Cara Memaksimalkan Waktu Setelah Pulang Kerja

By | August 14, 2016

waktu

Setelah pulang kerja, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu kerjakan. Nah, jangan sia-siakan waktu ini karena ada banyak hal menarik dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan. Walaupun kamu masih sendiri (belum berumah tangga), kamu bisa memanfaatkan waktu sepulang kerja untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti melakukan hobimu atau hal-hal yang dapat membantu menghilangkan kepenatan setelah seharian bekerja di kantor. Ingat, jangan gunakan waktumu hanya untuk kerja, kerja dan kerja. Kamu perlu bahagia dan memanjakan diri juga.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai hal sepulang kerja.

Pulang tepat waktu

Pasti kita semua ingin pulang kerja cepat. Namun, terkadang ada saja kerjaan lembur yang membuat kita pulang molor. Cari waktu saat Anda tidak terlalu sibuk atau usahakan mengerjakan pekerjaanmu dengan cepat sehingga kamu bisa segera pulang saat jam pulang telah tiba.

Istirahatkan diri selama 30 menit

Pastinya, setiba di rumah kamu merasa capek. Cobalah untuk berdiam diri untuk mengistirahatkan tubuhmu sekitar 30 menit. Bisa saja dengan cara merebahkan badan atau tidur-tiduran. Hindari untuk melakukan  menonton TV atau membuka internet untuk sekedar melihat social media. Anda perlu waktu untuk istirahat untuk menenangkan diri sejenak sebelum melakukan aktifitas lainnya.

Mandi air hangat

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan mandi air hangat sehingga bisa membuat tubuh menjadi rileks dan nyaman. Sesekali, boleh-boleh saja mandi dengan air hangat di sore hari setelah lelah seharian bekerja. Rasakah kesegarannya setelah mandi dengan menggunakan air hangat sepulang Anda dari tempat kerja. Cara ini merupakan cara untuk memanjakan diri sendiri serta membantu menghilangkan kepenatan di kantor.

Lebih produktif

Jangan sia-siakan waktu sepulang kerja dengan tidak melakukan apa-apa. Jadilah pribadi yang lebih produktif. Kamu bisa melakukan hobimu di waktu tersebut misalnya menulis blog, memasak, menggambar dan sebagainya.

Rencanakan liburan

Kamu perlu liburan agar  hidup lebih berwarna. Rencanakan liburanmu sehingga kamu akan merasa lebih rileks sepulang bekerja. Jika pikiran bisa rileks, kamu akan lebih nyaman dan santai ketika menikmati waktu setelah pulang kerja.

Berolahraga

Jika di pagi hari kamu tidak memiliki cukup waktu berolahraga karena buru-buru harus pergi ke kantor, lakukan olahraga di sore hari. Sepulang kerja, kamu bisa lebih santai ketika melakukan olahraga. Pilih jenis olahraga ringan sesuai selera. Jika kamu ingin olahraga sambil refreshing, kamu bisa pergi jogging keliling kompleks. Namun, jika kamu ingin berolahraga di dalam rumah saja, mau bisa senam.

Orang yang rajin berolahraga akan memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Ini sangat penting sehingga bisa membuat produktifitas kerja meningkat.

Cuti dari sosial media

Jangan habiskan waktumu hanya untuk bersosial media. Sah-sah saja bersosial media karena ini cara kamu menyapa dan berkomunikasi dengan teman-temanmu. Namun, pilih waktu yang tepat untuk melakukannya.

Jangan terlalu banyak rencana

Kebanyakan rencana justru membuat bingung ingin mengerjakan yang mana dulu. Akhirnya, kamu tak mengerjakan satu pun karena waktumu dihabiskan untuk berpikir. Sebaiknya, jangan terlalu muluk-muluk merencanakan beberapa kegiatan yang akan dikerjakan.

Demikianlah cara memaksimalkan waktu setelah pulang kerja. Semoga dapat bermanfaat sehingga kamu bisa mengerjakan kegiatan yang berguna setelah pulang kerja.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *