Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

By | August 14, 2016

cara-mengatasi-stres

Lika liku kehidupan memang tak bisa dilalui dengan mudah. Harus ada perjuangan dan kekuatan untuk menjalani kehidupan yang tidak selalu berjalan dengan mulus. Ketika dirimu mendapatkan berbagai masalah, pasti perasaan stress tak dapat dihindari. Misalnya karena masalah kehidupan pribadi, ekonomi, hubungan maupun karena masalah di lingkungan kerja.

Tentu saja kamu tak bisa membeli obat penghilang stress di apotek. Ketika kamu sedang stress, jangan biarkan hal ini berlarut-larut. Kamu harus mencari cara untuk mengatasinya sehingga tidak akan mengganggu hari-harimu. Jangan anggap sepele perasaan stress. Banyak kasus berujung bunug diri karena stress memikirkan beban hidup yang berat.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress secara alami yang bisa kamu lakukan:

Lakukan aktivitas menyehatkan

Jangan biarkan pikiranmu hanya memikirkan beban yang sedang kamu dapatkan. Isi waktumu dengan aktivitas yang menyehatkan sehingga pikiran bisa tenang dan nyaman. Misalnya kamu bisa melakukan olahraga ringan jogging di pagi atau sore hari. Sambil berolahraga, kamu bisa berjalan-jalan ke taman yang indah.

Yoga atau Meditasi

Yoga terkenal sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa dijadikan cara untuk mengurangi stress. Tubuh dan pikiran akan terasa nyaman dan rileks ketika melakukan yoga.

Mendengarkan musik

Sudah terbukti bahwa mendengarkan musik bisa membantu menghilangkan stres. So, ketika kamu merasakan beban pikiran yang berat, putarlah musik kesayanganmu. Kamu bisa menirukan lirik lagu yang sedang diputar. Percayalah, kamu akan merasa lebih baikan dari sebelumnya.

Istirahat yang cukup

Memang benar, mengisi waktu dengan beberapa kegiatan positif bisa membantu menghilangkan stres. Namun, tubuh tetap memerlukan istirahat yang cukup. Tubuh akan terasa segar setelah mendapatkan istirahat yang cukup, paling tidak 8 jam sehari.

Positif thinking

Jangan biarkan pikiranmu berpikiran negatif mengenai segala sesuatu. Sebab, hal itu akan berpengaruh terhadap kondisi pikiran menjadi tidak tenang. Hal yang perlu dilakukan yaitu berpikirlah positif sehingga perasaan stres bisa diatasi dengan baik. Percayalah semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Tertawa

Buat dirimu bisa tertawa lepas dalam menjalani hari-hari. Misalkan saja kamu bisa menonton acara lucu di televisi. Jika kamu berhasil tertawa, otot-otot saraf yang tegang bisa mengendur sehingga pikiran akan lebih tenang dan rileks.

Pijat relaksasi

Ternyata dengan melakukan pijta relaksasi, stres bisa diatasi. Tubuh akan menjadi rileks dan nyaman sehingga pikiran ikut menjadi lebih tenang. Kamu perlu mencobanya.

Jangan suka menunda pekerjaan

Ketika ada pekerjaan, sebaiknya segera dikerjakan. Jika pekerjaan ditunda-tunda, ini justru akan membuat banyak pekerjaan yang menumpuk. Usahakan segera kerjakan pekerjaan agar bisa selesai tepat waktu.

Refreshing

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja bisa membuat stress. Untuk itu, kamu perlu melakukan refreshing agar lebih bahagia. Kamu bisa pergi berlibur ke tempat wisata yang menarik dengan teman, pasangan atau keluarga. Jika kantongmu sedang tipis, kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang dekat saja.

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress. Semoga berhasil ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *