Tips Tepat Sebelum Membeli Smartphone

By | July 31, 2016

smartphone

 

Fungsi smartphone sangat membantu orang dalam berkomunikasi dengan yang lain. Dengan fitur yang lengkap, orang bisa menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Jika dengan hp kuno orang hanya bisa sms dan telpon, lain dengan smartphone. Orang bisa memilih menggunakan WhatsApp, BBM, Line, atau yang lainnya dengan menggunakan internet. Tentunya mengobrol dengan teman akan lebih seru. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk browsing berbagai informasi di internet. Tentu asyik, bukan?

Ketika ingin membeli smartphone yang baru, jangan asal pilih ya. Anda harus memilih smartphone yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Untuk membantu Anda memilih smartphone yang tepat, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa saja? Yuk langsung simak!

Pilihlah sistem operasi yang tepat

Ada berbagai pilihan operasi sebagai pilihan seperti Blackberry, iOS, Android dan sebagainya. Setiap sistem operasi memiliki  kekurangan dan kelebihan. Pada Blackberry, privacy dan keamanan sangat terjamin. Kemudian, iOS juga memiliki kualitas yang bagus karena memiliki kontrol privacy yang bagus. Model dan desainnya juga elegan sehingga membuat si pemakai bisa tampil gaya. Namun, perangkat IOS terbatas.

Kemudian, android memiliki berbagai macam aplikasi gratis seta pengiriman data lebih mudah. Android digunakan pada berbagai merk android dengan range harga yang bervariasi. Kekurangan Android yaitu pengaturan keamanan kurang ketat.

Sesuai dengan kapasitas penyimpanan

Pemilihan smartphone juga perlu mempertimbangkan kapasitas penyimpanan. Jika Anda memerlukan smartphone untuk menyimpan data yang banyak, sebaiknya pilih smartphone yang memiliki memori internal lebih dari 8GB serta dilengkapi dengan slot microSD sehingga Anda bisa menambahkan memori tambahan. Jika ingin memiliki smartphone dengan kecepatan yang bagus, pilihlah yang memiliki 2 RAM.

Display

Display atau tampilan layar juga perlu dipertimbangkan. Layar akan terlihat semakin cerah dan tajam jika smartphone dilengkapi dengan jumlah pixel yang besar. Apabila Anda menggunakan smartphone untuk keperluan bermain game, pilihlah smartphone dengan resolusi layar yang besar sehingga nyaman di mata.

Kamera

Kamera juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Kualitas gambar dan video yang diambil akan tergantung pada kualitas kamera yang dimilikinya. Jika Anda senang berfoto selfie, pilihlah smartphone yang dilengkapi dengan kamera depan.

Daya tahan baterai

Biar smartphone Anda awet seharian, pilih smartphone yang memiliki baterai berkualitas bagus. Semakin besar kapasitas baterai, semakin lama daya hidup smartphone. Namun, faktor pemakaian juga akan berpengaruh terhadap lamanya daya hidup ponsel. Semakin sering digunakan, daya hidupnya semakin menurun.

Itulah beberapa tips tepat sebelm membeli smartphone. Keputusan memilih smartphone akan sangat bergantung pada budget yang Anda miliki. Semakin bagus fiturnya, semakin mahal harganya. Anda harus pintar-pintar memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *