Tips Wisata ke Bunaken Ala Backpaker

By | July 31, 2016

bunaken

 

Mendengar Pulau Bunaken sudah tak asing lagi di telinga kita. Ya, Pulau Bunaken dikenal sebagai surganya penyelam dunia. Pulau Bunaken terletak di Manado. Pulau ini memiliki potensi bawah laut yang sungguh mengagumkan. Oleh sebab itu Pulau Bunaken menjadi tempat terkenal bagi para penyelam. Penyelam akan puas menikmati indahnya baru karang serta banyak ikan yang berenang di dalamnya.

Rute ke Pulau Bunaken

Apakah Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Pulau Bunaken? Sebenarnya, berwisata ke Bunaken ala backpacker bisa dengan mudah Anda lakukan. Pulau ini tidak terlalu jauh dengan dermaga di Manado sehingga akses menuju ke sana sangat mudah. Untuk sampai ke dermaga Kuala Sengki, Anda bisa mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado. Dari sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum seperti bus. Turunlah di terminal Pal 2. Setelah turun di terminal Pal 2, naiklah angkutan umum yang menuju ke pasar 45. Setelah turun di pasar 45, segeralah menuju Dermaga Kuala Sengki. Jarak pasar dengan dermaga sudah lumayan dekat sehingga Anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki.

Sampai di dermaga, naiklah kapal yang menuju ke Pulau Bunaken. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Saat akan berangkat menuju Pulau Bunaken, Anda harus bersabar karena kapal baru akan berangkat jika sudah penuh terisi penumpang.

Berikut ini ada beberapa tips wisata ke Bunaken yang sebaiknya Anda perhatikan:

Tips memilih penginapan di Bunaken Ala Backpecker

Anda harus memilih penginapan yang nyaman namun dengan harga yang miring agar bisa menghemat pengeluran. Agar lebih irit, Anda bisa memilih tinggal di rumah penduduk. Fasilitas yang ditawarkan beragam sehingga Anda harus pintar bernegosiasi dengan penduduk di sana.

Pilihan menginap di homestay bagus juga. Biaya sewa kamar di homestay juga relatif terjangkau. Harga yang ditawarkan akan bervariasi tergantung fasilitas yang diberikan.

Snorkeling di Bunaken

Setelah sampai di Bunaken, Anda bisa langsung menikmati snorkeling. Di sana tersedia banyak alat-alat snorkeling sehingga Anda bisa menyewanya. Harga sewa snorkeling masih tergolong murah. Jika Anda ingin diving, Anda harus menyiapkan anggaran lebih  banyak karena harga sewa alat diving lebih mahal dibandingkan snorkeling.

Anda tetap bisa menikmati indahnya Pulau Bunaken walaupun anggarannya tidak terlalu besar. Jika Anda ingin liburan ke Bunaken namun tidak ingin repot, Anda bisa memilih paket wisata yang disediakan oleh agen wisata. Segala sesuatu akan dipersiapkan oleh agen wisata sehingga Anda tidak perlu susah payag menyiapkan segalanya semisal mengenai penginapan, konsumsi, paket snorkeling, dan sebagainya.

Itulah tips wisata ke Bunaken ala backpacker. Mudah-mudahan tips ini berguna bagi Anda yang akan pergi berlibur ke Pulau Bunaken, Manado.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *