Tips Sukses Membuat Cake

By | July 17, 2016

tips-membuat-kue

Bagi Anda yang ingin belajar membuat cake dirumah, tentu akan bertanya – tanya, bagaimana sih tips agar cake bisa mengembang sempurna, tidak bantat, dan rasanya enak seperti yang dijual di toko roti terkenal? Sering kali ketika kita belajar membuat cake, hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita. Permasalahan yang sering terjadi adalah cake bantat, tidak mau mengembang, padahal kita sudah mencoba sesuai dengan yang ditulis di resep. Akhirnya kita jadi malas mencoba lagi karena takut gagal lagi.

Tapi Anda tidak perlu kuatir, karena pertamakali.com akan berbagi tips sukses membuat cake yang diambil dari berbagai sumber dan hasil dari pengalaman saya sendiri.

Sering Berlatih

Sebetulnya trial and error sangat diperlukan untuk bisa membuat cake dengan hasil yang maksimal. Terus berlatih, jangan hanya membaca resep dari satu sumber saja, tapi carilah sumber resep lain sebagai bahan pembanding. Manfaatkan internet untuk mencari sumber referensi resep, tapi pilihlah resep yang sudah diuji coba (bukan asal tulis).

Memakai bahan yang segar

Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan  tidak kadaluarsa. Pakailah telur yang segar dengan suhu ruang (tidak dari lemari es), tepung dan bahan lain yang masih jauh dari tanggal kadaluarsa. Pemilihan bahan yang segar khususnya telur, sangat berpengaruh agar cake dapat mengembang sempurna.

Wadah dan alat harus bersih dan kering

Wadah dan peralatan yang akan dipakai harus dalam keadaan bersih dan kering, bebas dari air, minyak ataupun residu lain. Sedikit saja minyak atau air tercampur dalam telur, adonan akan gagal naik atau mengembang dan hasilnya cake akan bantat.

Takaran yang tepat

Gunakan takaran yang tepat yang sesuai dengan permintaan resep. Jangan mengubah ukuran berat pada resep, apalagi Anda baru pertama kali mencobanya. Timbang semua bahan sesuai beratnya, dan pastikan Anda sudah benar dalam pengukurannya. Setelah Anda mencoba resepnya dan misalnya terlalu manis untuk Anda, Anda dapat sedikit mengurangi takaran gula, tapi ingat jangan mengubah semua takaran karena ini akan berpengaruh pada hasil akhirnya.

Ikuti langkah sesuai resep

Selain memakai takaran yang tepat, penting buat kita untuk mengikuti langkah – langkah sesuai yang tertulis pada resep. Bila dikatakan, kocoklah telur dan gula sampai kental atau putih berjejak, lakukan seperti itu. Bila belum sampai putih berjejak, jangan matikan mixer. Putih berjejak artinya kocokan telur dan gula akan meninggalkan jejak di adonan yang lama hilang. Atau jika kocokan diangkat, adonan akan jatuh dan membentuk pita.

Ayak Tepung

Agar tepung bisa tercampur rata di adonan, ayak tepung diatas kocokan telur. Campur perlahan – lahan dengan spatula, dengan arah adukan searah atau aduk balik. Jangan terlalu kuat mencampur adonan karena adonan akan turun.

Mentega atau margarine

Mencairkan mentega atau margarine tidak boleh sampai mendidih karena akan menghilangkan kandungan airnya. Cukup dihangatkan asal cair saja dan biarkan sisanya mencair dengan sendirinya. Kemudian campurkan mentega cair ini ke adonan dalam keadaan hangat, dan harus tercampur rata. Usahakan spatula mencapai bawah cake ketika mengaduk. Mentega yang tidak tercampur rata akan membentuk lapisan dibawah cake yang menyebabkan kue jadi bantat.

Oven

Panaskan oven 10-15 menit sebelum adonan masuk. Oven yang dingin atau kurang panas ketika adonan masuk akan menyebabkan kue turun sebelum sempat mengembang, jadinya cake akan bantat dan tidak bisa mengembang lagi. Jangan membuka oven paling tidak sampai ¾ waktu memanggang selesai. Setelah batas waktu pemanggangan selesai, lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi. Jika setelah ditusuk tidak ada kue yang mengumpal pada tusuk gigi berarti cake sudah matang. Juga tekan sedikit permukaan kue, jika kering dan membal berarti sudah matang.

Itulah tips sukses membuat cake yang bisa Anda ikuti. Tips diatas adalah tips dasar pembuatan cake, dan tentunya masih banyak tips – tips lain yang bisa Anda pelajari agar semakin mahir dalam membuat cake.

Selamat mencoba..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *