Kebiasaan Buruk Yang Memicu Penuaan Dini

By | August 27, 2016

8 kebiasaan buruk

 

Munculnya keriput pada wajah sebenarnya adalah proses alami yang akan dialami semua orang. Seiring bertambahnya usia seseorang, proses penuaan pada kulit akan terjadi. Namun saat ini proses penuaan yang terjadi lebih cepat dari yang seharusnya banyak terjadi pada orang-orang muda. Banyak hal yang menjadi pemicunya baik internal maupun eksternal. Faktor eksternal seperti polusi dan sengatan matahari langsung dapat mempercepat proses penuaan dini ini. Sedangkan faktor internal terjadi karena kebiasaan buruk dari yang dilakukan seseorang itu sendiri sehingga penampilan pun menjadi tidak cantik lagi.

Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang dapat memicu penuaan dini pada seseorang terutama pada wanita:

Merokok

Banyak orang yang merokok akan mengalami penuaan dini. Hal yang terlihat jelas adalah munculnya keriput di seputar mata. Munculnya keriput ini karena perokok lebih sering mengernyitkan mata saat asap rokok yang dihisap mendekati mata. Disamping itu racun yang ada pada rokok mengandung zat radikal bebas yang mampu menghambat regenerasi sel-sel tubuh, sehingga proses penuaan dini akan terjadi.

Kurang Tidur

Wanita berkarir itu sudah biasa, namun kualitas istirahat yang kurang karena pekerjaan itu harus dihindari. Kurangnya waktu beristirahat akan membuat penampilan orang tidak segar dan membuat kulit tampak kusam. Bahkan lingkaran mata akan berubah menjadi hitam dalam waktu singkat. Saat kita tidur tubuh kita akan memperbaiki sel-sel kulit.

Tidur Tanpa Menghapus Make Up

Mengenakan make up seharian penuh merupakan tuntutan wanita moderen. Namun apabila tidak dibersihkan, terutama saat mau tidur malam, tentu akan menimbulkan masalah bagi kulit. Kotoran seperti debu dan polusi yang menempel di kulit akan menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat dan peradangan kulit.

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa merusak kulit Anda. Alkohol memiliki sifat diuretik atau membuat kita sering buang air kecil. Hal ini membuat tubuh dehidrasi, sehingga kulit menjadi kering dan kusam.

Pola Makan Yang Buruk

Pola makan akan mempengaruhi kondisi kulit karena asupan gizi yang baik akan mencegah penuaan dini. Makanan yang dapat memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan (roti dan pasta) dan makanan yang banyak mengandung gula. Kedua jenis makanan ini akan merusak kolagen pada kulit kita. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, termasuk kentang goreng, kue-kue manis, daging berlemak dan makanan cepat saji sebaiknya juga dibatasi.

Posisi Tidur

Keriput dapat muncul akibat tekanan bantal pada kulit wajah yang terjadi terus menerus. Lebih baik tidur dengan posisi terlentang dengan wajah menghadap ke depan.

Berganti-Ganti Merek Kosmetik

Sering berganti-ganti merek kosmetik juga akan memicu terjadinya penuaan dini. Kelembaban kulit yang rusak menyebabkan munculnya keriput bahkan jerawat. Hal ini harus dihindari. Lebih baik Anda mengenakan satu merek kosmetik yang cocok dengan kulit Anda dan jangan berganti-ganti merek.

Itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin masih Anda lakukan saat ini tanpa Anda sadari. Mulai saat ini, mulai hindari hal-hal tersebut di atas agar tidak terjadi penuaan dini.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *