Kata Kata Bijak yang Menginspirasi dalam Menjalin Persahabatan

By | August 27, 2016

kata kata bijak persahabatan

 

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata bijak tentang persahabatan yang mungkin dapat menginspirasi kamu dalam menjalin kehidupan sosial di sekitar kamu. Dalam hidup ini, manusia tak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Inilah yang menyebabkan manusia disebut sebagai makhluk sosial. Sahabat, ialah orang yang selalu bisa membuatmu tenang dalam segala situasi yang datang padamu.

Bahkan, diibaratkan jika sahabat itu seperti lilin yang bisa membantu menerangi ketika datang gelap. Dengan seorang sahabat, kamu bisa saling berbagi kesulitan atau kesenangan serta terkadang bersama sahabat kamu bisa mengajak mereka menyusuri lika-liku kehidupan ini.

Yuk, kita ikuti kumpulan kalimat bijak tentang persahabatan yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi :

 

Kata Kata Bijak Tentang Persahabatan

 

Tentang orang asing

Seorang teman ada dibalik wajah-wajah yang asing” – Maya Angelou

Sahabat baik bisa kamu temukan dari sekumpulan orang asing. Ya, pada awalnya kamu tak mengenal mereka. Saat dirimu terbuka untuk semua hal baru, kamu bisa menemukan mereka dengan mulai mengenalnya.

Seiring berjalannya waktu, kamu akan mengenal mereka yang dulunya adalah orang asing. Inilah kata bijak persahabatan yang sangat baik.

Buah persahabatan

Kutipan kata kata bijak persahabatan dari Aristoteles yaitu

Menjadi seorang teman adalah pekerjaan mudah, tapi persahabatan adalah buah yang lama berbuah”.

Kamu harus bisa membedakan antara teman dengan sahabat. Keduanya memiliki perbedaan karakter. Ribuan teman bisa kamu dapatkan dengan mudah, namun tak banyak orang yang bisa menjadi sahabat. Tentunya, proses untuk menjadi sahabat tidak terjadi dengan cepat. Kamu butuh melewati proses pengenalan yang lumayan lama sehingga bisa mengenal kepribadian masing-masing. Setelah lama mengenal, kamu akan mengetahui bagaimana sifatnya, begitupun dia akan tahu bagaimana sifatmu. Dari situlah, kamu bisa membuat keputusan apakah dia layak jadi sahabatmu atau tidak.

Sahabatmu, panutanmu

Warren Buffet memiliki kata bijak tentang persahabatan yaitu,

Berkawanlah dengan orang-orang yang lebih baik darimu. Pilihlah sahabat-sahabat yang memiliki kepribadian lebih baik darimu, maka Anda akan mencoba melakukan hal yang sama”.

Sungguh indah memiliki sahabat yang tepat. Tak hanya sekedar berbagi cerita, tapi kamu bisa saling mempengaruhi untuk berbuat lebih baik. Sebaiknya, kamu mencari sahabat yang selalu memberikan contoh perilaku baik padamu.

Kamu bisa menjadikan sahabatmu sebagai inspirasi untuk terus maju tumbuh dan berkembang. Bisa maju dan sukses bersama dengan sahabat merupakan hal terindah dalam hidup. Ini akan mempengaruhi kesuksesanmu karena seorang sahabat yang baik akan selalu memberikan support untuk terus semangat dalam mengejar masa depan yang cerah.

Tahu bagaimana menjadi sahabat

Ralph Waldo mengungkapkan kata kata bijak tentang persahabatan yang menarik, yaitu

Satu-satunya jalan untuk mempunyai sahabat adalah menjadi seorang sahabat”.

Seorang sahabat yang baik tak harus memiliki harta melimpah atau banyak pengetahuan. Yang dibutuhkan ialah rasa tulus untuk mau memberi. Jika ingin mendapatkan seorang sahabat yang baik, kamu harus membuat dirimu menjadi sahabat yang baik terlebih dahulu.

Misalnya, jika sahabatmu merasa sendirian, jadilah pendengar yang baik dengan mendengarkan semua apa yang dirasakan. Dengan cara ini, dia akan merasa senang memiliki sahabat seperti dirimu. Ketulusan sangat dibutuhkan dalam persahabatan. Tanpa adanya ketulusan, mustahil tercipta persahabatan yang baik. Sudah siapkah menjadi sahabat yang baik? Ketika dirimu sudah memposisikan sebagai sahabat yang baik, maka kamu akan mendapatkan seorang sahabat yang baik juga.

Persahabatan merupakan tanggungjawab yang manis

Pasti kamu tahu Khalil Gibran. Ya, beliau adalah orang yang terkenal memiliki berbagai kata motivasi hebat. Salah satu kalimat bijak persahabatan dari beliau yaitu

Persahabatan bukanlah sebuah kesempatan, tapi merupakan tanggungjawab yang manis”.

Jangan pernah menganggap bahwa persahabatan merupakan suatu kesempatan. Justru, persahabatan merupakan tanggungjawab bagimu. Berusahalah untuk selalu ada dengan menjaga dan menopang sahabatmu, sebisa dan semampumu. Bagaimanapun situasinya, selalu beri dukungan untuknya. Kata motivasi persahabatan dari Khalil Gibran ini sangat menginspirasi untuk menjadi seorang sahabat yang baik.

Sahabat sejati

Ada kata bijak persahabatan yang luar biasa dari Oscar Wilde. Dia mengatakan

Sahabat sesungguhnya menusukmu dari depan”.

Tahukah kamu maksud perkataan atau kata motivasi tersebut? Pasti pernah mendengar istilah menusuk dari belakang. Ya, menggunjing di belakang bukanlah sikap seorang sahabat. Justru, seorang sahabat akan berani menegurmu saat kamu berbuat kesalahan. Dia tak akan peduli jika kamu marah karena perkataannya. Yang dia pikirkan ialah semua itu dilakukan untuk kebaikanmu. Dia tidak akan berpura-pura mendukung semua apa yang kamu lakukan.

Ketika ada tindakanmu yang keliru, dia akan mengatakan bahwa kamu salah. Dia juga tidak akan segan mengatakan bahwa tidak setuju dengan apa yang kamu lakukan. Namun, dia akan setuju dengan tindakanmu jika memang kamu benar. Tak peduli jika banyak orang yang menentang tindakan benarmu, sahabatmu akan tetap memberikan dukungan.

Tentang rasa percaya

Ernest Hemingway memiliki kata bijak persahabatan yang layak dijadikan inspirasi. Isinya yaitu

Hal yang paling baik untuk mengetahui bahwa Anda bisa mempercayai orang adalah mencoba mempercayai mereka”.

Selain ketulusan, persahabatan tidak akan muncul tanpa adanya kepercayaan. Jika kamu dan sahabatmu sudah saling percaya dan yakin, persahabatan baru bisa terjalin. Berbeda jika salah satu dari keduanya masih  memiliki keraguan untuk bisa percaya, persahabatan tak akan mungkin terjalin. Kamu harus tahu bahwa persahabatan yang kuat ialah persahabatan yang memiliki rasa percaya yang kuat.

Cobalah untuk percaya kepada orang lain. Tanpa mencoba, kamu tak akan tahu bagaimana rasanya mempercayai orang lain. Yakinkan diri bahwa kamu bisa mempercayai orang tersebut. Ketika rasa saling percaya bisa terwujud, akan ada perasaan lega dan bahagia yang muncul. Mempercayahi dan dipercaya merupakan inti dari persahabatan. Hubungan timbale balik ini sangat penting dalam persahabatan yang dijalin.

Terhadap sahabatnya

Ada kutipan kata bijak persahabatan datang dari Henry David.

Hal yang bisa selalu aku lakukan untuk sahabatku adalah  menjadi sahabatnya”.

Kamu bisa menjadikan kata motivasi ini sebagai inspirasi sebagai seorang sahabat yang baik.

Lewati berbagai tawa dan duka bersama sahabatmu. Ketika kamu bisa menangis dan tertawa bersama, itulah tAnda bahwa kalian menjadi dua sahabat yang baik. Usaplah air mata sahabatmu ketika dia sedang bersedih.

Sahabat yang sesungguhnya

Dikutip dari kata kata bijak persahabatan yang sangat menginspirasi yaitu

Banyak orang ingin pergi denganmu dalam sebuah limo, tapi yang kau inginkan adalah seseorang yang mau pergi dengan bis ketika limo Anda rusak”.

Sahabat sejati tidak hanya mau menemanimu saat kamu sedang dalam kebahagiaan. Namun, ketika kamu sedang kesusahan, bahkan sedang berada di bawah, dia akan selalu ada untukmu. Tentunya menemukan teman di saat dirimu sedang sukses jauh lebih mudah. Namun, akan sedikit orang yang bersedia menyembuhkan luka ketika kamu jatuh. Inilah inti dari kutipan kata bijak yang berasal dari Oprah Winfrey.

Dalam situasi apapun, sahabat akan selalu ada. Dalam keadaan senang, sedih, gundah, kecewa ataupun takut akan dihadapi bersama. Tak akan ada perasaan iri kepada seorang sahabat. Ketika sahabatmu sukses, kamu akan ikut merasa senang dan bangga terhadapnya. Begitupun sebaliknya.

Sahabat dan kegelapan

Berjalan dengan seorang sahabat di kegelapan lebih baik daripada berjalan sendirian dalam terang”.

Kata kata bijak persahabatan ini datang dari Hellen Keller. Hidup ini penuh tantangan. Selalu saja ada permasalahan yang harus dihadapi. Kamu bisa melewati kerasnya hidup ini bersama dukungan sahabatmu sehingga langkahmu lebih ringan. Ketika kamu mengalami masalah, sahabat akan memberikan dukungan lewat kata-kata penyemangat. Kamu sangat membutuhkan itu sebagai support karena ibarat lampu penerang di saat gelap.

Tak jarang jalan keluar akan diberikan oleh sahabatmu. Ia akan membawamu menuju kehidupan yang lebih baik. Bahkan, banyak orang bilang bahwa lebih baik terjatuh bersama-sama dengan sahabat, daripada sukses sendirian. Inilah yang disebut sebagai loyalitas persahabatan.

Tentang sahabat setia

Kata-kata itu mudah dibuat, seperti angin. Sahabat yang setia sulit untuk ditemukan”. – William Shakespeare

Tak mudah menemukan seorang sahabat setia. Sahabat yang akan menemanimu di saat senang maupun susah. Sahabat baik tak akan peduli di mana posisimu, karena dia akan selalu mendukungmu.

Apabila saat ini kamu sudah memiliki seorang sahabat yang baik, jangan sia-siakan. Jaga dan pertahankan. Tuhan mengirimkan orang-orang baik sebagai sahabatmu. Kamu dan sahabatmu bisa saling tolong menolong ketika sedang mengalami kesulitan. Hal ini akan membuat kehidupan jauh lebih mudah dilalui.

Mendapatkan sahabat dengan cinta

Cinta adalah satu-satunya kekuatan yang mampu merubah seorang musuh menjadi seorang sahabat” .

Kutipan kata kata bijak persahabatan ini dari Marin Luther King, Jr. Memang benar apa yang dikatakannya, seseorang yang tadinya saling membenci, dengan hadirnya cinta di antara mereka maka akan terjalin persahabatan. Musuhmu bisa saja jadi sahabatmu. Itu bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Kebencian perlahan akan memudar dan berganti dengan perasaan cinta untuk sahabat terbaik.

Bertahan karena persahabatan

“Persahabatan itu tidak perlu, seperti filsafat, seperti seni… tidak memiliki nilai kelangsungan hidup; melainkan itu adalah satu dari beberapa hal untuk kelangsungan hidup”. – C.S Lewis

Persahabatan tidak perlu, seperti filsafat, seperti seni, seperti alam semesta
itu sendiri. Tidak memiliki kelangsungan hidup, melainkan merupakan salah satu hal
yang memberikan nilai untuk kelangsungan hidup.

Makna persahabatan sangat indah. Sahabat-sahabat baik yang selalu ada untukmu akan membuat hidup ini lebih indah. Dengan adanya saling peduli, saling tolong menolong dan saling tolong menolong membuat hidup ini lebih mudah. Banyak sebuah persahabatan yang bertahan sampai seumur hidup. Ketika mereka sudah memiliki keluarga masing-masing, persahabatan masih bisa terjalin dengan baik.

Arti Sahabat

Simak kata kata bijak persahabatan dari Dalai Lama yaitu

Sahabat lama pergi, sahabat baru berdatangan. Sama seperti hari-hari biasanya. Hari yang lama pergi, hari yang baru datang. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana membuatnya berarti. Seorang sahabat yang berarti- atau sebuah hari yang berarti”.

Tak peduli dengan siapa kamu bertahan, jadikan dia sebagai sahabat terbaikmu yang selalu membuat hari tenang dan hangat. Lalui hari-hari penuh dengan kebahagiaan bersamanya. Jadikan setiap waktu memiliki makna yang berarti untuk kalian.

Ingatlah bahwa tidak ada jaminan jika kalian bisa terus bersama. Semua itu rahasia Tuhan. Tugasmu adalah memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Tahu dunia berawal dari persahabatan

Kutipan kalimat bijak persahatan dari Anais Nin,

Seorang teman mewakili dunia ini untuk kita, dunia tidak akan lahir sampai mereka muncul. Dan hanya dengan pertemuan itu, dunia itu lahir”.

Kamu akan bisa mengetahui arti hidup ini yang sebenarnya dari seorang sahabat. Merasakan rasanya dicintai sampai akhirnya ada sahabat yang mencintai dirimu.

Kesedihan juga akan terasa indah ketika ada seorang sahabat yang menghapus air matamu. Itulah mengapa dikatakan bahwa melalui sahabat baik kamu akan mengerti arti dunia sesungguhnya.

Sahabat mencintai dalam segala situasi

“Seorang sahabat adalah seseorang yang mengetahui tentang dirimu dan tetap mencintaimu”. – Ellen Hubbard

Tak akan pernah seorang sahabat melihat bagaimana penampilan dan keburukan masa lalu sahabatnya. Saling mengerti, ketulusan, dan saling percaya ialah yang dibutuhkan dalam menjalin sebuah persahabatan.

Setiap orang pasti memiliki masa lalu. Jangan jadikan masa lalu sahabatmu untuk menilai bahwa dia bukan sahabat yang baik. Ingatlah bahwa manusia bisa berubah menjadi lebih baik. Kamu harus memberikan kesempatan kepada sahabatmu. Orang yang buruh di masa lalu, bisa berubah menjadi sahabat yang baik.

Dukungan sahabat

Tidak ada seorang sahabatpun yang menginginkan Anda diam dan menghambat Anda untuk berkembang”.  – Alice Walker

Sahabat yang baik akan selalu memberikan dukungan dan inspirasi bagi kamu untuk terus berkembang. Sahabat tak akan pernah memiliki niat untuk menjatuhkanmu. Dia akan selalu memberikan dukungan sepahit apapun keadaanmu saat ini. Yang diharapkan, kamu bangkit dari keadaanmu untuk terus berjuang menggapai mimpi yang kamu miliki.

Aku pergi kepada sahabatku

“Beberapa orang pergi ke pemuka agama, yang lain melampiaskan dengan puisi, tapi aku pergi kepada sahabatku”. – Virginia Woolf

Ketika kesedihan datang padamu, kamu pasti pernah melakukan sama seperti apa yang tertulis pada kata bijak persahabatan tersebut. Ya, datang kepada sahabatmu dengan segala permasalahan yang kau bawa. Bercerita kepadanya akan mengurangi beban yang kamu rasakan. Sahabat, dialah yang mampu menenangkan hatimu saat perasaan campur aduk.

Jika kamu tersesat, sahabat akan menuntunmu kembali ke jalan yang lurus. Itulah keuntungan mendapatkan sahabat yang baik.

Persahabatan itu takdir

Tidak ada persahabatan yang merupakan sebuah kecelakaan”. – O. Henry

Persahabatan yang terjalin antara kamu dengan sahabatmu merupakan takdir. Tuhan mengirimkan seseorang yang akan selalu menemani hari-harimu baik dalam keadaan suka maupun duka. Oleh karenanya, bersyukurlah kepada Tuhan karena tak ada sesuatu hal terjadi tanpa disengaja. Semua sudah diatur menurut rencanaNya.

Jagalah selalu sahabat yang dikirim oleh Tuhan untukmu. Persahabatan yang terjalin merupakan suatu tanggungjawab yang harus dijaga dengan baik. Lakukan apa yang menjadi tugasmu sebagai sahabat yang baik. Sahabatmu juga akan melakukan hal yang sama untukmu.

Persahabatan itu obat sakit hati

Jane Austen,

Persahabatan pada dasarnya merupakan obat penyembuh paling mujarab dari pedihnya dikecewakan cinta”.

Memang benar yang terdapat pada tulisan kata bijak persahabatan ini. Jika terluka karena cinta, kamu bisa menyembuhkannya dengan datang pada sahabatmu. Dia akan mengajakmu tertawa dan menikmati hidup yang indah ini. Semua rasa sakit, kecewa, sedih bisa kamu curahkan pada sahabatmu. Dia akan mendengarkan keluh kesah dan memberikan semangat padamu untuk tetap bisa tegar. Obat luka hati ialah sahabat terbaikmu.

Sahabat dalam masalah

Sahabat menunjukkan cintanya di saat ada masalah, bukan saat yang bahagia”. – Euriprides

Memang benar yang disebutkan pada kata bijak persahabatan ini. Sahabat yang baik akan selalu ada di saat dirimu ada dalam masalah. Mereka tidak akan meninggalkanmu dan mengatasi masalah sendirian. Meskipun hanya di belakangmu, dukungannya cukup membuatmu menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih mudah.

Sahabat tidak selalu setuju

Aku tidak perlu seorang teman yang berubah waktu aktu berubah dan setuju ketika aku setuju. Bayanganku melakukan hal itu lebih baik”. – Plutarch

Sesungguhnya, sahabat sejati bukanlah bayangan. Bukan bayangan yang akan mengikuti ke manapun kamu pergi. Jika sahabatmu berbuat kesalahan, kamu harus berani mengutarakan ketidaksetujuanmu.

Kamu juga harus menjadi dirimu sendiri. Meskipun kamu bersahabat baik dengannya, bukan berarti kamu harus meniru karakter yang dimiliki oleh sahabatmu. Perbedaan yang ada akan menjadikan persahabatan terasa manis.

Semoga kumpulan kata kata bijak motivasi persahabatan ini bisa menginspirasi untuk terus menjalin persahabatan dengan baik. Bersyukurlah atas seorang sahabat baik yang telah Tuhan kirimkan untukmu.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *