Tips Wisata Kuliner Singapura

By | July 8, 2016

wisata-kuliner-singapura

Singapura merupakan negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia. Berbagai macam tujuan warga Indonesia berkunjung ke Singapura. Beberapa tujuan ke Singapura diantaranya adalah untuk berbelanja, untuk berobat, untuk keperluan bisnis/pekerjaan atau baru-baru ini sering dijadikan tempat untuk menghindari hukuman dari pengadilan Indonesia bagi para koruptor kelas kakap meskipun akhirnya mereka dapat dikembalikan
ke Indonesia.

Berikut ini beberapa wisata kuliner yang terkenal di Singapura dan sayang untuk tidak dicicipi ketika Anda sedang traveling di Singapura :

1. Nasi Briyani

Nasi Briyani merupakan masakan khas India, merupakan hidangan berupa nasi yang dimasak dengan aneka rempah-rempah dengan aroma yang khas serta terdiri dari kari ayam yang dihidangkan dengan potongan yang besar lengkap dengan mumbu pedas serta kental yang melimpah. Ada yang berpendapat lebih mantap lagi jika kari ayam diganti dengan kari kambing. Nasi biryani ini dihidangkan dengan dialas hamparan daun pisang sebagai tatakan serta ditambahkan bumbu sambal ekstra, acar timun dan wortel dengan saus mayones serta kuah kari tambahan yang biasanya dituang di atas nasi.

2. Roti Prata

Roti prata merupakan masakan berasal dari India Selatan yang dihidangkan berupa pancake yang terbuat dari tepung seperti kulit martabak, yang dimasak di atas panggangan datar. Di India Selatan roti yang memiliki rasa yang gurih ini disebut “Paratha”. Dalam penyajiannya roti Prata diberi kuah kari yang kental pada tempat terpisah untuk tempat mencocol roti prata.

3. Chilli Crab (Kepiting Pedas)

Chilli Crab merupakan masakan yang berupa kepiting dengan saus tomat yang pedas dan kental yang terkenal di Singapura serta di Malaysia. Ketika memesan Chilli Crab Anda akan merasakan sensai kepiting bertekstur halus, berlumur saus savory yang dibuat dari cabai, bawang putih, dan saus tomat yang berpadu dengan kocokan telur. Hidangan chilli crab ini juga biasanya dipadukan dengan roti perancis atau roti mantau yang digoreng (seperti kue bantal) untuk dicocolkan pada kuah chilli crab.

4. Teh Tarik

Teh tarik merupakan minuman yang populer di Singapura dan Malaysia yang terbuat dari teh hitam yang dipadu dengan susu kental manis yang dicampur dengan cara dikosok (“ditarik”) dari dua gelas dari bahan logam sampai timbul buih.

5. Singapore Sling

Singapore Sling merupakan minuman cocktail khas Singapura yang sudah terkenal di seluruh dunia. Minuman ini pertama kali diracik oleh seorang bartender di Long Bar, Raffles Hotel, pada tahun 1915. Campuran uatma minuman ini terdiri dari : jus nanas dari Sarawak, lime, cherry brandy, gin, grenadine, benedictine, dan cointreau. Semua campuran kemudian dikocok bersama dengan es batu.

6. Es Krim Potong

Jajanan satu ini merupakan jajanan yang dapat Anda peroleh di pinggiran jalan di dekat pusat keramaian. Harga satuan di singapura dibanderol dengan harga 1 dolar Singapur dan Anda sudah bisa merasakan es krim segar yang higienis dengan berbagai rasa sesuai dengan selera. Pemotongan menggunakan sarung tangan dan es berasal dari es krim yang berupa balok dibungkus kertas kemasan. Tampilan es krim yang sudah dipotong berupa potongan es seperti balok dengan ketebalan sekitar dua setengah sentimeter serta disajikan dengan cara dijepit roti tawar seperti sandwich.
Selain dengan roti tawar pilihan lainnya bisa juga diganti dengan biskuit tipis sejenis wafer.

Demikian tips wisata kuliner bagi Anda yang baru pertamakali traveling ke Singapura. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Gambar : Image courtesy of Tuomas Lehtinen at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *