Tips Praktis Mengasuh Anak Kembar

By | July 17, 2016

bayi-kembar

Ibarat mendapatkan durian runtuh ketika memiliki anak kembar. Alangkah bahagianya memiliki anak kembar, namun pastinya mengurus bayi kembar capeknya dua kali lipat dibandingkan mengurus satu bayi.

Bagi Anda yang memiliki bayi kembar, simak beberapa tips praktis mengasuh anak kembar berikut ini:

Harus konsisten dengan jadwal

Mengurus satu bayi saja sudah repot, apalagi mengurus dua bayi sekaligus. Anda harus pintar membagi waktu dengan baik. Misalnya saja dengan membuat jadwal rutin seperti menyusui, memandikan, bermain dan tidur. Setelah jadwal dibuat, Anda harus mematuhinya agar si kecil juga terbiasa dengan jadwal rutin yang biasa dilakukan setiap harinya. Anda tak perlu kerepotan menidurkan si kembar karena mereka tidur di waktu yang sama.

Membentuk tim yang kompak bersama suami

Libatkan suami dalam mengasuh anak kembar. Anda dan suami harus menjadi tim yang kompak. Mintalah untuk suami ikut berperan dalam mengasuh bayi-bayi anda agar Anda terbantu.

Menyusui di waktu yang sama

Menyusui si kembar di waktu yang sama memang akan sulit diterapkan karena dua bayi Anda memiliki dua kepribadian yang berbeda. Namun ,Anda harus terus mencobanya karena cara ini sangat efisien. Anda bisa menghemat waktu. Untuk menyusui mereka di waktu yang sama, aturlah berbagai macam posisi yang berbeda sehingga si kembar merasa nyaman. Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangga kepada dan bayi.

Sediakan perlengkapan cadangan

Anda perlu menyediakan perlengkapan cadangan yang ditempatkan di beberapa tempat. Misalnya Anda meletakkan beberapa peralatan mandi di mobil, kereta bayi dan di rumah neneknya.  Cara ini sangat bagus karena bisa menghemat waktu persiapan saat ingin bepergian bersama si kembar.

Nikmati saat-saat indah bersama si kembar

Memiliki anak kembar merupakan suatu anugerah terbesar karena tidak semua orang bisa mengalaminya. Ketika Anda mengasuh si kembar, mungkin Anda akan melihat salah satu bayi marah saat Anda memarahi kembarannya. Hal ini karena mereka memiliki ikatan yang kuat. Abadikan setiap moment indah bersama si kembar dengan menggunakan ponsel Anda.

Membeli diaper dalam jumlah yang banyak

Untuk lebih berhemat waktu bepergian, sebaiknya beli diaper dalam jumlah yang banyak. Keperluan diaper si kembar akan dua kali lebih banyak dibandingkan jika Anda memiliki satu bayi.

Manfaatkan online shop

Keuntungan belanja secara online yaitu lebih praktis karena Anda tak perlu repot pergi ke tokonya. Barang yang dibeli akan diantar sampai depan pintu. Bagi Anda yang punya bayi kembar tentu sangat menguntungkan karena pergi belanja dengan mengajak si kembar akan sangat merepotkan.

Meminta bantuan kepada orang lain

Jangan segan meminta bantuan kepada orang lain untuk mengasuh anak kembar jika Anda tak sanggup mengasuhnya seorang diri. Apabila suami sibuk bekerja, Anda bisa meminta bantuan kerabat, mertua atau ibu. Bila memungkinkan, Anda bisa memperkerjakan seorang baby sitter.

Gunakan barang second

Ide menggunakan barang second bagus juga sebab Anda akan lebih berhemat dalam pengeluaran untuk si kembar. Manfaatkan pemberian peralatan bayi dari kerabat. Jangan pernah malu untuk menggunakannya.

Jangan membandingkan si kembar

Membandingkan si kecil dengan kembarannya bukanlah cara yang tepat untuk mengasuh anak kembar. Hindari membandingkan mereka karena setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda. Gunakan strategi pengasuhan berdasarkan pribadi masing-masing.

Demikian tips praktis mengasuh anak kembar. Semoga bermanfaat ya.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of koratmember at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *