Kata Bijak dan Motivasi Hidup Agar Lebih Semangat

By | August 20, 2016

motivasi-sukses

 

Kinerja bisa optimal dan beban otak serasa lebih ringan ketika kita memiliki kondisi mental dan kejiwaan dalam keadaan yang stabil dan prima. Segala permasalahan yang membuatmu kecewa harus segera disingkirkan agar lebih semangat dalam menjalani hari-hari.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata bijak untuk motivasi hidup yang bisa dijadikan penyemangat. Lupakan rasa sedih dan kecewa yang ada, raihlah bahagia untuk masa depan yang cemerlang.

Persiapan untuk hari yang akan datang

Tokoh terkenal Aesop mengatakan secara bijak

Persiapkan hari ini untuk keinginan hari esok”.

Kamu perlu melakukan persiapan matang ketika ingin meraih sesuatu. Misalnya, jika ingin kaya, kamu harus bekerja untuk mendapatkan uang. Jangan pernah menunda segala sesuatu. Pesiapkan saat ini juga agar apa yang kamu inginkan segera terwujud.

Untuk meraih kebahagiaan kamu perlu berjuang dan membuang jauh-jauh segala pikiran negative. Kata motivasi hidup ini bisa menjadi teman baikmu untuk terus bersemangat dalam meraih kesuksesan.

Bersenang-senanglah dalam pekerjaan kamu

Kata kata bijak Aristoteles,

“Kesenangan dalam sebuah pekerjaan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai.

Hidup memang butuh perjuangan. Betapa getirnya perjuangan hidup yang dijalani harus kamu lakukan dengan senyuman. Jika kamu kerja di tempat yang memiliki bos galak, tak usah kamu pedulikan hal itu. Jangan ambil pusing perkataan negatif orang tentang kamu karena tak ada gunanya. Lebih baik mendengarkan kritikan dan saran yang bisa membuat dirimu lebih baik dari sekarang. Daripada memikirkan perkataan buruk orang, lebih baik fokus dan bersenang-senanglah dengan pekerjaan yang kamu miliki saat ini.

Kamu harus fokus pada tujuan

Muhammad Ali mengungkapkan kalimat bijak,

Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku”.

Tujuan hidup sangatlah penting. Jangan hidup tanpa tujuan karena kamu tidak akan bersemangat dalam menjalani kehidupan ini. Jika kamu memiliki tujuan ingin menjadi orang sukses, lakukan setiap pekerjaanmu dengan perasaan bahagia. Niatkan dalam hati dan jangan lupa berdoa agar apa yang kamu inginkan tercapai dan berjalan dengan lancar. Tujuan hidup membuat hidupmu lebih terarah sehingga bisa lebih cepat menggapai mimpi besar.

Buatlah hari-harimu bermakna

Sai Baba memberikan nasehat bijak sebagai berkut,

Anda harus melalui hari ini dengan irama. Biarkan seluruh kehidupanmu berirama seperti lagu

Jangan lewatkan setiap hari dengan sia-sia. Berusahalah untuk membuat makna indah dalam hari-hari yang kamu jalankan. Dibaratkan bahwa kehidupan seperti alunan musik yang terus berdendang. Kamu hanya perlu memainkan iramanya saja.

Tak masalah entah nada mayor atau minor. Kehidupan sedih ataupun bahagia selalu memiliki makna.

Janganlah berkata “mungkin”

Abdurrahman Wahid berkata secara bijak,

Saya tidak berbicara dengan kata mungkin”.

Jangan pernah ragu dalam menjalani hidup ini. Perkataan “mungkin” hanya akan membuatmu ragu. Katakan dalam hari “saya bisa” karena ini akan menjadi kekuatan besar sehingga kamu sesuatu yang berat dan sulit sekalipun bisa dilalui dengan mudah karena kenyakinan tersebut. Sementara, keraguan hanya akan membuat dirimu lebih sulit dalam menjalani kehidupan.

Lakukan dan bekerjalah dengan tulus

Kalimat bijak dari Chanakya,

“Sekali Anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan tinggalkan itu. Orang-orang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia

Jangan takut gagal karena itu hal yang sudah biasa terjadi dalam hidup ini. Yang harus kamu lakukan dalam menghadapi kegagalan yaitu ambil hikmah dari kegagalan tersebut sehingga suatu saat nanti kamu bisa menghindari kegagalan itu terulang kembali.

Saat kamu gagal meraih sesuatu, bersyukurlah karena Tuhan Yang Maha Esa memberikan pelajaran bagaimana cara ikhlas dan tulus. Apapun pekerjaanmu, lakukanlah dengan perasaan tulus karena itu akan membawamu dalam kebahagiaan. Lalu, pekerjaan yang dilakukan dengan bahagia akan terasa mudah dilalui.

Jadi, jangan hanya berpikir mengenai nikmat dan pujian dalam bekerja sebab bekerja untuk kebahagiaan. Kamu bisa menjadikan kata motivasi hidup ini sebagai landasanmu agar terus tetap semangat dan tulus dalam bekerja.

Kesempatan muncul dalam tantangan

Joseph Campbell berkata secara bijak,

Kesempatan untuk menemukan kekuatan yang lebih baik dalam diri kita muncul ketika hidup terlihat sangat menantang”.

Jika kamu menginginkan kesempatan yang luar biasa dalam hidup, jangan berputus asa ketika ada tantangan. Ada berbagai tantangan dalam hidup ini seperti ketika kamu berada dalam posisi terhimpit. Janganlah berputus asa karena pasti ada cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang datang. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan petunjuk bagaimana menyelesaikan segala permasalahan hidupmu. Teruslah berusaha mencari jalan keluar dengan membuka mata sambil terus mencari.

Berubah menjadi sempurna

Winston Churchil berkata bijak,

“Meningkatkan pada dasarnya merubah. Menjadi sempurna adalah perubahan yang dilakukan berulang”.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna, teruslah melakukan perubahan. Pada dasarnya, kesempurnaan ialah perubahan yang dilakukan secara berulang-ulang. Jika kamu tidak melakukan perubahan, kamu tak akan pernah mencapai kesempurnaan.

Jadi, ketika menginginkan kesempurnaan, kamulah yang bisa meraihnya. Semua itu tergantung pada tindakanmu. Tanpa tindakan, tak mungkin kesempurnaan diwujudkan dengan nyata.

Orang sukses selalu belajar dan mencoba

Dale Carnegie mengatakan secara bijak,

Orang sukses akan mengambil keuntungan dari kesalahan dan mencoba lagi dengan cara berbeda”.

Kata motivasi hidup ini sangat menarik sehingga bisa dijadikan sebagai inspirai penyemangat dalam menjalani kehidupan. Jangan mudah putus asa ketika mengalami kegagalan. Jadikan kegagalan sebagai cara untukmu terus belajar lebih baik lagi dari sebelumnya. Jangan lakukan tindakan yang sudah kamu lakukan. Coba lakukan cara yang berbeda dari sebelumnya sehingga kamu tidak akan gagal lagi. Bila masih gagal, cari cara yang berbeda lagi sampai kamu mampu menembus kesuksesan.

Jangan membuat segala sesuatu menjadi rumit

Confucius mengatakan secara bijak,

Hidup itu sederhana, tapi kita yang membuat hidup menjadi rumit”.

Pada dasarnya, hidup ini simpel. Tersenyum menikmati hidup dan terus bersyukur atas apapun yang telah kamu dapatkan. Itulah yang dinamakan  hidup. Banyak manusia mengubah hidup menjadi rumit dan kompleks karena sibuk mengejar materi duniawi yang berlebihan. Ketika sudah mendapatkan uang banyak, rasa belum puas terus menghampiri. Ketika sudah mampu membeli sepeda motor, muncul keinginan membeli mobil. Ketika sudah bisa membeli mobil, masih ingin membeli mobil dengan model terbaru. Ya, itulah contoh kasus manusia membuat hidup ini semakin rumit.

Jika kamu ingin hidup bahagia, jangan hubungkan kebahagiaan dengan materi dunia. Memiliki keluarga yang harmonis, tubuh sehat, bisa berkumpul dengan orang-orang yang disayangi,  hidup di sekeliling orang-orang berhati mulia, merupakan nikmat yang harus disyukuri. Tanpa rasa syukur, kamu tak akan bisa hidup dengan bahagia karena sifat manusia yang tak puas dengan suatu barang akan membuatmu menjadi tamak.

Jadikan kata motivas hidup ini sebagai pelajaran untukmu, karena sebenarnya hidup itu sederhana.

Carilah kesuksesan lainnya

Walt Disney mengungkapkan nasehat bijak motivasi hidup. Ia mengatakan,

“Aku tidak suka mengulangi kesuksesan yang ada, aku lebih suka untuk mencari hal lain”.

Untuk menjadi orang sukses yang semakin sukses, kamu harus terus melakukan perubahan. Ketika kamu sudah mendapatkan kesuksesan jangan lantas berpangku tangan. Ingatlah bahwa kesuksesan yang kamu raih merupakan awal perubahan. Kamu harus tetap terus berinovasi sehingga bisa mempertahankan keberhasilan yang sudah pernah kamu dapatkan.

Meraih kesuksesan lebih mudah dibandingkan mempertahankan kesuksesan yang sudah kamu dapatkan. Teruslah berusaha melakukan yang terbaik dan jangan pernah lengah dengan kilau kesuksesan yang sudah kamu genggam.

Harga diri adalah awal kekuatan yang sesungguhnya

Clint Eastwood mengatakan dengan bijak,

Hargailah usahamu, hargailah dirimu. Harga diri memunculkan disiplin diri. Ketika Anda memiliki keduanya, itulah kekuatan sesungguhnya”.

Kamu perlu memiliki harga diri yang tinggi. Sebagai contohnya, jangan biarkan harga dirimu turun karena terlambat datang ke kantor. Ketika kamu memiliki harga diri yang tinggi, secara otomatis kamu akan melakukan segala sesuatu dengan baik. Kamu juga tidak akan melakukan tindakan-tindakan yang bersimpangan dengan peraturan di mana kamu bekerja. Dengan disiplin, kamu berusaha menghargai diri sendiri.

Jangan Menunggu

Kata bijak W.B. Yeats, yaitu

Jangan menunggu setrika panas baru Anda menyetrika. Tapi, buatlah setrika itu panas dengan menyetrika”.

Janganlah bersikap menunggu kesempatan datang untuk bergerak maju. Yang benar, kamu harus bergerak melakukan yang terbaik, seolah-olah kamu akan menjadi seseorang yang hebat esok hari. Kesempatan memang datangnya tak terduga. Namun, jika kamu hanya mengandalkan untuk menunggu kesempatan emas itu datang, kamu akan kehilangan separuh umurmu dengan penantian tersebut. Jadikan kata motivasi hidup ini agar lebih memotivasi dirimu untuk selalu bergerak maju demi hasil yang lebih sempurna.

Temukan caranya

Thomas A. Edison berkata bijak,

“Ada sebuah cara untuk melakukan lebih baik- temukanlah!”.

Pada dasarnya, keberhasilan dan kegagalan merupakan hal yang sama jika dilihat pada satu sisi. Entah berhasil atau gagal, kamu perlu melakukan tindakan untuk maju dan bergerak lebih tinggi. Ketika berhasil, kamu harus mencari cara agar bisa mempertahankan kesuksesanmu dan meningkatkan tingkatan level kesuksesan.

Kemudian, jika kamu gagal, kamu harus mencari cara agar bisa lebih baik lagi sehingga tidak mengulangi kegagalan itu. Bangkit dan temukan cara jitu agar bisa berhasil.

Pengalaman, sumber pengetahuan

Seperti kata bijak motivasi hidup yang dikemukakan oleh Albert Einstein,

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman”.

Memang benar jika pengalaman merupakan guru yang sangat berharga. Dari pengalaman, kamu bisa belajar mengenai cara yang tepat agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Jadi, ketika kamu gagal menggunakan cara pertama, kamu tidak akan menggunakan lagi cara tersebut pada kesempatan yang lainnya.

Pengalaman manis maupun pahit akan menjadi pelajaran berharga dalam hidup yang bisa kamu gunakan sebagai guru berharga untuk bisa lebih baik lagi.

Waktu tidak menunggu Anda

Benjamin Franklin mengatakan secara bijak,

Anda mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunggu”.

Jangan sia-siakan waktumu hanya untuk menunggu. Ingatlah bahwa waktu akan terus bergerak maju sehingga kamu pun harus selalu bertindak maju. Banyak orang sukses berusaha untuk melakukan setiap perubahan saat itu juga. Mereka tidak pernah menunda sebuah pekerjaan sampai esok hari.

Ingatlah bahwa kesempatan yang datang hari ini tidak akan terulang kembali. Kata motivasi hidup dari Benjamin ini sangat menginspiratif untuk kita semua agar tidak menunggu hingga memakan separuh umur yang kita miliki.

Reputasi berawal dari apa yang kamu lakukan

Henry Ford mengatakan nasehat bijak yaitu,

Anda tidak akan bisa membangun sebuah reputasi dari apa yang akan Anda lakukan”.

Jika kamu baru berencana melakukan suatu pekerjaan, itu tidak akan mampu membawamu menuju kesuksesan secara nyata. Bahkan, orang tidak akan terkagum kepadamu hanya karena sebuah rencana besar karena hal ini semacam omong kosong yang belum ada buktinya.

Ketika kamu sudah melakukannya dan mimpi yang kamu harapkan menjadi kenyataan, barulah orang akan kagum dan mengakui atas kehebatanmu meraih kesuksesan. Bahkan, banyak orang akan terinspirasi oleh apa yang kamu lakukan. Saat itulah, kamu memiliki reputasi yang luar biasa.

Apapun yang terjadi, jangan pernah mundur

Mahatma Gandhi, seorang tokoh terkenal juga memiliki kata bijak motivasi hidup untukmu. Dia berkata,

Pertama, mereka mengabaikan Anda. Kemudian, mereka tertawa pada Anda. Berikutnya, mereka melawan Anda. Lalu, Anda menang”.

Hadapi hidup ini dengan pantang menyerah sehingga apapun yang terjadi jangan pernah mundur. Jika kamu memiliki rencana besar, pasti akan banyak halangan besar menimpamu. Tantangan ini harus kamu taklukan untuk membuat mimpimu menjadi kenyataan. Jika kamu memutuskan untuk mundur, artinya kamu kalah dan gagal.

Sifat pemenang akan selalu maju dan berjuang sekuat tenaga. Dia tidak akan memilih mundur sebelum bertanding walaupun dia tahu bahwa lawannya bukan lawan sembarangan yang akan sulit dikalahkan.

Kepercayaan menentukan sebuah fakta

Kata kata bijak motivasi hidup yang sangat menarik datang dari William James, yaitu

Percaya bahwa hidup itu pantas dijalani dan kepercayaan anda akan membantu anda membuat kenyataan hidup Anda”.

Dalam motivasi hidup ini, William James menyebutkan bahwa betapa pentingnya arti kepercayaan. Melalui kepercayaan, kamu bisa memiliki kekuatan besar untuk selalu maju meraih mimpimu. Sebesar apapun hambatannya, kamu akan terus melangkah maju.

Percaya pada diri Anda

Percayalah anda bisa. Anda sudah setengan jalan.” – Theodore Roosevelt.

Mental yang kuat sangat diperlukan dalam menjalankan rencana besar. Lakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. Walaupun di dalam hatimu kamu merasa bahwa kamu akan gagal, jangan mundur. Tetap lanjutkan perjalananmu sampai kamu berhasil. Jangan berhenti di tengah jalan, kamu harus tetap melanjutkannya sampai selesai.

Ada hasil setelah perjuangan

Seorang tokoh terkenal bernama Napoleon Hill, dia mengatakan,

Usaha akan membuagkan hasil setelah seseorang tidak menyerah”.

Apakah kamu merasa bosan dengan posisimu saat ini? Jika kamu merasa jenuh, harusnya kamu sadar bahwa banyak orang yang menginginkan posisimu saat ini. Ada banyak orang yang menunggumu untuk gagal sehingga mereka akan menggantikan posisimu.

Jika kamu menyerah dalam hidup, kamu akan lebih terhormat jika menyerahkan posisi yang kamu tempati saat ini kepada orang lain.

Jangan merasa pesimis

Kalimat bijak motivasi hidup datang dari Helen Keller. Dia mengatakan,

Tidak ada orang pesimis yang pernah menemukan rahasia dari bintang, atau berlayar ke pulau baru, atau membuka jalan keluar baru bagi jiwa manusia”.

Kutipan kata motivasi hidup tersebut menyuruhmu untuk tidak bersikap pesimis. Kamu harus yakin karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kamu berusaha keras untuk menggapainya. Yakin dan optimis merupakan kunci kesuksesan untuk meraih sesuatu. Terus percaya diri dan taklukan segala hambatan yang menghalangimu.

Arahkan tujuanmu

John F. Kennedy menyampaikan kata kata bijak yang memotivasi, yaitu

Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan”.

Kamu harus memiliki tujuan  hidup sehingga hari-hari yang kamu lalui  digunakan untuk melakukan suatu tindakan untuk meraih tujuan yang ingin kamu gapai.  Ibaratnya, jika kamu ingin berada di titik paling atas, kamu harus mampu melalui banyaknya anak tangga.

Melalui perencanaan yang matang, usaha akan berjalan dengan lancar. Sebaliknya, kesuksesan yang telah kamu raih bisa tergoncang suatu saat nanti jika tak ada suatu perencanaan.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *