Tips Wisata ke Pantai-Pantai di Gunung Kidul Jogja

By | July 30, 2016

wisata-jogja

 

Gunung Kidul merupakan tempat yang memiliki banyak pantai indah. Tak heran jika tempat ini diminati oleh wisatawan baik lokal maupun internasional. Pantai-pantai di Gunung Kidul termasuk pantai yang masih asri. Banyak pantai di Gunung Kidul yang belum terjamah oleh wisatawan. Hal ini membuat banyak pantai di Gunung Kidul yang memiliki akses sulit seperti jalannya masih bebatuan.

Nah, berikut ini ada tips wisata ke pantai-pantai Gunung Kidul Jogja supaya wisata Anda nyaman dan mengasikkan.

Berangkat Awal

Jika ingin berwisata ke Pantai Gunung Kidul, usahakan berangkat pagi misalnya sekitar jam 3. Anda akan melihat indahnya sunset di pagi hari di daerah Gunung Kidul. Kalau Anda berangkatnya siang, indahnya sunset tidak bisa dinikmati. Namun, jika memang hanya ingin menikmati indahnya pantai, banyak juga wisatawan yang berangkat jam 6 pagi.

Selalu Hati-hati sebab Jalurnya Naik Turun dan Berkelok

Periksalah kendaraan yang akan Anda gunakan untuk menuju pantai di Gunung Kidul karena jalan yang ditempuh masih belum bagus. Biasanya jalannya juga naik turun dan berkelok. Warga Jogja menyebut jalan yang berkelok dan menanjak sebagai jalur irungh petruk. Sebaiknya selalu berhati-hati agar selamat sampai tujuan.

Pastikan Bensin Full

Anda harus memastikan bahwa bensin di kendaraan yang Anda naiki bensinnya full. Jarang ada pom bensin di daerah pantai Gunung Kidul. Pom hanya tersedia di bagian kotanya.

Bawa Uang Tunai yang Cukup

Biasanya wisatawan lebih suka bawa uang cash sedikit, lalu bawa ATM ke mana-mana agar lebih aman. Namun, jika Anda berkunjung ke Gunung Kidul, sebaiknya sediakan uang tunai yang cukup. Fasilitas ATM-nya masih sedikit sehingga sulit ditemukan. Wah, jangan sampai Anda kehabisan uang tunai saat berwisata di sana.

Beli Makanan Ringan dan Minuman

Banyak pantai di Gunung Kidul yang belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti toko makanan dan minuman. Sebaiknya bawalah beli makanan ringan dan minuman saat bepergian ke sana. Tapi ingat ya, jangan buang sampahnya di sembarang tempat.

Pilih Pantai yang Tepat untuk Bermain Air

Banyak pantai di daerah Gunung Kidul yang memiliki banyak batu karang. Jika Anda dan keluarga ingin bermain air dengan puas, sebaiknya pilihlah pantai yang tidak banyak batu karangnya. Namun, biasanya pantai dengan batu karang memiliki keindahan yang luar biasa. Walaupun  tidak bisa bermain air, Anda bisa mengambil gambar dengan view yang menarik.

Hindari Berteduh di Bawah Batu Karang

Janganlah berteduh di bawah karang karena sangat berbahaya. Batu karang bisa saja longsor seperti tragedi longsornya batu karang di Pantai Sadranan yang banyak memakan korban jiwa. Demi menjaga keselamatan, hindari berteduh di bawah batu karang ya.

Usahakan Keluar dari Pantai Jam 4 Sore

Nah, berhubung di daerah pantai Gunung Kidul masih minim penerangan, sebaiknya Anda keluar dari pantai sekitar jam 4 sore. Jalan di sana masih berbatu sehingga Anda perlu kewaspadaan. Demikian tips wisata di Jogja semoga bermanfaat..

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *