Cara Mengatasi Bully Atau Ejekan

By | August 13, 2016

mengatasi-bullying

 

Masa kecil dan masa muda tidak bisa lepas dengan tindakan pembullyan. Banyak alasan mengapa orang di bully. Biasanya, kata-kata bullyan yang sering terlontar yaitu pemalu, cupu, aneh, norak dan sebagainya. Pastinya di bully sangat menyakitkan.

Ketika pembullyan itu terjadi, jangan biarkan berlarut-larut. Kamu harus berani melawannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bullying atau ejekan terutama ketika berada di sekolah.

Cari kelemahan lawan

Jangan diem saja ketika diejak oleh orang lain. Kamu harus pandai mencari kesempatan untuk mengetahui kelemahan lawan. Namun ingat, jika mereka menggunakan kekerasan, jangan balas dengan kekerasan juga.

Mencari kelemahan lawan di sini maksudnya yaitu jangan berdiam diri ketika di bully oleh lawan. Kamu harus menunjukkan sikap menggertak dan melindungi dirimu sendiri. Jika ingin dipukul, tangkis pukulannya. Ketika dihina dengan kata-kata kotor, balaslah dengan kata-kata yang cerdas.

Jangan pernah tunjukkan rasa takut pada lawan karena hal ini akan membuat lawan semakin ingin membullymu.

Menghiraukan ejekan

Jika kamu tak mampu melawannya, ya sudahlah jangan ladeni. Mending hiraukan saja ejekan mereka. Dengan tidak menanggapi apa yang dilakukan oleh si pembully, kamu akan merasa lebih nyaman dan tenang.

Lapor kepada orang tua atau guru

Jangan takut dibilang sebagai anak manja yang doyan lapor. Justru ketika ada orang yang membully tak wajar, segera lapor pada orang tua atau guru agar segera ada tindakan melindungimu. Mereka akan mendukungmu dan memberikan hukuman setimpal pada orang yang membullymu.

Berteman dengan sesama korban bullying

Kebanyakan orang yang sering dibully adalah mereka yang tak pandai bergaul sehingga tak punya teman. Nah, jika kamu salah satu dari mereka, kenapa tidak mencoba bergaul dengan sesama anak yang sering dibully juga. Kamu dengan mereka malah bisa saling mengerti bagaimana rasanya dibully sehingga bisa saling menguatkan.

Balas dendam dengan cara baik melalui kesuksesanmu

Jika kamu terus-terusan dibully, bersabarlah. Belajarlah yang rajin agar bisa meraih impian suksesmu. Ketika kamu berhasil meraih kesuksesan, kamu bisa datang kepada mereka si pembully dengan menunjukkan kesuksesan yang telah kamu raih. Misalnya, belajar rajin sehingga mendapatkan ranking satu. Kamu juga ikut kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi hobimu. Memenangkan suatu perlombaan juga merupakan suatu kebanggaan. Bahkan, kamu bisa bersemangat meraih cita-cita sehingga kamu bisa menunjukkan pada dunia bahwa kamu tidak seperti yang banyak orang kira. Pandangan negatif tentangmu akan hilang ketika kamu bisa meraih cita-cita yang cemerlang.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bullying atau ejekan di manapun kamu berada. Memang, rasanya sakit sekali. Namun, dengan melakukan hal-hal di atas, kamu akan merasa lebih baik. Bahkan, mereka yang membullymu bisa terkagum atas apa yang telah kamu lakukan. Semoga informasi mengenai cara menghadapi bullying atau ejekan teman di atas bisa bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *