Tips Sukses Hari Pertama Kerja

By | July 14, 2016

karir-pekerjaan

Diterima disuatu pekerjaan merupakan pengalaman yang menggembirakan dan tidak bisa dilupakan bagi Anda yang baru lulus dari bangku kuliah. Anda mungkin langsung menceritakan berita gembira itu ke kerabat Anda dan teman – teman dekat Anda. Setelah itu Anda mungkin akan tersenyum sendiri dan menari – nari ditempat seperti saya dulu.. Uppss..

Namun begitu hari pertama itu tiba, Anda pasti merasa gugup dan bingung apa yang harus dilakukan. Tapi tenang saja, pertamakali.com akan memberikan tips sukses hari pertama kerja yang bisa Anda praktekkan.

Datang tepat waktu

Pasti akan sangat memalukan bila Anda datang terlambat dihari pertama kerja. Oleh karena itu aturlah waktu agar Anda bisa datang tepat waktu, atau  malah datang lebih awal.

Pakailah Busana yang tepat

Kesan pertama yang dilihat oleh atasan dan rekan kerja Anda adalah penampilan. Anda harus memilih busana yang formal, rapi dan bersih namun tidak berlebihan agar kesan pertama menjadi baik.

Menemui Atasan Anda

Tips sukses hari pertama kerja yang ketiga adalah menemui atasan Anda. Anda perlu menunjukkan rasa terima kasih dan hormat kepada atasan yang berperan dalam penerimaaan Anda di perusahaan tersebut. Selain itu Anda bisa mengenal lebih dekat atasan Anda dan bertanya tentang tugas – tugas yang harus Anda kerjakan, peraturan perusahaan dan pengalaman – pengalaman dari senior Anda yang bisa dijadikan pelajaran.

Berkenalan dengan teman sekerja

Setelah menemui atasan Anda, segeralah berkenalan dengan teman sekerja Anda. Hapalkan nama – nama dan posisi pekerjaannya. Hormatilah teman sekerja yang lebih tua walaupun level pekerjaannya sama. Saling menukar nomor handphone juga diperlukan untuk meningkatkan keakraban.

Menemui Staff Personalia

Untuk melengkapi kelengkapan administrasi sebagai karyawan baru, Anda perlu menemui staff personalia. Kelengkapan administrasi sebagai karyawan baru misalnya kartu identitas, data pembayaran gaji, ijasah atau surat keterangan kelakuan baik, ataupun dokumen lain sebagai pelengkap administrasi.

Menata ruangan Anda

Bila Anda sudah diberikan ruangan pada hari pertama kerja, mulailah menata ruangan tersebut. Tidak usah terlalu detail dalam menatanya, cukup bagian – bagian penting saja misalnya letak meja, kursi, komputer, dll. Usahakan atur senyaman mungkin untuk Anda bekerja.

Jangan malu bertanya

Jangan malu dan ragu untuk menanyakan hal – hal yang berkaitan dengan tugas dan  tanggung jawab Anda. Mintalah saran kepada Atasan Anda tentang hasil pekerjaan Anda apakah sudah sesuai dengan harapan perusahaan.

Melibatkan Diri

Cobalah melibatkan diri dalam kegiatan kantor dengan cara yang wajar dan tidak berlebihan. Walau hari – hari pertama di tempat kerja membuat Anda merasa tidak enak dan tidak tau harus berbuat apa, tetaplah ramah dan jangan menyendiri.

Jangan pulang tepat waktu

Walaupun hari – hari pertama belum banyak tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan, hindari pulang tepat waktu. Hindari mematikan komputer tepat pada jam pulang, tapi sedikit berlama – lama 10-15 menit untuk menunjukkan komitmen yang baik pada pekerjaan Anda.

Demikian tips sukses pertama kerja dari pertamakali.com semoga dapat membantu Anda di hari pertama kerja.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *