Tips Sarapan Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

By | July 23, 2016

sakit-maag

Biasanya wanita hamil akan merasakan mual di pagi hari. Rasa pusing dan mual biasa terjadi pada masa kehamilan di tri semester pertama kehamilan. Hal ini lumrah terjadi karena adanya perubahan hormone pada tubuh wanita hamil. Walaupun wanita hamil merasakan mual itu hal yang wajar, jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan tekanan fisik dan psikis. Untuk mengatasi mual yang dirasakan saat hamil, Anda bisa memperhartikan tips sarapan untuk mengatasi mual saat hamil. Sarapan sangat penting dilakukan karena bisa menjaga stamina tubuh menjadi tetap fit. Jika kondisi badan fit, Anda bisa menjalani masa kehamilan dengan nyaman, tenang dan bahagia.

Nah, berikut ini tips sarapan untuk mengatasi mual saat hamil. Apa sajakah? Yuk simak!

Minumlah teh hangat

Di waktu pagi hari, ada baiknya anda membiasakan meminum segelas teh. Anda bisa memilih jenis teh beraroma mint atau buah-buahan. Teh hangat akan membuat Anda merasakan rileks. Coba buktikan ya.

Jangan minum kopi dan creamer

Sebaiknya hindari minum kopi dan creamer di pagi hari. Minuman kopi dan creamer ini bisa meningkatkan kerja asam di lambung sehingga Anda akan merasa mual. Gantilah dengan minum teh di pagi hari karena lebih bermanfaat seperti yang telah disebutkan di atas.

Jangan makan makanan yang menimbulkan rasa mual

Anda harus tahu jenis makanan apa saja yang bisa menimbulkan rasa mual. Misalnya yaitu makanan yang rasanya terlalu manis dan terlalu asam. Pilihlah jenis makanan yang tidak meningkatkan kerja asam lambung sehingga rasa mual bisa dihindari.

Jangan makan makanan basah

Sewaktu hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi jenis makanan basah seperti kue-kue basah. Memang, makanan basah lebih menggoda khususnya bagi wanita hamil. Namun, makanan basah ini justru akan membuat selera makan Anda menurun. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan karena Anda perlu memperhatikan makanan yang memiliki nutrisi lengkap. Jika Anda ingin ngemil, pilihlah makanan kering seperti crakers atau biscuit. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan makan makanan yang sehat.

Jangan makan makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti santan akan menimbulkan efek mual. Jadi, hindari makanan yang mengandung santan dan lemak ya.

Makanlah dengan porsi sedikit demi sedikit

Untuk mengatasi rasa mual di waktu hamil, Anda bisa mengubah kebiasaan makan porsi besar dengan makan sedikit demi sedikit dengan jarak waktu pendek-pendek. Hal ini terbukti bisa mengurangi rasa mual. Selain itu, cara ini bisa membuat proses pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih mudah.

Minum susu tidak wajib

Beberapa wanita hamil akan mual bila minum susu. Jika Anda termasuk satu diantaranya, Anda bisa menghindari minum susu. Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti segelas susu dengan semangkuk pudding atau makanan lain yang memiliki kandungan hampir sama seperti susu.

Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat ya sehingga rasa mual saat kehamilan dapat diatasi.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *