Tips Sukses Berbicara Di Depan Umum

By | July 16, 2016

public-speaking

Pernahkah Anda merasa gugup dan malu saat harus berbicara di depan umum, misalnya saat mempresentasikan hasil kerja Anda di depan rapat? Kalaupun akhirnya dipaksakan, Anda akan merasa gugup, tangan gemetaran dan keluar keringat dingin sehingga pasti merasa sangat tidak nyaman.

Berbicara di depan umum misalnya dalam suatu rapat merupakan keharusan bagi karyawan untuk menunjukkan hasil kerjanya. Hal ini akan membawa dampak positif pada karyawan seperti dikenal oleh rekan kerja dan divisi lain dan bahkan dapat mencuri perhatian atasan Anda. Akan tetapi, tidak semua karyawan memahami keuntungan tersebut karena merasa malu dan gugup untuk berbicara di depan umum. Akhirnya mereka memilih diam dan menjadi pendengar saja.

Jika Anda termasuk orang yang malu dan takut berbicara di depan umum dan mempunyai keinginan untuk memperbaikinya, pertamakali.com akan memberikan tips sukses berbicara di depan umum yang bisa Anda terapkan.

Sering Latihan Berbicara

Agar Anda bisa lebih percaya diri untuk berbicara didepan umum, Anda perlu berlatih berbicara dan melafalkan materi yang akan disampaikan. Jika Anda malu untuk berlatih dengan orang lain, cukup dengan mencoba berbicara di depan cermin. Lihatlah kearah cermin ketika berbicara, berlatihlah memberi ekspresi yang baik dan sikap tubuh yang santai. Bayangkan Anda sedang berada di ruang rapat, dengan banyak orang yang memandang kearah Anda. Berlatihlah terus sampai Anda lancar menyampaikan materi yang akan Anda sampaikan saat presentasi.

Bayangkan Kesuksesan Anda

Kadang timbul pemikiran bahwa presentasi yang akan Anda sampaikan akan gagal dan mengalami penolakan dari atasan Anda. Tapi apapun yang akan terjadi nanti, Anda harus fokus pada materi dan bayangkan kesuksesan Anda. Tanamkan pemikiran yang positif bahwa presentasi Anda akan sukses, sehingga akan timbul percaya diri dalam diri Anda. Tidak usah hiraukan pendapat orang lain apalagi pendapat yang akan menjatuhkan semangat Anda.

Kuasai Materi Anda

Sebaiknya Anda benar – benar menguasai materi yang akan Anda sampaikan. Analisalah pertanyaan – pertanyaan yang bisa muncul seputar materi yang Anda buat, buatlah daftar bila perlu. Cek kembali alat bantu yang digunakan (bila ada), seperti alat peraga, audio atau alat bantu visual. Semakin Anda terorganisasi, semakin akan membuat Anda akan lebih percaya diri dalam mempresentasikan hasil kerja Anda.

Berbicara Dengan Gaya Anda Sendiri

Be yourself.. Pasti Anda sering mendengar kata ini bukan? Menjadi diri sendiri memang sebaiknya Anda lakukan. Tidak usah meniru gaya bicara orang lain, karena hal ini akan menjadikan bicara Anda kaku dan terasa dibuat – buat. Berbicaralah secara santai, sopan dan menarik ala Anda, sehingga suasana menjadi kondusif dan impresif.

Lakukan Kontak Mata

Pada saat Anda melakukan presentasi atau berbicara di depan umum, lakukan kontak mata dengan dengan orang – orang yang Anda ajak berbicara. Jangan melihat ke bawah atau ke langit – langit karena itu menandakan Anda kurang percaya diri.

Berdoa

Untuk membantu menenangkan perasaan Anda, berdoalah sebelum memulai presentasi.

Kesimpulannya, sukses berbicara di depan umum membutuhkan persiapan yang matang, teknik berbicara yang baik dan latihan yang kontinyu. Dengan menerapkan tips sukses berbicara di depan umum diatas, diharapkan Anda semakin percaya diri sehingga kesuksesan Anda sebagai karyawan akan terus meningkat.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Sira at FreeDigitalPhotos.net

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *