Cara Agar Rambut Cepat Panjang Secara Alami

By | August 13, 2016

kesehatan-rambut

 

Apakah Anda ingin memiliki rambut panjang berkilau? Rambut yang cepat panjang sangat diinginkan oleh banyak orang, terutama para wanita. Ternyata, memanjangkan rambut bukan perkara yang mudah untuk sebagian orang karena memerlukan perawatan yang ekstra. Hal ini karena rambut panjang cenderung lebih mudah rontok dan bercabang.

Pada kesempatan kali ini, pertamakali.com akan memberikan informasi mengenai cara agar rambut cepat panjang secara alami dengan menggunakan bahan-bahan dari alam. Selain itu memiliki rambut yang cepat panjang, Anda juga akan memiliki rambut indah, sehat, dan berkilau. Masalah-masalah pada rambut yang biasa terjadi seperti rambut rontok, ketombe, rambut bercabang, dan sebagainya bisa diatasi dengan mudah.

Kenyataannya, rambut memerlukan waktu yang cukup lama agar bisa cepat panjang. Dalam sehari, rambut akan tumbuh sekitar 0,3 mm. Dengan begitu, rambut akan tumbuh panjang sekitar 1 sampai 1,5 cm setiap bulannya. Tahukah Anda jika seseorang yang tinggal di negara tropis rambutnya lebih cepat panjang dibandingkan seseorang yang tinggalnya di negara dengan empat musim? Wah, beruntunglah kita tinggal di Indonesia karena rambut bisa cepat panjang.

  1. Cara Perawatan Rambut Agar Cepat Panjang dan Sehat

Sebelum menggunakan beberapa bahan alami untuk membuat rambut cepat panjang, sebaiknya Anda mengerti bagaimana cara merawat rambut yang benar sehingga pertumbuhannya juga lebih cepat.

Perhatikan protein rambut

Rambut memerlukan protein sehingga bisa membuatnya lebih panjang. Anda bisa mendapatkan protein untuk rambut dari makanan yang dikonsumsi, misalnya seperti telur, susu, daging dan sebagainya. Kebutuhan protein yang cukup akan membuat rambut makin kuat dan cepat panjang.

Potong rambut secara berkala

Biasanya orang yang ingin memanjangkan rambut tidak mau memotongnya secara berkala. Mereka beranggapan bahwa rambut tak akan cepat panjang kalau sedikit sedikit dipotong. Ternyata, anggapan ini keliru karena pemotongan secara berkala akan membuatnya lebih kuat dan tumbuh dengan cepat. Potong rambutnya hanya di bagian ujungnya sebab bagian ini lebih rentan mati.

Jangan ikat rambut saat tidur

Banyak orang tidur dengan posisi rambut terikat. Ternyata, kebiasaan ini merupakan kesalahan fatal yang bisa mengganggu pertumbuhan rambut menjadi tak sehat.

Jangan keramas setiap hari

Ternyata keramas setiap hari tidak baik untuk rambut karena minyak pada rambut bisa hilang. Padahal, minyak yang terdapat pada rambut ini membuat rambut cepat panjang.

Pijat kepala

Pernahkan Anda memijat kepala? Biasanya, perawatan creambath di salon akan memberikan pijatan di kepala Anda. Manfaat dari memijat kepala yaitu menstimulasi asupan darah. Hal ini akan memicu tumbuhnya rambut menjadi lebih panjang. Cobalah untuk melakukan perawatan rambut dengan pijatan selama 5 menit sampai 40 menit setiap seminggu sekali.

Jangan sering-sering mewarnai rambut

Mewarnai rambut hanya sesekali tak masalah. Namun, apabila pewarnaan rambut sering dilakukan maka hal ini akan mempengaruhi kesehatan rambut sebab cat rambut memiliki kandungan kimia. Nah, zat kimia ini bisa berlanjut ke kulit kepala sehingga akan menghambat pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan rambut cepat panjang, cukup sulit jika sering melakukan pewarnaan rambut.

Lindungi kulit kepala dari energi panas

Metode pelurusan atau pengeritingan rambut sebenarnya membuat rambut menjadi tidak sehat. Energi panas yang mengenai rambut memiliki dampak pada rambut, yaitu membuatnya sulit memanjang.

Pakai Conditioner

Untuk mendapatkan rambut panjang yang berkilau dan indah, gunakan condisioner secara rutin.

Rajin Menyisir Rambut

Ternyata, sering menyisir rambut bisa membuat rambut semakin kuat dan sehat. Sisirlah rambut paling tidak dua sampai tiga kali sehari agar rambut menjadi sehat dan kuat. Hal ini karena folikel rambut akan tumbuh baru jika Anda sering menyisir rambut.

Jangan keramas dengan air hangat

Air yang paling bagus untuk mencuci rambut yaitu air yang dingin. Jangan gunakan air hangat untuk mencuci rambut karena bisa membuat rambut rusak. Hal ini karena air hangat bisa memperlebar pori-pori kulit kepala sehingga bisa membuat rambut rontok.

Kurangi waktu berenang

Berenang memang menyehatkan. Namun, kolam renang biasanya mengandung klorin yang tidak bagus untuk kesehatan rambut. Rambut akan memiliki pertumbuhan yang lambat jika rambut terkena klorin yang ada pada kolam renang. Maka dari itu, batasi waktu berenang ya.

Jika Anda merasa sulit untuk membatasi waktu berenang, Anda bisa membungkus kepala dengan menggunakan penutup ramput ketika berenang di kolam renang. Lalu, setelah berenang Anda harus segera mencuci rambut agar kandungan klorin cepat hilang. Cuci rambut sampai bersih dengan menggunakan shampo dan kondisioner.

  1. Bahan Alami Untuk Perawatan Agar Rambut Cepat Panjang

Itulah beberapa cara melakukan perawatan rambut agar tumbuh sehat sehingga rambut bisa lebih mudah panjang. Selanjutnya, berikut ini ada beberapa bahan alami agar rambut cepat panjang.

Kulit apel

Kulit apel memiliki vitamin yang bisa memperlancar peredarah darah di kulit kepala sehingga baik bagi pertumbuhan rambut agar sehat berkilau.

Selain itu, kulit apel bisa mencegah rambut rontok sebab ada kandungan polifenol. Gunakan kulit apel untuk  merawat rambut sehingga Anda memiliki rambut yang lebih sehat kaya akan nutrisi.

Cara menggunakan kulit apel sebagai bahan untuk merawat rambut yaitu pertama-tama sediakan kulit apel secukupnya. Kemudian, haluskan kulit apel tersebut sampai benar-benar halus. Segera oleskan pada rambut dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilaslah rambut sampai benar-benar bersih.

Teh Hijau

Anda bisa menggunakan teh hijau untuk merawat rambut agar rambut cepat panjang secara alami. Hal ini karena teh hijau memiliki antioksidan yang bisa melancarkan peredaran darah rambut. Itulah mengapa Anda bisa memilih  teh hijau sebagai pilihan yang tepat untuk memanjangkan rambut lebih cepat dan sehat.

Cara menggunakan teh hijau yaitu dengan cara menyeduh teh hijau. Gunakan air teh tersebut untuk dioleskan pada seluruh rambut di kepala. Setelah itu, tutup kepala dengan menggunakan handuk. Biarkan selama 20 menit dan cucilah sampai bersih.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah digunakan sejak dulu untuk membuat rambut cepat panjang secara alami. Bahkan, nenek moyang kita telah terlebih dahulu memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan rambut mereka. Selain bisa membuat rambut menjadi lebih cepat panjang, minyak zaitun juga bisa menghaluskan rambut.

Penggunaan minyak zaitun untuk merawat rambut cukup mudah. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak zaitun pada rambut saat keramas. Kemudian, pijatlah kepala selama beberapa menit. Diamkan selama satu malam agar minyak zaitun meresap ke dalam kulit kepala. Keesokan harinya, bilaslah rambut hingga bersih.

Telur

Kuning telur merupakan bahan alami yang bisa membuat rambut cepat panjang. Anda bisa mengoleskan kuning telur pada kulit kepala, kemudian beri pijatan pada kulit kepala. Setelah itu, tunggulah sampai 10 menit barulah rambut dicuci hingga bersih. Gunakan shampo agar bau amis telur di kepala bisa hilang. Lakukan perawaran ini paling tidak sebanyak tiga sampai empat kali seminggu.

Santan

Santan juga bisa membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik. Persiapkan santan sebanyak 300 sampai 500 ml. Terapkan santan tersebut pada rambut secara merata. Setelah itu, tutup kepala dengan menggunakan handuk dan diamkan selama 15atau 20 menit. Terakhir, cuci rambut hingga bersih.

Santan tak hanya membuat ramput cepat panjang, namun juga membuat rambut lembut dan mengkilap. Coba lakukan perawatan ini dan lihatlah buktinya. Rambut akan tumbuh lebih cepat hitam berkilau. Lakukanlah proses perawatan ini secara teratur paling tidak tiga sampai empat kali dalam satu minggu.

Masker kentang dan bawang

Kentang dan bawang bisa digunakan untuk masker kepala. Cara membuat masker ini sangat mudah. Siapkan dua buah kentang, satu sendok madu, dan kenung telur. Campurkan semua bahan-bahan tersebut lalu gunakan sebagai masker tambut pada kulit kepala.

Setelah didiamkan selama setengah jam, cuci rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih. Lakukan perawatan rambut dengan bawang dan kentang secara teratur sehinga bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat dan sehat berkilau.

Biji kemiri

Sudah banyak yang tahu bahwa kemir berkhasiat membuat rambut panjang lebih cepat. Rambut kepala maupun dagu bisa tumbuh dengan cepat jika dirawat dengan menggunakan bahan biji kemiri. Rambut akan tumbuh subur bila Anda mengoleskan biji kemiri pada kulit kepala. Lakukan pengolesan di waktu malam, biarkan selama semalaman kemudian keesokan harinya rambut dicuci hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang terkenal dengan segudang manfaat. Salah satu manfaat lidah buaya yaitu untuk merawat rambut. Dengan menggunakan rambut untuk perawatan, rambut akan cepat panjang dan terhindar dari masalah kerontokan. Anda bisa melihat bahwa banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Namun, khasiat lidah buaya akan lebih maksimal jika Anda menggunakan lidah buaya yang segar.

Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut agar cepat panjang secara alami yaitu siapkan lidah buaya dan kupas kulitnya. Ambil gel kulit kepala lalu oleskan pada kulit kepala secara menyeluruh. Tunggu sampai 20 sampai 30 menit kemudian cuci rambut sampai bersih. Agar hasilnya maksimal, tambahkan beberapa tetes pada gel lidah buaya.

  1. Makanan yang Bagus untuk Rambut

Selain menggunakan bahan-bahan di atas untuk membuat rambut cepat panjang, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Aneka produk buah jeruk

Suka makan jeruk? Berbahagialah karena buah jeruk ini bisa membuat rambut cepat panjang secara alami. Jeruk kaya akan vitamin C yang bisa memproduksi kolagen. Nah, kolagen ini mempengaruhi pertumbuhan rambut. Apabila Anda kekurangan vitamin C, rambut akan mudah rontok dan tidak terlihat berkilau.

Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran hijau sangat bermanfaat untuk rambut. Ada berbagai jenis nutrisi yang ada pada sayuran hijau seperti mineral, protein, vitamin serta nutrisi lain yang bisa membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Rambut juga akan menjadi tebal dengan rajin mengkonsumsi sayuran hijau. Contoh sayuran hijau yang bisa dikonsumsi yaitu bayam, kangkung, sawi dan sebagainya.

Ikan Laut

Kita tahu bahwa ikan laut memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh. Ternyata, ikan laut mampu membuat rambut cepat panjang secara alami karena ada kandungan lemak di ikan yang bisa membuat rambut sehat. Lemak yang dimaksud yaitu omega-3.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A yang bagus untuk pertumbuhan rambut sehingga akan lebih cepat panjang. Maka dari itu, konsumsilah ubi jalar agar produksi minyak alami rambut meningkat sehingga rambut cepat panjang. Selain mengandung vitamin A, ada kandungan beta-caroten yang terdapat pada ubi jalar.

Alpukat

Selain baik bagi kesehatan tubuh, alpukat juga berkhasiat ampuh untuk kesehatan rambut. Ada kandungan lemak baik pada alpukat sehingga bisa menyehatkan rambut. Alpukat bisa dimakan secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya. Bisa juga dijadikan masker rambut apabila Anda tidak suka makan buah ini.

Tiram

Tiram memiliki kandungan zinc yang baik bagi rambut. Kekurangan zinc bisa berakibat buruk bagi rambut seperti masalah kerontokan rambut. Makanlah tiram untuk mendapatkan zinc dan protein yang bermanfaat bagi rambut. Apabila tidak suka tiram, Anda bisa mendapatkan zat tersebut dari sereal gandum  atau roti.

Daging tanpa lemak

Zat keratin pada rambut bisa dibangun oleh adanya protein. Zat ini membuat pertumbuhan rambut membaik. Anda bisa mendukung produksi keratin dengan memenuhi kebutuhan protein dari sumber daging tanpa lemak. Anda bisa memilih daging kalkun atau daging ayam.

Cokelat

Hampir semua orang suka makan cokelat. Ya, hal ini karena rasanya yang enak. Dibalik rasanya yang enak, cokelat memiliki manfaat yang berguna bagi rambut. Ada kandungan zinc yang bisa membantu pertumbuhan minyak rambut secara alami. Pertumbuhan rambut akan lebih optimal dengan adanya minyak alami rambut.

  1. Vitamin pertumbuhan rambut

Rambut memerlukan beberapa vitamin yang berguna untuk pertumbuhannya. Misalnya asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan sebagainya. Berikut ini akan dibahas satu persatu. Yuk simak.

 Asam Folat

Asam folat memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh, termasuk rambut. Pertumbuhan jaringan dan fungsi sel akan dipengaruhi oleh adanya asam folat di dalam tubuh. Rambut akan cepat panjang jika tubuh terpenuhi asam folat. Jika Anda kekurangan asam folat, pertumbuhan rambut akan terganggu, bahkan terjadi uban prematur dan rontoknya rambut.

Vitamin C

Tahukah Anda manfaat vitamin C bagi rambut? Tubuh memerlukan vitamin C karena salah satu tugasnya mampu memperlancar sirkulasi darah ke kepala. Dengan demikian, rambut rontok, rambut kering dan bercabang bisa dihindari. Rambut juga akan lebih cepat panjang jika tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang cukup.

Vitamin B12

Vitamin B12 dikenal membantu membentuk DNA dan sel darah merah dan membuat peredaran darah lancar sampai ke organ-organ vital. Ternyata, tak hanya organ-organ vital aja yang terkena imbas manfaat vitamin B12. Folikel rambut juga butuh oksigen. Bila Anda kekurangan B12, maka kerontokan rambut tak bisa dihindari. Selain itu, pertumbuhan rambut juga akan lambat jika tubuh belum tercukupi kebutuhan vitamin B12.

Vitamin A

Vitamin A tak hanya berguna untuk mata. Dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, maka tekstur rambut dan warna rambut bisa terpenuhi. Selain itu, rambut akan terlihat berkilau dan terhindar dari kekeringan dengan vitamin ini.

Niasin

Niasin merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi rambut. Sirkulasi darah akan meningkat dengan adanya zat ini. Jika sirkulasi udara lancar, pertumbuhan rambut akan cepat.

Vitamin E

Vitamin E dikenal banyak orang sebagai vitamin yang bagus untuk kulit. Namun, vitamin E juga bagus untuk rambut sebab bisa melancarkan sirkulasi darah. Konsumsilah vitamin E agar rambut cepat panjang secara alami.

Biotin

Dengan adanya biotin, elastisitas rambut akan ditingkatkan sehingga kerusakan permanen rambut bisa dihindari. Tanda kekurangan biotin yaitu kulit terasa gatal dan bersisik.

Demikianlah informasi mengenai cara agar rambut cepat panjang secara alami. Semoga bermanfaat untuk mendapatkan rambut sehat yang cepat panjang dengan menggunakan cara-cara di atas.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Cara Agar Rambut Cepat Panjang Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *