Tips Wisata Hemat ke Pulau Raja Ampat

By | July 30, 2016

raja-ampat-indonesia

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Raja Ampat. Ya, tempat ini sudah  terkenal di seluruh nusantara bahkan ke mancanegara. Banyak orang bilang bahwa Raja Ampat merupakan surganya snorkeling dan diving. Harga untuk bisa menikmati snorkeling dan diving tergolong mahal. Hal ini yang membuat banyak wisatawan berpikir ulang untuk bisa menikmatinya. Selain itu, masalah biaya transportasi juga merupakan hal yang harus dipikirkan. Sebenarnya, Anda bisa pergi liburan ke Raja Ampat dengan cara berhemat. Bagaimana caranya? Yuk simak uraian berikut ini mengenai tips liburan hemat ke Raja Ampat.

Persiapan Matang

Ada dua hal yang harus dipersiapkan ketika berencana berlibur ke Raja Ampat. Yang pertama yaitu transportasi, dan yang kedua yaitu penginapan. Saat ini mencari pengipanan yang sesuai dengan keinginan dan anggaran tidaklah sulit. Ada berbagai situs online yang menawarkan berbagai penginapan lengkap dengan informasi harga dan beberapa fasilitasnya. Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Untuk transportasinya, Anda bisa memulai perjalanan naik pesawat dengan tujuan ke Sorong. Agar lebih berhemat, carilah tiket promo karena harganya jauh lebih murah dibandingkan harga tiket normal.

Jika Anda tak ingin naik pesawat, Anda bisa memilih naik kapal pelni dengan tujuan Sorong. Waktu yang ditempuh jika naik kapal akan lebih lama dibandingkan naik pesawat sekitar 4 hari 5 malam. Wah, lama juga ya.

Selanjutnya, setelah tiba di Sorong Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan. Anda bisa memilih naik taksi. Lalu, sampai di pelabuhan pilihlah kapal yang menuju Waisai. Anda bisa memilih kapal yang cepat dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 3 jam. Lalu, ada pilihan dengan harga lebih murah yaitu kapal dengan kecepatan lebih murah sekitar 5 sampai 6 jam.

Tiba di Waisai

Setelah sampai di Waisai, jangan langsung menuju tempat penginapan. Anda harus pergi dulu ke kantor Departemen Budaya dan Pariwisata untuk membayar biaya konservasi. Setelah beres, barulah Anda bisa melanjutkan perjalanan ke penginapan.

Mengeksplorasi Raja Ampat

Agar bisa puas menikmati indahnya tempat wisata di Raja Ampat, bangunlah pagi-pagi sekita jam 4. Setelah itu, pergilah untuk menyewa perahu beserta pengemudinya di pasar Waisai. Anda bisa menuju ke Pulau Wayag dengan naik perahu tersebut.

Pemandangan indah seperti hamparan gunung-gunung bisa Anda nikmati. Selain itu, Anda juga bisa mencoba pengalaman yang seru dengan bersnorkeling. Sebenarnya, Anda juga bisa melakukan diving. Namun, paket diving jauh lebih mahal dibandingkan snorkeling. Jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas, main air dengan berenang dan snorkeling sudah cukup mengasikan.

Nah, itulah informasi mengenai tips liburan hemat ke Raja Ampat. Bagi Anda yang ingin berlibur ke sana, jangan takut dengan dana traveling yang membengkak. Persiapan matang dan niat berhemat bisa menekan biaya yang dikeluarkan untuk berwisata.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *