Kata Bijak Agar Lebih Sabar dan Perduli Kepada Kedua Orangtua

By | August 20, 2016

kata-bijak-orangtua

 

Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Jika Anda seorang Muslim tentunya Anda tahu Sebagai anak, Anda memiliki kewajiban untuk selalu menghormati, menyayangi dan memperhatikan mereka sebagai bentuk kasih sayang kepada mereka. Tidak ada Agama yang tidak mengajarkan untuk berbakti kepada orangtuanya. Orang tua akan sangat bahagia memiliki anak yang selalu hormat dan memberikan perhatian kepada mereka. Namun, tak semua anak bisa menghormati orang tuanya dengan “baik”. Kebiasaan dalam pergaulan serta kemajuan jaman membuat tingkah laku anak (terutama yang sudah berumah tangga) terhadap orang tua menjadi kurang perduli dan banyak yang kurang sesuai dengan pandangan orang tua yang kebanyakan tidak terlalu fasih dengan teknologi internet seperti anak muda usia dewasa ke atas di masa sekarang ini. Hal ini wajar karena orangtua kita (bagi Anak usia 25 tahunan ke atas) kebanyakan hidup pada masa mudanya belum memiliki fasilitas internet dan memiliki pola pergaulan dan tata krama yang berbeda. Sebagai anak sudah sepatutnya lebih bersabar karena bagaimana pun orang tua adalah orang yang paling besar jasanya sehingga Anda bisa seperti sekarang ini.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata bijak agar kita termotivasi untuk selalu perduli serta menyayangi kedua orang tua kita. Banyak sekali intisari yang terkandung di dalamnya. Semoga dengan membacanya, kamu bisa lebih bersikap perduli dan hormat terhadap kedua orang tua kamu baik jika mereka masih ada di dunia ini atau pun jika mereka telah tiada kamu tetap selalu mendoakan yang terbaik buat mereka.

Marilah kita simak kata kata bijak berikut :

Kebaikan orang tua sangatlah besar

Menurut kalimat bijak yang beradal dari Japanese Proverb,

Kebaikan seorang ayah lebih tinggi daripada gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari laut”.

Kebaikan ayah dan ibu dikiaskan ibarat gunung, masih lebih tinggi kebaikan ayah. Kebaikan ibu, masih lebih dalam dibandinglan lautan yang dalam. Itu artinya, sungguh luar biasa kebaikan orang tua terhadap anaknya. Mereka tidak mengharapkan balasan dari si anak. Ketika berbuat baik kepada anak, yang mereka pikirkan hanyalah membuat buah hatinya bahagia. Sebagai seorang anak, kita harus selalu menghargai dan menghormati apa yang telah orang tua kita lakukan.

Sungguh besar kasih sayang ibu

Maureen Hawkins mengatakan,

Sebelum engkau dikandung, ibu menginginkan engkau ada. Sebelum engkau dilahirkan, ibu telah mengasihimu. Sebelum engkau keluar dari kandungan, ibu pun rela mati untukmu. Inilah keajaiban kasih sayang ibu. “

Ibu memiliki kasih sayang yang sangat besar untuk anaknya. Bahkan, sebelum kita ada di dunia ini, ibu sudah mengharapkan kita ada. Selama masih di kandungan, ibu telah memberikan kasih sayangnya dengan tulus. Dia rela mengalami kesakitan ketika mengandung maupun melahirkan. Bahkan, saking sayangnya kepada anaknya, seorang ibu rela memberikan nyawanya. Ini artinya, seorang ibu lebih mencintai anaknya dibandingkan dirinya sendiri.

Seorang ibu bisa melakukan apa saja untuk anaknya

Seorang tokoh bernama Marion C. Garetty mengatakan, sebagai motivasi agar menghormati orang tua, yaitu

Kasih sayang seorang ibu adalah bahan bakar yang memampukan ibu untuk melakukan hal-hal mustahil dilakukan”.

Seorang ibu bisa melakukan apa saja, bahkan suatu tindakan yang sepertinya mustahil dilakukannya. Itu semua karena rasa sayangnya terhadap buah hatinya. Jadi, apapun akan dilakukan oleh ibu untuk melindungi dan memberikan kebahagiaan untuk anaknya. Kita sebagai anak memiliki kewajiban untuk membalas semua pengorbanan ibu dengan cara menghormatinya, tidak menyakitinya dan membahagiakannya.

Bunda mampu membuat hati sang anak merasa tenang dan bahagia

Graycie Harmon berkata,

Bunda adalah bagaikan sebuah lagu yang tak pernah berakhir di hatiku, lagu itu memberikan ketenangan, kebahagiaan, dan seluruh dirinya. Kadang-kadang saya lupa akan syair dari lagu itu, namun saya tak akan pernah dapat melupakan melodinya.“

Betapa hebatnya seorang ibu karena bisa membuat anaknya menjadi tenang dan bahagia saat berada di sisinya. Sampai kapanpun, keberadaan ibu tak akan pernah tergantikan. Bahkan, ketika sudah tidak menjadi anak-anak lagi, kita akan selalu merindukan belai kasihnya. Ya, banyak orang yang telah dewasa tetap merindukan pelukan dan kasih sayang dari ibu. Marilah kita junjung derajat ibu dengan selalu berbuat baik.

Kekuatan ibu sangatlah besar

Nancy Reagan mengatakan sebuah kalimat bijak,

Wanita adalah sosok yang dapat diibaratkan sebagai teh celup, Anda tidak akan pernah tahu kekuatannya sampai tercelup ke dalam air panas.”

Kata motivasi agar menghormati orang tua ini sungguh luar biasa. Diibaratkan bahwa kita tak akan pernah bisa tahu sebesar apa kekuatan seorang ibu, sampai ada sesuatu yang mengharuskan sang ibu melakukan tindakan. Sang ibu tak akan peduli bahwa sebenarnya dia lemah. Dia akan terus berupaya melindungi dan membahagiakan anaknya.

Hak menjadi seorang ibu adalah hak paling istimewa

Kata kata bijak Lin Yutang yaitu

Dari seluruh hak yang dimiliki oleh wanita, yang teristimewa adalah diberik hak untuk menjadi seorang ibu”.

Peran menjadi seorang ibu sangatlah membahagiakan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa dari semua hal yang membahagiakan, menjadi ibulah yang paling bahagia. Ibu akan mencurahkan seluruh jiwa raga untuk anak tersayangnya.

Dalam keadaan bagaimanapun, orang tua akan selalu menyayangi anak-anaknya

Kate Samperi mengatakan,

Sebelum menjadi seorang ibu, Aku mempunyai seratus teori tentang bagaimana membesarkan anak-anak. Kini, Aku mempunyai tujuh orang anak dan hanya memiliki satu teori untuk membersarkan mereka. Kasihi mereka, terlebih di saat (dengan kelakuan) mereka sebenarnya tidak layak untuk dikasihi.”

Kata motivasi dari Kate Samperi ini sungguh menginspirasi kita semua. Sebagai anak kita harus selalu menghormati orang tua. Dikatakannya bahwa kasih sayang orang tua tidak akan pudar. Bahkan, ketika anak melakukan kesalahan sebesar gunung, orang tua akan tetap menyayangi anaknya. Mengetahui hal tersebut, kita harus selalu menyayangi orang tua kita juga dengan selalu menghormatinya dan tidak melakukan hal-hal yang bisa menyakitinya baik melalui perbuatan atau perkataan.

Kasih sayang ibu sepanjang masa

Kata kata bijak selanjutnya yaitu,

Aku tidak pernah tahu seberapa besar ruang hatiku memuat kasih, sampai seseorang memanggilku, “Bunda”.”

Seorang ibu akan memiliki kasih sayang yang luar biasa untuk anaknya. Hal yang sangat membahagiakan ketika dirinya dipanggil bunda oleh anak tersayangnya. Saat itulah, dia akan sadar bahwa kasih sayang yang dia miliki sangatlah besar untuk anaknya.

Sungguh besar kasih sayang seorang ibu

Walaupun kamu dapat memberikan bintang, berjuta harta, namun itu semua belum cukup untuk membalas kasih cinta seorang ibu.”

Kata kata bijak agar menghormati orang tua, terutama ibu diungkapkan dari seorang tokoh bernama Andrieasa.

Sebagai anak, kita tak akan pernah bisa membalas kasih sayang dan kebaikan yang telah ibu berikan kepada kita. Bahkan harta berlimpah tak cukup untuk membayar kasih sayang seorang ibu. Itulah gambaran betapa besarnya kasih sayang ibu karena tidak akan bisa terbayarkan oleh apapun. Sudah sepantasnya kita selalu menghormati ibu sebagai bukti bahwa kita menjadi anak yang berbakti. Ya, cara membalas kebaikan ibu hanyalah dengan berbakti kepadanya.

Anak-anak sangat membutuhkan orang tua

Sebuah kalimat bijak menegaskan akan kasih orangtua kepada anak-anaknya,

Orang tua adalah tulang yang digunakan anak-anak untuk mengasah gigi mereka.”.

Dari orang tua, anak belajar tentang segala hal. Ketika anak belum bisa apa-apa, orang tua dengan sabar  dan penuh kasih sayang menjaganya. Mengajarinya cara makan, berjalan , berbicara dan sebagainya. Sampai pada saatnya seorang anak tumbuh menjadi dewasa dan bisa mencari uang sendiri. Ketika sudah sukses dan kaya raya, janganlah menjadi sombong. Tanpa orang tua, kamu tidak bisa menjadi apa-apa. Justru, ketika sudah bisa mencapai kesuksesan, hal yang paling utama yang harus dilakukan yaitu selalu menghormati dan membahagiakan orang tua tercinta.

Ingatlah bahwa orang tua tidak akan berada di sisi kita selamanya

Kata kata inspirasi lain agar menghormati orang tua yang begitu mengharukan yaitu

Semakin menjadi tua, aku semakin memikirkan ibuku”.

Ingatlah bahwa tak selamanya ibu ada di dunia ini, mendampingi kita selamanya. Ketika kita memperhatikan ibu terlihat semakin tua dan renta, ada rasa kekhawatiran dalam diri ini. Ya, pastilah ada rasa takut kehilangan ibu. Untuk itu, selagi ibu ada di dunia ini, marilah kita perlakukan dia sebaik mungkin. Bahagiakan beliau selagi masih ada kesempatan karena kita tak tahu sampai kapan akan bersama ibu di dunia ini.

Ketika sudah menjadi seorang ibu, barulah kita tahu sebesar apa  kasih sayang seorang ibu

Kata kata bijak ini dapat menyadarkan akan kasih Ibu pada putrinya,

Hanya seorang ibu yang mengerti kasih seorang ibu.”

Karena begitu besarnya kasih sayang yang dimiliki oleh seorang ibu, kamu tak kan pernah bisa merasakannya sebelum kamu menjadi seorang ibu. Saat kamu menjadi ibu, kamu akan tahu betapa besar kasih sayangnya.

Ibu akan selalu mencintai anaknya sampai kapanpun

Kata kata bijak yang menginspirasi dalam menghormati orang tua yang berikutnya yaitu

Siapakah yang mencintaiku dan akan mencintaiku selamanya dengan cinta yang tak mungkin lenyap oleh kesulitan, penderitaan dan kejahatan yang kuperbuat? Orang itu adalah kau, ibuku.“

Tentu saja, cinta kasih yang paling abadi yaitu miliki ibu. Tak ada yang mampu menandingi cinta dan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Bahkan, pasanganmu sendiri tak bisa mengalahkan besarnya kasih sayang dan pengorbanan ibu yang engkau dapatkan.

Dengan demikian, sudah jelas bahwa orang yang harus kita hormati dan bahagiakan paling nomor satu yaitu orang tua. Jangan pernah menjadi anak durhaka dengan menyakiti perasaan ayah dan ibu. Dalam keadaan bagaimanapun, sekalipun kamu berbuat kejahatan, kasih sayang mereka akan tetap ada dan tak pernah hilang.

Ibu akan melakukan apapun untuk kebahagiaan anaknya

Perhatikan kalimat bijak ini,

Cinta ibu ibarat bahan bakar yang memungkinkan manusia normal melakukan hal-hal yang tidak mungkin. “

Kamu akan mengerti bahwa seorang ibu akan melakukan apa saja untuk kebahagiaan anaknya. Bahkan, hal tersebut tidak mungkin atau mustahil dilakukan oleh manusia normal. Namun, ibu tetap akan melakukannya sekalipun nyawa adalah taruhannya.

Ibu akan selalu memikirkan masa depan anaknya

Ketika kamu lahir, bahkan sewaktu dirimu masih di dalam kandungan, ibu sudah memikirkan mengenai masa depanmu. Kata kata bijak yang sesuai dengan pernyataan ini yaitu,

“Hanya para ibu yang bisa berpikir tentang masa depan, sebab merekalah yang melahirkan masa depan, dalam diri anak-anak mereka. “

Ibu akan berjuang dan mendidik anak-anaknya supaya memiliki masa depan yang cemerlang. Terkadang, ketika ibu melarang anaknya berbuat sesuatu, sebenarnya itu bertujuan untuk kebahagiaan anaknya. Mungkin kamu pernah di masa kecilmu kamu tak boleh mainan api. Pada saat itu, mungkin kamu merasa marah karena ibu jahat. Namun, setelah tumbuh menjadi dewasa, kamu sadar bahwa apa yang dilakukan ibu itu benar. Ibu melarangnya karena itu berbahaya bagi dirimu.

Bahagiakan ibumu

Kalimat bijak ini menginspirasi kita agar selalu berusaha membahagiakan ibu,

“Pemandangan paling indah di bawah bentangan langit berbintang adalah melihat seorang ibu yang bahagia. “

Kamu akan sadar bahwa tak ada hal lain yang lebih membahagiakan kecuali melihat ibumu berbahagia. Selagi masih ada waktu dan kesempatan, berusahalah bahagiakan ibumu. Ada banyak cara untuk membuatnya bahagia misalnya dengan melakukan beberapa hal kecil.

Dengan berprestasi pun, kamu sudah bisa membahagiakan ibumu. Ya, kebahagiaan ibu memang terletak pada kebahagiaan anaknya. Seorang ibu akan merasa lebih bahagia ketika melihat anaknya hidup bahagia. Buktikan pada ibu bahwa kamu bisa berprestasi dan bisa mengejar karir yang sukses. Ketika sudah mencapai kesuksesan, jangan pernah lupakan ibu. Kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk diberikan kepada ibu. Mungkin kamu bisa memberikan ibu kejutan berupa hadiah kecil dari uang hasil kerjamu sendiri. Saat melihat ibumu tersenyum bahagia, kamu juga akan merasakah sangat bahagia. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika bisa membahagiakan ibu.

Banyak cara untuk membahagiakan ibu

Ada kata kata bijak untuk menghormati orang tua dan membahagiakannya.

Ada jutaan cara untuk membahagiakan seorang ibu dan semuanya benar. “

Ketika kamu memikirkan mengenai bagaimana cara membuat ibumu bahagia, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Bahkan, ketika kamu berusaha untuk tidak melukai perasaan ibu dan selalu menghormatinya, kamu sudah membuat hati ibu merasa bahagia.

Ibu memiliki cinta kasih yang tak terbatas

Kahlil Gibran adalah seorang tokok terkenal. Beliau mengutarakan kata kata bijak penyemangat untuk selalu menghormati orang tua.

Kata yang paling indah bagi umat manusia adalah ‘ibu’ dan panggilan paling indah adalah ‘ibuku’. Ini adalah kata penuh harapan dan cinta yang keluar dari kedalaman hati paling dalam. “

Digambarkannya bahwa di dunia ini yang paling membahagiakan adalah menjadi ibu. Seorang ibu akan memiliki kasih cinta dan harapan yang sangat dalam untuk anaknya. Sudah merupakan kewajiban seorang anak untuk selalu menghormati ibu dan ayah karena mereka memiliki stok kasih sayang yang tak ada batasnya. Balaslah kasih sayang mereka dengan cara menjadi anak yang berbakti.

Jangan pernah menyakiti seorang wanita, terutama ibu

“Jangan sakiti seorang wanita. Karena dari seorang wanitalah kita bisa belajar tentang pengorbanan dan ketulusan layaknya, ibu. “

Menurut kata kata bijak di atas, kita tak boleh menyakiti semua wanita terutama ibu. Ibu memiliki pengorbanan yang luar biasa dari anak masih dalam kandungan sampai dilahirkannya ke dunia. Ibu juga merawat dan mengasuh anak sampai tumbuh dewasa. Ketika sudah menjadi dewasa, tak jarang anak masih merepotkan ibunya. Sungguh kasih sayang dan pengorbaban seorang ibu tak ada batasannya.

Orang tua tak pernah menyombongkan atas apa yang sudah dilakukannya

“Jika Anda ingin belajar tentang kesombongan, belajarlah pada orang tua. Tak ada ruang bagi kesombongan atas jasa-jasa orang tua kepada anak-anak mereka.“

Memang benar, orang tua tak pernah menuntut pamrih dari sang anak. Orang tua melakukan segala sesuatu mulai dari menyayangimu, mendidikmu, mengasuhmu dengan ikhlas. Jasa-jasa yang telah mereka lakukan tak mengharapkan imbalan. Mereka akan tersenyum bahagia ketika melihat anaknya bisa bahagia.

Tak ada kata menyerah bagi orang tua untuk membesarkan anaknya

Sungguh luar biasa jasa orang tua kita seperti kata kata bijak ini,

Orang tua anda tak pernah menyerah membesarkan anda. Janganlah menyerah untuk membesarkan cinta anda kepada orang tua.“

Kecintaan kita kepada orang tua belum ada apa-apanya dibandingkan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada kita. Mereka selalu pantang menyerah dalam membesarkanmu. Sudah selayaknya sebagai anak kamu terus memberikan kasih sayang dan cinta pada mereka. Kamu juga harus seperti mereka yang tak pernah kenal kata menyerah dalam mengasuhmu.

Itulah beberapa kumpulan kata bijak agar kita dapat selalu meluangkan waktu untuk memperhatikan, memberikan kasih sayang serta menghormati orang tua kita yang sudah bersusah payah mengasuh serta membesarkan kita. Semoga dengan membaca kata-kata bijak di atas, dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk lebih mencintai serta memberikan perhatian yang lebih kepada kedua orang tua mu.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *