Cara Cepat Berhenti Merokok Hanya Dalam Satu Minggu

By | August 16, 2016

cara-berhenti-merokok

 

Bagi sebagian orang yang hobi merokok, ingin berhenti merokok layaknya sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Sehingga sering mereka tidak ingin tahu mengenai cara berhenti merokok. Rokok membuat seseorang kecanduan. Bahkan, sudah seperti layaknya kebutuhan pokok. Bahkan ada yang lebih memilih tidak makan nasi dibandingkan tidak merokok dalam satu hari. Wah, kalau sudah seperti ini, efek candu nya sudah sangat kuat dan memang kalau tidak ada usaha yang sungguh-sungguh akan sulit dihilangkan.

Oleh karena itu, banyak orang yang merasa pesimis untuk bisa berhenti merokok. Baginya, berhenti merokok sangat sulit dilakukan. Padahal, ada cara yang ampuh untuk dilakukan sehingga kamu bisa berhenti merokok dalam waktu cepat. Bagaimana caranya ?

Sebelum membahas cara untuk berhenti merokok yang bisa dilakukan, sebaiknya kamu memahami alasan mengapa harus berhenti merokok terlebih dahulu. Alasan-alasan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan untuk membuat keputusan apakah ingin berhenti merokok atau terus merokok.

Merokok mengganggu fungsi otak

Banyak orang yang mengaku mereka mendapatkan ide-ide baru ketika merokok. Namun, ini bukan alasan yang tepat jika mendapatkan ide baru harus dilakukan dengan merokok. Pasalnya, merokok justru akan membuat daya ingat dan kemampuan berpikir terganggu.

Tidak hanya bisa terkena kanker atau jantung, merokok bisa menyebabkan diabetes dan rentan terhadap infeksi

Diabetes juga bisa terjadi akibat kebiasaan buruk merokok. Berdasarkan penelitian,perokok aktif 44 persen lebih tinggi akan terkena penyakit diabetes tipe 2.  Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga bisa turun akibat kebiasaan merokok sehingga menyebabkan mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus berbahaya.

Melemahkan kehidupan seksualmu

Perokok pria lebih besar terkena resiko disfungsi ereksi. Ini karena nikotin yang terkandung pada rokok di alirkan oleh darah ke seluruh tubuh sehingga pembuluh-pembuluh darah mengalami penyempitan. Jika kamu ingin memiliki kehidupan seksual bersama pasangat lebih harmonis, tinggalkan kebiasaan merokok. Selain bisa menyebabkan disfungsi ereksi, rokok  juga mengganggu kesuburan karena mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

Kulit keriput dan cepat tua

Merokok akan membuat penampilanmu akan lebih tua dari usiamu sebenarnya. Waduh, pastinya kamu tak ingin kan mengalami penuaan dini akibat merokok.

Lebih cepat menopause

Menopause lebih awal merupakan akibat yang ditimbulkan dari merokok. Ini karena ada bahan kimia dari rokok yang bisa menyebabkan sel telur rusak. Ketika ovarium sudah tidak bisa menghasilkan sel telur, menopause akan terjadi.

Menurunkan daya penglihatan

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan, merokok memiliki hubungan dengan penyakit mata. Bahan kimia yang terkandung pada rokok bisa menyebabkan rabun atau kebutaan bagi si perokok. Duh, yuk cepat-cepat berhenti merokok sebelum hal buruk terjadi padamu. Mata merupakan karunia yang indah dari sang Ilahi karena dengan mata kamu bisa melihat indahnya dunia. Jika kamu akan kehilangan nikmat yang begitu luar biasa hanya gara-gara merokok, coba deh dipikir ulang.

Merokok bisa menyebabkan tulang menjadi lemah

Penyakit tulang sering disebut osteoporosi. Penyakit ini sangat rentan terjadi pada orang yang usianya sudah tua. Namun, kamu akan lebih rentan terkena penyakit tulang jika memiliki kebiasaan merokok. Kepadatan tulang akan terkurangi sehingga bisa menyebabkan resiko retak pinggul.

Kamu akan susah tidur dan merasa sangat lelah setelah bangun

Apakah kamu sering mengalami susah tidur? Susah tidur akan mengganggu kesehatanmu karena tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari. Ternyata, salah satu faktor penyebab susah tidur yaitu karena kebiasaan merokok. Jangan sampai deh kamu mengidap penyakit imsomnia berkepanjangan akibat rokok. Jika terus dibiarkan, penyakit insomnia bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Merokok bisa memangkas usia dan kualitas hidup

Fakta menyebutkan bahwa orang yang tidak merokok memiliki umur 10 tahun lebih panjang dibandingkan mereka yang hobi merokok. Hal ini terkait dengan kebiasaan hidup sehat. Perokok lebih besar terkena berbagai penyakit dibandingkan orang yang tidak merokok. Inilah yang menjadi dasar mengapa orang yang tidak merokok lebih panjang umur.

Tak hanya kanker paru-paru, namun merokok bisa menyebabkan berbagai jenis kanker

Jika kita selama ini hanya tahu bahwa merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru saja, ternyata anggapan ini salah. Ada banyak jenis kanker yang berpotensi muncul pada orang yang memiliki kebiasaan merokok. Misalnya kanker kandung kemih, kanker mulut, kanker serviks dan kanker pancreas. Tentu saja penyakit kanker sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kematian.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu berhenti merokok. Memang, tidak mudah memutuskan untuk berhenti merokok karena rokok memiliki efek candu yang begitu kuat. Orang yang sudah kecanduan akan sangat sulit menjauhinya. Bahkan, setiap waktu dia ingin dan ingin terus merokok. Tak heran jika ada perokok yang menghabiskan banyak batang rokok dalam sehari.

Namun, jika melihat merokok memiliki lebih banyak kerugian daripada keuntungan, lebih baik berhenti merokok. Bahkan, bisa dikatakan tidak ada untungnya merokok karena merokok hanya bisa memberikan efek tenang dan nyaman hanya dalam waktu sementara. Justru rokok menyebabkan perasaan gelisah.

Berikut ini ada beberapa rangkaian tips untuk berhenti merokok sehingga kamu bisa melakukannya dalam satu minggu.

 

Cara Berhenti Merokok dengan Mudah

 

Bulatkan niat

Ingat, ketika ingin melakukan sesuatu, hal pertama dan paling penting untuk dilakukan yaitu membulatkan niat.  Ini menjadi pondasimu untuk melangkah ke langkah selanjutnya. Untuk membulatkan tekad yang kuat, kamu perlu menentukan tujuan mengapa kamu ingin berhenti merokok. Mungkin untuk siapa kamu berhenti merokok juga perlu kamu pikirkan. Tidak hanya untuk diri sendiri, namun kamu juga harus berhenti merokok demi keluarga tercinta. Bayangkan jika suatu saat kamu sakit atau bahkan meninggal dunia akibat rokok, pastilah keluargamu dan orang-orang yang kamu cintai bersedih. Pikirkan juga bagaimana nasib keluargamu jika kamu tak ada, terlebih jika kamu seorang kepala rumah tangga.

Tetapkan tanggal mulai

Setelah membulatkan niat, saatnya menentukan kapan mulai berhenti menghisap rokok. Pastinya kamu akan mengalami banyak hambatan ketika berusaha memulai berhenti merokok. Hal yang kerap terjadi yaitu perasaan stress. Biasanya perasaan ini muncul antara hari pertama sampai ketiga. Bisa juga seminggu tergantung efek candu yang diidap oleh masing-masing perokok.

Persiapan menentukan tanggal bisa membuatmu memiliki mental dan emosional yang lebih kuat. Jangan tunda-tunda waktunya, segera mulai berhenti merokok. Kamu akan berkesempatan memiliki usia yang lebih panjang ketika memutuskan untuk segera menjauhi rokok.

Rubah mindset

Setelah merubah mindset mengenai rokok, langkah selanjutnya yaitu merubah mindset. Jangan beranggapan bahwa berhenti merokok itu sulit, tapi sebaliknya. Misalkan saja dengan merubah pikiranmu mengenai rokok. Tanamkan mindset bahwa kamu tetap bisa bertahan hidup tanpa rokok. Mungkin kamu juga  bisa memperbanyak informasi mengenai bahaya rokok yang sangat merugikan.

Tanamkan rasa malu

Sama halnya dengan merubah mindset, cobalah untuk menanamkan rasa malu ketika merokok. Kamu harus malu ketika ada orang lain melihatmu merokok.

Jauhi teman yang merokok

Jika ingin berhenti, mulailah untuk menjauhi teman yang merokok. Ketika kamu bersama orang yang merokok, kamu bisa saja ditawari untuk rokok padahal kamu sudah berencana untuk berhenti. Hal ini akan mempersulit dirimu untuk meninggalkan rokok.

Hisaplah permen

memang tidak mudah merubah kebiasaan untuk tidak merokok. Pasti kamu akan merasakan stress pada permulaan karena belum terbiasa.  Untuk mengatasinya, cobalah hisap permen. Cara ini cukup terbukti membantumu ketika muncul keinginan untuk merokok. Ketika menghisap permen, pikiran untuk merokok akan teralihkan.

Mintalah dukungan

Kamu perlu meminta dukungan keluarga dan teman-teman mengenai niatmu untuk berhenti merokok. Dukungan mereka akan sangat  bermanfaat. Pastinya, mereka akan menyukai dengan pilihanmu karena kamu  bisa terhindar dari bahaya racunnya yang sangat mengerikan. Di saat ada keinginan untuk merokok kembali, mereka dengan senang hati akan mengingatkanmu untuk tidak melakukannya sehingga situasi menjadi kondusif.

Terapi Penggantian Nikotin

Biasanya seseorang yang baru berhenti merokok akan merasa frustasi karena sudah ada efek candu nikotin. Setiap harinya, seseorang yang sudah kecanduan nikotin harus mendapatkannya, bila tidak rasa was-was akan datang menghampiri. Inilah salah satu alasan mengapa perokok sulit untuk move on dari rokok. Banyak mereka yang gagal untuk berhenti. Untuk mengatasinya, diperlukan penggantian nikotin sehingga frustasi bisa diringankan. Ada banyak jenis terapi nikotin yang bisa dipilih. Diantaranya yaitu dengan memakan permen karet, memasang plester pada kulit, mengkonsumsi bentuk tablet, atau yang disemprotkan ke mulut dan hidung.

Obat-obatan yang diresepkan

Kamu bisa pergi ke dokter untuk meminta bantuan agar bisa terhindar dari efek kecanduan nikotin pada rokok. Ada obat-otang yang diresepkan untuk mengatasinya. Obat ini akan mempengaruhi proses kimia di otak. Selain itu, ada juga obat yang bisa meredakan stress atau depresi akibat berhentinya asupan nikotin.

Teori perilaku

Selain melakukan terapi pengganti nikotin, kamu juga perlu melakukan terapi perilaku karena hasilnya akan lebih maksimal. Dalam terapi perilaku, kamu akan berhubungan dengan konselor yang akan mendukung perilaku merokok terhenti. Kamu akan mendapatkan saran mengenai strategi berhenti merokok yang sesuai denganmu.

Membersihkan rumah

Jika sudah bertekad untuk berhenti merokok, sebaiknya bersihkan rumah dari aroma rokok atau hal yang bisa membuatmu ingin merokok lagi. Pakaian, sprai atau tirai yang memiliki aroma rokok harus dicuci supaya bersih dan wangi. Setelah semuanya dicuci dengan bersih, gunakan pengharum ruangan agar bau asap di ruangan tidak tersisa lagi.

Tetap berusaha

Meskipun berhenti merokok tidak mudah, kamu perlu berusaha dan pantang menyerah. Sesulit apapun itu, teruslah mencoba, bertahan dan berusaha semaksimal mungkin. Jika kamu pernah gagal,  tidak berarti kamu tidak bisa berhasil pada rencana berhenti merokok selanjutnya. Kamu harus tahu bahwa ada banyak orang yang bisa benar-benar berhenti merokok setelah mereka mencoba dan gagal berkali-kali.

Olahraga

Faktanya, olahraga bisa mengalihkan keinginanmu untuk mengkonsumsi nikotin. Jika sudah ada hasrat merokok, segera alihkan untuk berolahraga. Kamu bisa memilih olahraga sepakbola, lari, senam atau yang lainnya.

Pola makan sehat

Selain berolahraga, tubuh akan semakin sehat jika kamu menjaga pola makan. Perhatikan asupan nutris setiap harinya. Sebaiknya perbanyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur bisa membuat efek merokok tidak lagi memuaskan. Selain itu, tubuh akan tercukupi kebutuhan nutrisinya dengan berbagai jenis buah dan sayur yang kamu konsumsi.

Minum lebih banyak air

Salah satu cara berhenti merokok yaitu dengan minum lebih  banyak air putih. Selain bagus bagi kesehatan, minum banyak air akan membuat racun akibat rokok di dalam tubuh hilang. Selain itu, banyak minum air juga bisa menghilangkan keinginan merokok hilang secara perlahan.

Melakukan akupuntur

Metode akupuntur sangat baik dilakukan jika kamu ingin berhenti merokok. Berbagai tekanan psikologis, kecemasan, depresi, dan ketegangan bisa diatasi dengan metode ini. Biasanya berbagai perasaan tersebut timbul bagi perokok yang ingin berhenti merokok. Selain bisa mengatasi kecemasan dan depresi, akupuntur bisa meningkatkan kesuburan. Wah, sangat cocok bagi kamu yang ingin segera memiliki anak.

Pikirkan keuntungan berhenti merokok

Cara paling ampuh untuk membulatkan tekad ingin berhenti merokok yaitu dengan memikirkan keuntungan yang bisa didapatkan jika berhenti merokok. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan setelah bisa berhenti merokok.

  • Terlihat lebih muda

Orang yang berhenti merokok akan terlihat lebih muda. Apa alasannya? Ketika merokok, kulit mendapatkan asupan oksigen yang kurang sehingga perokok akan terlihat lebih tua. Nah, setelah berhenti merokok, asupan oksigen akan lebih banyak sehingga kulit terlihat lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

  • Terhindar dari stress

Anggapan merokok bisa mengatasi stress itu salah. Nikotin yang ada di dalam rokok tak bisa memberikan efek tenang pada dirimu. Justru, orang yang tidak merokok memiliki tingkat stress lebih rendah dibandingkan mereka yang sering merokok.

  • Meningkatkan kesuburan

Merokok bisa mengganggu kesuburan. Setiap pasangan pasti menginginkan hadirnya momongan ke tengah-tengah mereka. Nah, untuk itu sebaiknya segera berhenti merokok agar kesuburan tidak terganggu. Jika berhenti merokok, kualitas sperma dan lapisan rahim akan membaik.

  • Performa hubungan intim jauh lebih baik

Peredaran darah dalam tubuh akan lancar ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok. Hal ini akan mempengaruhi sensitivitas dalam berhubungan dengan pasangan. Agar hubungan suami istri lebih harmonis, ayo segera berhenti merokok.

  • Senyum terlihat lebih menawan

Banyak perokok yang memiliki gigi kuning dan penuh noda. Wah, keadaan ini membuat kamu tak percaya diri ketika senyum. Namun, gigi akan terlihat lebih putih dan bersih jika kamu berhenti merokok. Selain itu, kamu juga akan memiliki nafas yang jauh lebih segar.

  • Terhindar dari penyakit mematikan

Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Untuk itu, kamu harus segera memikirkan mengenai cara berhenti merokok sehingga dapat terhindar dari penyakit mematikan. Sudah ada banyak korban yang meninggal dunia akibat penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan dari merokok yaitu hipertensi, kanker paru-paru, stroke, serangan jantung, kanker rahim, kanker lidah, dan kanker mulut. Potensi terkena berbagai macam penyakit tersebut akan menurun jika kamu memutuskan untuk berhenti merokok sekarang juga. Sayangi nyawamu!

  • Memiliki keluarga yang sehat

Manfaat terpenting ketika berhenti merokok yaitu memiliki keluarga yang sehat. Jika kamu seorang ayah, pastilah mendambakan istri dan anak-anak yang sehat. Hal itu tidak akan terwujud jika kamu seorang perokok. Ya, perokok pasif lebih rentan terkena penyakit dibandingkan dengan perokok aktif. Bisa dibayangkan ketika kamu merokok di dekat anak-anak, secara tidak langsung kamu sudah membahayakan kondisi kesehatan mereka melalui asap rokok.

Selain bisa melindungi kesehatan keluarga, berhenti merokok bisa membuat hidup jauh lebih hemat. Dana yang biasa digunakan untuk merokok bisa digunakan untuk biaya keperluan yang lainnya,

Nah, cara di atas bisa kamu praktekkan untuk berusaha berhenti merokok dengan cepat. Bahkan, hanya dalam satu  minggu, kebiasaan merokok bisa ditinggalkan.

Jika cara di atas belum bisa membantumu, berikut ini ada beberapa cara berhenti merokok dengan cara gila (ekstrem) berdasarkan pengalaman yang sudah dialami oleh mantan perokok. Yuk simak uraiannya!

Cara Ekstrem Berhenti Merokok

 

Mengubur barang bukti

Mungkin cara ini terlihat aneh. Sebab, kamu harus mengubur sebungkus rokok di dalam tanah. Nah, ketika ada hasrat merokok, kamu harus bersusah payah terlebih dahulu untuk menggali tanah sehingga bisa mengambil rokok yang telah dikubur sebelumnya.

Arti dari metode ini yaitu membuat merokok menjadi sesuatu yang ribet dan melelahkan . Diharapkan, kamu akan mulai malas merokok karena merasa ribet. Ternyata ada banyak orang yang berhasil berhenti merokok dengan cara ini.

Hadiah

Kamu bisa melibatkan teman-teman untuk memberikan hadiah bagi yang berhasil berhenti merokok. Caranya yaitu siapa yang bisa berhenti merokok akan mendapatkan hadiah uang berupa uang atau benda. Jadi, kamu bisa mengumpulkan beberapa orang pecandu rokok yang memiliki keinginan sama yaitu ingin berhenti merokok.

Membayar denda

Jika kamu tak ingin melakukan taruhan, kamu bisa melakukan cara lain yang hampir sama. Kamu bisa mengajak beberapa teman yang ingin berhenti merokok menjalankan misi ini. Aturannya, siapa yang terbukti tak bisa berhenti merokok harus membayar uang dalam jumlah tertentu kepada teman yang berhenti merokok. Pastinya, kamu tak ingin membayar denda terus menerus karena menyayangkan uangmu kan? Nah, cara ini bisa mendorong kamu untuk berhenti merokok selamanya.

Mengganti dengan hal lain

Ketika kamu berhenti merokok, pasti keinginan merokok selalu datang setiap waktu. Cobalah mengganti rokok dengan yang lain seperti dengan cemilan snack atau permen. Ketika kamu ingin merokok, segera raih  makanan ringan atau snack tersebut.

Minum larutan baking soda

Baking soda yang telah dicampurkan pada air jika diminum rasanya tak enak. Namun, ada seseorang bernama Joanne Fanizza dari New York yang bisa berhenti merokok dengan meminum larutan baking soda setiap dua minggu sekali. Ternyata, larutan ini bisa mengurangi kecanduan rokok. Bagaimana? Apakah kamu ingin mencoba melakukan hal ini agar dapat menghilangkan kecanduan rokok?

Menghipnotis diri sendiri

Cara berhenti merokok selanjutnya yang tergolong unik yaitu menghipnotis diri sendiri untuk tidak ingin merokok. Kamu bisa meminta seseorang yang memiliki keahlian hipnotis untuk membuat dirimu berhenti merokok. Bahkan ada sebuah kisah yang dialami oleh seseorang bernama Sheila Sidney Bender di New York. Dalam sebuah acara pesta malam tahun baru, dia meminta kepada salah satu temannya untuk menghipnotis agar berhenti merokok. Setelah selang satu minggu, teman tersebut meneleponnya dan ternyata dia tidak berhasil melakukan hipnotis pada acara malam tahun baru sebelumnya. Hebatnya, Bender belum merokok sejak acara pesta tahun baru itu. Inilah yang disebut sebagai menghipnotis diri sendiri.

Berlari

Ketika timbul keinginan merokok, coba isi dengan kegiatan lain sehingga bisa mengalihkannya. Seorang mantan perokok bernama Reeve McNamara dari Atlanta memilih berlari sebagai kegiatan yang harus dilakukan ketika muncul hasrat merokok. Dia terus menerus melakukannya setiap kali ingin merokok. Dia akan berhenti berlari jika keinginan merokok sudah hilang.

Demikianlah tips cara berhenti merokok dari pertamakali.com. Semoga tips di atas dapat berguna bagi Anda yang masih kecanduan dengan rokok sehingga dapat terhindar dari segala kerugian yang dapat disebabkan oleh rokok baik bagi Anda sendiri maupun bagi orang-orang di sekitar Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *