Cara Mengontrol Penggunaan Internet Pada Anak

By | August 3, 2016

internet-anak

 

Saat ini sudah banyak orang yang ‘melek’ internet. Selain mudahnya cara mengakses internet baik dari rumah, kantor, sekolah, warnet, maupun ponsel pintar, biaya untuk mengakses internet di negara kita pun sudah terjangkau. Sayangngya terkadang internet disalahgunakan oleh sebagian orang. Hal-hal negatif pun tak jarang kita temukan di dalam internet, dan lebih disayangkan lagi karena hal negatif tersebut bisa diakses juga oleh anak-anak.

Kebutuhan Internet memang sudah tidak diragukan lagi, selain untuk berkomunikasi dengan cepat dan efektif, internet juga dapat dipakai untuk memperluas wawasan atau sarana belajar bagi anak-anak kita. Seringkali tugas-tugas di sekolah harus dicari melalui internet, bahkan latihan-latihan soal pun kebanyakan harus diunduh dari internet. Namun bukannya tidak mungkin anak-anak kita mengakses situs-situs yang memiliki efek buruk bagi mereka. Berikut ini Adalah cara untuk mengontrol pemakaian internet pada anak Anda.

Luangkan Waktu Memakai Internet Dengan Anak

Jangan sibuk sendiri dengan gadget atau laptop Anda. Anda harus meluangkan waktu untuk berselancar di internet bersama anak Anda. Berikan pengertian-pengertian yang yang positif pada anak Anda sambil memberikan nasehat untuk bijak dalam menggunakan internet. Jelaskan dampak positif dan negatif dari internet pada anak Anda.

Memberikan Aturan

Buat aturan khusus untuk pemakaian internet anak Anda. Peraturan seperti bolehnya pemakaian internet saat jam tertentu, atau harus dalam pengawasan orang tua, dsb. Melarang anak Anda ke warnet atau rental game on line juga perlu diterapkan ke anak Anda. Karena di tempat tersebut selain Anda tidak dapat mengawasinya, pergaulan dan pengaruh lingkungan di tempat tersebut kurang baik untuk anak Anda.

Taruh Komputer Di tempat Yang Mudah Diawasi

Jika Anda di rumah menggunakan PC untuk mengakses internet, usahakan posisi komputer dapat terlihat oleh semua orang, sehingga ketika anak Anda mengakses internet Anda dapat mengawasinya.

Batasi Jangkauan Wifi Di Dalam Rumah

Jika Anda memakai Wifi di rumah, sebisa mungkin batasi jangkauan wifi Anda. misal hanya bisa diakses di ruang keluarga. Hal ini berguna untuk mengontrol pemakaian internet pada anak Anda.

Aktifkan Fitur Parental Control

Sistem operasi versi terbaru seperti Windows maupun Mac OS sudah dilengkapi dengan fitur parental control, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk melindungi anak dari hal-hal negatif.

Anda bisa mencari di Google cara mengaktifkan fitur parental control lainnya sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Berikan Sanksi Tegas

Apabila Anda memergoki anak Anda mengakses situs dewasa atau situs-situs yang negatif lainnya, hendaknya Anda memberikan sanksi tegas karena anak Anda sudah melanggar kesepakatan yang sudah Anda buat bersama anak Anda. Ketegasan dan konsistensi Anda dalam menegekkan peraturan sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari pada anak Anda.

Itulah cara mengontrol pemakaian internet pada anak Anda. Bekali anak Anda dengan pendidikan Agama dan moral untuk membentengi diri mereka dari pengaruh-pengaruh negatif di sekitar mereka. Dengan demikian anak Anda akan tau mana yang baik dan mana yang buruk untuk dirinya sendiri.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *