Tips untuk Menjadi Pelajar yang Sukses

By | July 13, 2016

Tips-belajar

Pasti semua orang pun tahu bahwa di zaman sekarang sangat banyak pelajar yang berprilaku tidak baik dan menjadi contoh negative untuk anak-anak yang baru mau memulai menjadi seorang pelajar. Itulah salah satu faktor terjadinya penurunan tingkat pendidikan di Indonesia. Hampir setiap hari mungkin kita mendapat berita baik dari media televise, radio, atau pun Koran harian tentang tingkah laku pelajar zaman sekarang.

Ada 2 faktor yang menyebabkan prilaku tidak baik pada pelajar yaitu, faktor dari dalam dan faktor dari luar. Apa saja faktor dari dalam? Dan Apa saja faktor dari luar?

Faktor dari dalam yaitu Keluarga, ya… pasti keluarga sangat berpengaruh. Orang tualah yang sangat berperan dalam keluarga. Jika orang tua mempunyai hubungan yang tidak baik dengan anak-anaknya pasti itu membuat anak-anak merasa tidak betah tinggal rumah dan jadi memhabiskan waktu di luar rumah. Bukan hanya hubungan orang tua dan anak tetapi lebih dahulu yang harus di bina adalah hubungan seorang Suami (Ayah) dan seorang Istri (Ibu).

Faktor dari luar yaitu Pergaulan, seorang anak yang tidak nyaman dengan keadaan di rumah pasti akan menghabiskan waktu di luar rumah. Menghabiskan waktu dengan teman – teman, ya… disinilah seorang anak harus pintar dalam memilih teman. Banyak teman yang baik di hadapan kita tetapi mempunyai niat jahat. Tetapi bukan berarti tidak ada teman yang baik. Oleh karena itu, seorang pelajar harus pintar dalam memilih teman untuk bergaul.

Memilih teman untuk bergaul juga salah satu cara untuk menjadi pelajar yang sukses. Nah, di sini penulis akan memberi beberapa tips untuk menjadi pelajar yang suskes sesuai dengan pengalaman penulis yang sudah cukup berhasil dengan tips ini.

Bangkit dari Kegagalan.

Kegagalan sering kali membuat kita putus asa dan akhirnya menyerah. Tetapi tidak boleh seperti itu, ya boleh saja awalnya kita putus asa da nada rasa ingin meyerah. Di satu sisi kita harus berpikir positif, Kegagalan itu memberikan kita pelajaran dan mengingatkan kita bahwa kita harus  lebih bersemangat dan berusaha keras untuk menggapai Keberhasilan. Karena Keberhasilan dan Kegagalan itu satu pasang. Tidak akan ada Keberhasilan sebelum kita mengalami Kegagalan dan Orang yang kini sudah menggapai Keberhasilan pasti sebelumnya dia mengalami Kegagalan.

Yaps… contohnya adalah penulis artikel ini. Saat lulus dari bangku Sekolah Menengah Pertama, penulis mengalami Kegagalan atas prestasi yang penulis dapatkan. Awalnya memang penulis terpuruk tetapi penulis mengambil sisi positif dari kegagala yang penulis alami. Penulis berjuang keras di Sekolah Menengah Atas, bagaimana cara perjuangan penulis? Anda bisa baca di tips nomor selanjutnya…

Raih Prestasi 

Seorang Pelajar harus sadar dan selalu ingat bahwa tujuan Dia datang ke sekolah itu adalah untuk Menuntut Ilmu yang akan sangat berguna untuk dirinya membangun Masa Depan. Bukan untuk sekedar Mendapatkan uang jajan, Bertemu teman-teman, atau pun mencari pacar. Jika seoarang pelajar sadar dan ingat akan tujuannya pergi sekolah pasti dia akan belajar dengan baik dan dapat meraih prestasi. Kalau anda sudah dapat meraih prestasi, tidak perlu anda mecari teman pasti teman yang akan dating kepada anda. Karena anda memiliki kelebihan yang teman anda juga inginkan. Tetapi bukan berarti anak menjadi pelajar yang sombong.

Ya… ini juga contoh dari penulis artikel ini. Dulu saat penulis duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, penulis tidak sadar akan tujuannya dating kesekolah, Bahkan penulis lebih mengutamakan mencari teman dari pada mencari ilmu. Alhasil, itu semua menjadi sumber Kegagalan yang penulis alami.

Penulis memperbaiki itu semua saat duduk dibangku Sekolah Menengah Atas. Tidak di tunda tunda, benar benar dari awal masuk sekolah yaitu kelas 1 SMA. Penulis terpilih menjadi Anggota OSIS karena penulis aktif di sekolah, bukan hanya itu. Penulis juga meraih peringkat pertama di kelasnya.

Sangat berbeda dengan masa waktu penulis duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Disini penulis mempunyai teman-teman yang tulus dan menjadikan penulis panutan untuk mereka belajar lebih giat. Penulis pun selalu rendah diri untuk mau mengajarkan dan berbagi ilmu untuk teman-temannya.

Manfaatkan Ilmu yang Anda Miliki.

Tips yang ini sangat berguna terutama untuk para pelajar yang mungkin keadaan ekonomi orang tuanya kurang baik. Dengan ilmu yang kamu miliki dan prestasi yang sudah anda raih, tidak cukup sampai di situ saja. Yaps… anda tidak boleh cepat puas. Bukan hanya pintar dalam menggapai prestasi tapi anda juga harus pintar dalam mempergunakan prestasi yang anda raih.

Anda dapat meraih beasiswa karena prestasi yang anda sudah capai. Dan itulah yang dapat mengurangi beban orang tua anda dalam biaya sekolah. Bukan hanya mengurangi beban orang tua tetapi anda juga membanggakan orang tua.

Penulis ada salah satu masyarakat di Indonesia yang mempunyai orang tua dengan keadaan ekonomi yang kurang baik. Tetapi tidak menjadi alasan untuk penulis tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Disini penulis mempergunakan ilmu yang dia miliki untuk meraih beasiswa di Universitas Swasta ternama di Indonesia. Yaps… dengan perjuangan yang begitu besar penulis akhirnya dapat meraih beasiswa yang dia impi-impikan.

Note:    Dalam artikel ini penulis tidak bermaksud menyombongkan diri tetapi hanya ingin memotivasin para pelajar di Indonesia dalam menghadapi kegagalan dan dapat meraih keberhasilan berdasarkan pengalaman dalam kehidupan penulis.

Semoga artikel ini berguna untuk pembaca..

Penulis : Seorang Mahasiswi

Gambar : Image courtesy of Photostock at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *