Kata Kata Bijak Jack Ma untuk Memotivasi Usaha

By | August 27, 2016

Kata-Bijak-JackMa

 

Siapa tidak kenal Jack Ma? Jack Ma ialah pengusaha sukses yang memiliki perusahaan Ali Baba dari Tiongkok. Dia memiliki kisah yang menarik untuk dijadikan sebagai inspirasi. Jack Ma bukanlah orang pintar. Bahkan, dia pernah mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah selesai sekolah. Karena kegigihan dan pantang menyerah, akhirnya dia mampu mencapai posisinya saat ini.

Inilah beberapa kata kata bijak motivasi bisnis yang berasa dari Jack Ma :

Tentang Pantang Menyerah

“Hari ini kejam. Besok lebih kejam lagi. Tapi esok lusa, hari akan indah. Kebanyakan orangh mati saat ‘besok petang’, dan tak mendapat kesempatan melihat matahari terbit”. – Jack Ma

Memang benar bahwa tanpa perjuangan, hidup ini akan terasa sulit dan berat untuk dilalui. Bahkan, ketika menjadi orang yang tak punya, menjalani hari-hari akan terasa sangat berat. Berbeda jika menjadi orang kaya dan sukses, kemudahan mencari materi akan menjadikan kita melalui hari-hari menjadi lebih indah. Bahkan, kita bisa membahagiakan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Jack Ma berusaha keras merubah hidupnya yang susah payah. Dia bertekad menjadi pebisnis. Bisnisnya dilakukan dengan usaha keras dan pantang menyerah. Akhirnya, dia mampu menjadi penguasah sukses perusaah Alibaba dan dinobatkan sebagai orang paling kaya di Tiongkok. Luar biasa.

Kamu pun memiliki kesempatan yang sama dengan Jack Ma selama kamu mau. Kamu masih memiliki kesempatan dengan tidak mudah putus asa. Apabila kamu merasa kecil, jangan gunakan otot dan kekuatanmu, tapi gunakan otakmu.

Tentang Teamwork

“Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita”.- Jack Ma

Dalam bisnis, kita perlu melakukan kerjasama dengan orang lain. Ketika sudah menjadi tim yang solid, satu orang dari tim bisa mengalahkan banyak pesaing bisnis. Jadi, jalinlah relasi dengan orang-orang yang kamu anggap mampu. Rekrutlah orang-orang pintar menjadi karyawanmu sehingga kamu memiliki para pekerja yang hebat.

Tentang ketekunan

“Kita akan berhasil karena kita masih muda dan kita tidak akan, tidak akan pernah menyerah.”- Jack Ma

Selagi masih muda, gunakan waktumu dengan sebaik-baiknya. Kamu memiliki banyak kesempatan untuk meraih kesuksesan. Segera lakukan keinginanmu menjadi pebisnis muda. Jangan pernah menyerah ketika menghadapi banyak permasalahan yang menghadang. Kamu akan mendapatkan kesuksesanmu suatu hari dengan semangat juangmu.

Tentang bekerja keras

Jika kita pergi bekerja pukul delapan pagi dan pulang pukul lima sore, kita bukan perusahaan teknologi, dan Alibaba tidak akan pernah sukses. Jika kita memiliki semangat 8-5 itu, kita sebaiknya melakukan hal yang lain.”- Jack Ma

Ketika ingin menjadi pengusaha yang sukses, dibutuhkan suatu kerja keras dan semangat juang yang tinggi. Jangan hanya puas menjadi bawahan orang lain. Meskipun kamu di posisi yang bagus, tetap saja kamu menjadi bawahan orang lain. Kamu yang kerja keras, orang lain yang menikmati  hasilnya. Ayo, beranikan diri untuk mencoba melakukan hal yang lain. Misalnya dengan berani membuka usaha sendiri. Sekecil apapun usahamu, kamu akan menjadi atasan di tempat usahamu berdiri.

Tentang kompetisi

Kamu wajib belajar menjadi kompetitormu, tapi jangan pernah menjiplak. Jika kamu menjiplak, kamu akan ‘mati’”.- Jack Ma

Memulai bisnis tak akan pernah jauh dari para kompetitor atau pesaing. Cobalah amati para pesaingmu. Lakukan analisis tentang apa yang mereka lakukan untuk mempromosikan produk mereka, tentang kualitas produk mereka, dan lain sebagainya. Namun, satu hal yang perlu diingat, jangan meniru apa yang sudah dilakukan oleh pesaingmu. Lakukan sebuah inovasi baru yang berbeda dengan apa yang telah ada. Ini akan membuat usahamu berkembang lebih maju.

Demikianlah beberapa kata kata bijak motivasi bisnis yang berasal dari pengusaha sukses di bidang bisnis online, Jack Ma. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk memotivasi Anda untuk segera memulai usaha..

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *