Tips Wisata Ke Gunung Bromo

By | July 31, 2016

gunung-bromo

 

Siapa yang tak tahu Gunung Bromo. Gunung yang letaknya di Provinsi Jawa Timur ini memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga banyak wisatawan domestik dan luar negeri datang mengunjungi tempat ini. Pemandangan yang indah membuat Gunung Bromo menjadi tempat wisata populer yang banyak diminati.

Gunung Bromo memiliki suhu mencapai 2º hingga 20º Celcius sehingga suhunya begitu dingin. Nah, agar perjalanan wisata Anda berjalan dengan lancar dan nyaman, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Berikut ini ada beberapa tips wisata ke Gunung Bromo yang perlu diperhatikan:

Buat perencanaan perjalanan

Gunung Bromo merupakan tempat wisata yang diminati oleh banyak orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini membuat mencari penginapan semakin susah sebab penuh oleh pengunjung wisatawan yang lainnya. Maka dari itu, rencanakan perjalanan Anda secara matang agar mendapatkan penginapan yang nyaman dan relative murah.

Pilih waktu yang tepat

Sebaiknya pilihlah waktu yang tepat saat berkunjung ke Gunung Bromo. Musim kemarau merupakan waktu tepat karena Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang ukurannya lebih besar dengan warna yang indah. Selain itu, Anda akan merasa lebih aman dan nyaman jika berwisata di musim kemarau. Bayangkan saja jika saat di Gunung Bromo turun hujan lebat. Pasti sangatlah tidak nyaman.

Bentuk grup saat mendaki

Ya, setiap wisatawan Gunung Bromo harus membentuk grup agar lebih aman. Ketua grup akan mengawasi setiap anggotanya. Keselamatan dan keamanan anggota lebih terjaga.

Mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Anda harus menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Bromo, termasuk perlengkapan pribadi dan kelompok. Jangan lupa membawa obat-obatan, pakaian ganti, peralatan masak, dan sebagainya. Bawalah jaket tebal dan celana tebal karena udara di Gunung Bromo sangat dingin. Bawa juga syal,kupluk dan sarung tangan agar lebih nyaman saat mengunjungi Gunung Bromo. Selain itu, lampu senter juga sangat diperlukan sebab jika Anda ingin berburu sunrise, Anda harus berangkat saat hari masih gelap. Perjalanan ke puncak Gunung Bromo akan semakin mudah jika Anda membawa senter sebagai penerangan.

Peralatan grup yang diperlukan akan berdasarkan jumlah anggota grup. Semakin banyak anggota maka semakin banyak perlengkapan grup yang dibutuhkan, dan sebaliknya.

Pastikan kesehatan tubuh

Memastikan kesehatan tubuh dalam keadaan sehat merupakan faktor penting. Sebelum mulai mendaki, pastikan kesehatan tubuhnya dalam keadaan fit. Jika kesehatan buruk, Anda sebaiknya mengurungkan niat untuk mendaki Gunung Bromo karena bisa mengancam keselamatan. Ada sekitar 250 anak tangga yang harus Anda lewati untuk mencapai Gunung Bromo.

Itulah informasi mengenai tips wisata ke Gunung Bromo. Bagaimana? Apakah Anda siap berwisata ke Gunung Bromo? Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *