yang sukses dan kaya raya sehingga dunia akan mengakui keberadaanmu.

Melalui harapan, mimpi akan menjadi kenyataan

“Harapan adalah kenyataan yang paling nyata. Jika kau percaya, harapan itu akan menjadi nyata”. – Bill Gates

Jika kamu mempercayai sebuah harapan, kamu akan mampu menjadikannya menjadi sebuah kenyataan. Harapan menjadi penyemangat dalam dirimu. Apapun akan kamu lakukan untuk bisa mewujudkan harapan itu menjadi nyata. Jadi, milikilah harapan yang kuat agar bisa meraih mimpi yang kamu harapkan.

Demikianlah beberapa kumpulan kata bijak motivasi bisnis yang berasal dari Bill Gates. Semoga bermanfaat ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *